TY - THES N2 - Guru merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada guru adalah beban kerja (workload). Beban kerja yang melebihi kemampuan akan menimbulkan stres kerja. Hal ini menjadi permasalahan penting untuk diatasi agar guru dapat bekerja dengan baik dan memberikan pendidikan kepada peserta didik menjadi lebih optimal. Secara literatur, mental workload yang tinggi akan berpengaruh pada tingginya stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mental workload terhadap stres kerja pada guru SMA di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Partisipan pada penelitian ini adalah 160 guru SMA di Kota Pangkalpinang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah The New Job Stress Scale dan NASATLX. Reliabilitas instrumen yang diuji berdasarkan koefisien Cronbach?s Alpha, skala NASA-TLX menunjukkan nilai ? = 0,841 dan skala The New Job Stress Scale menunjukkan nilai ? = 0,857. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada mental workload terhadap stres kerja guru SMA di Kota Pangkalpinang dengan nilai koefisien regresi = 0,741 dan sumbangan efektif sebesar 53,4%. Hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat mental workload maka semakin tinggi tingkat stres kerja, dan begitu juga sebaliknya. Guru SMA di Kota Pangkalpinang rata-rata memiliki tingkat mental workload dan stres kerja yang tinggi. Kata kunci: mental workload, stres kerja, guru Y1 - 2023/12/05/ PB - Universitas negeri Yogyakarta A1 - Gunawa, Nabila Wahana M1 - skripsi ID - UNY79722 AV - restricted TI - PENGARUH MENTAL WORKLOAD TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SMA DI KOTA PANGKALPINANG UR - http://eprints.uny.ac.id/79722/ ER -