eprintid: 79687 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/87 datestamp: 2023-11-30 02:54:40 lastmod: 2023-11-30 02:54:40 status_changed: 2023-11-30 02:54:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Ari creators_name: Pardjono, Pardjono title: Pengaruh Pengetahuan Dunia Kerja, Praktik Kerja Lapangan, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: efikasi diri, kesiapan kerja, pengetahuan dunia kerja, praktik kerja lapangan abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pengetahuan dunia kerja, praktik kerja lapangan, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel sejumlah 207 siswa ditentukan dengan teknik proportionate cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pengetahuan dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK, dengan nilai signifikansi (p) 0,021 dan T statistik 2,315. (2) Praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 5,175. (3) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 5,746. (4) Pengetahuan dunia bekerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T tabel 3,710. (5) Pratik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 5,435. (6) Pengetahuan dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja yang dimediasi efikasi diri, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 3,264. (7) Praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja yang dimediasi efikasi diri, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 3,874. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dunia kerja, praktik kerja lapangan dan efikasi diri berpengaruh pada kesiapan kerja sebesar 58,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pengetahuan dunia kerja dan praktik kerja lapangan berpengaruh pada efikasi diri sebesar 32,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2023-08-07 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Abyan, A. Al. (2023). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akhir di D. I. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Aldilanur Balqis Prisrilia, & Lisa Widawati. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Baru di Kota Bandung pada Masa Pandemi Covid- 19. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.81 Amirulloh, A. N. (2023). Pengaruh Informasi Dunia Kerja dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Nanggulan. Universitas Negeri Yogyakarta. Andrianus, I. J. (2020). Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Di SMK X. 8(4), 572–578. https://doi.org/10.30872/psikoborneo Anggayani, R. P. (2019). Perencanaan Karier Menurut Teori Donald E. Super ditinjau dari Perspektif Al Qur’an. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). PT. Rineka Cipta. Astuti, W. W. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Informasi Dunia Kerja, Pemahaman Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Purworejo Tahun 2022/2023. Universitas Negeri Yogyakarta. Avianto, N. (2021). Manajemen Kemitraan dalam Praktik Kerja Industri Program Keahlian Teknik Pengelasan di SMK N 1 Pundong dan SMK N 1 Sedayu. Universitas Negeri Yogyakarta. Aziiz, M. T. (2022). Analisis Kesiapan Kerja Kelas XII Program Kehalian Teknik Pemesinan Melalui Praktik kerja lapangan di SMK N 3 Yogyakarta. UNY. Bardach, L., Popper, V., Hochfellner, E., & Lüftenegger, M. (2019). Associations between vocational students’ perceptions of goal structures, mastery goals, and self-efficacy in five subjects—practical relevance as a potential mediator. Empirical Research in Vocational Education and Training, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40461-019-0084-0 Borotian, J. Y. (2021). Evaluasi Praktik Kerja Lapangan Siswa Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan Tahun Ajaran 2019/202 di SMK Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. 116 Buchs, H., & Helbling, L. A. (2016). Job opportunities and school-to-work transitions in occupational labour markets. Are occupational change and unskilled employment after vocational education interrelated? Empirical Research in Vocational Education and Training, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40461-016-0044-x Cundawan, A., Marchyta, N. K., & Santoso, T. (2021). Mediating effect of creative self-efficacy on the influence of knowledge sharing towards innovative work behavior among millennial knowledge workers. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(2), 149–164. https://doi.org/10.25105/jmpj.v14i2.8873 Dash, G., & Paul, J. (2021). CB-SEM vs PLS-SEM methods for research in social sciences and technology forecasting. Technological Forecasting and Social Change, 173. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121092 Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi-3). Balai Pustaka. Dewi, S. S. (2018). Pengaruh Program Praktik Kerja Indsutri dan Unit Produksi Sekolah Terhadap Pengembangan Kompetensi dan Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kota Makassar. Universitas Negeri Yogyakarta. Dewi, T. P. (2022). Pengaruh Pengalaman Prkatik Kerja Lapangan (PKL) dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Negeri Yogyakarta. Dewi, Y. C. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Peran Bimbingan Karir dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika di SMK SMTI Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Durdyev, S., Ihtiyar, A., Banaitis, A., & Thurnell, D. (2018). The construction client satisfaction model: a PLS-SEM approach. Journal of Civil Engineering and Management, 24(1), 31–42. https://doi.org/10.3846/jcem.2018.297 Eagle, K., Jasfar, F., & Warsindah, L. (2022). The Effect of Self-Efficacy on Student’s Work Readiness in the Tourism Study Program in Java-Bali. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 4(4), 101–110. https://doi.org/10.32996/jhsss.2022.4.4.14 Eliyani, C. (2018). Peran Efikasi Diri Sebagai Variable Moderating Dari Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Mandiri, 2(1), 23–41. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.30 Erliana, V., & Rozana, A. (2022). Pengaruh Career Self-efficacy terhadap Work Readiness pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Unisba. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(2), 150–157. 117 https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.2923 Erlina, L. (2020). Efikasi Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Mobilisasi Pasien. In Me. Dr. Hotma Rumahorbo., SKp. (Ed.), Efikasi Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Mobilisasi Pasien (1st ed.). Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Fajriah, U. ., & Sudarma. (2017). Pengaruh praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan bimbingan karir pada kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421–432. Fatimah, A. N. (2021). Pengaruh Kerja Industri, Kompetensi Akuntansi dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Akuntansi di Kota Yogyakarta. UNY . Fitriyah, Li. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi (I. L. Kurniawati (ed.); 1st ed.). LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG. Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Cetakan 1, Issue March). CV Pustaka Ilmu. Ibrahim, Y. A. (2021). Pengembangan Panduan Metode Quantum Learning dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Kesiapan Kerja Siswa SMK. UNY. Ismail, R., Yussof, I., & Sieng, L. W. (2011). Employers’ perceptions on graduates in Malaysian services sector. International Business Management, 5(3), 184– 193. https://doi.org/10.3923/ibm.2011.184.193 Jasak, F. (2020). Pengaruh Soft Skills dan Adversuty Quotient terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogykarta, Program Studi Pendidikan Ekonomi. UNY. Jatmiko, R. S. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Budaya Organisasi dan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Yogyakarta. UNY. Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Revitalisasi Pendidikan Vokasi. 10(September), 53. Kemendikbud. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud. Kemenperin. (2017). Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Nomor : 03/M-IND/PER/1/2017). Kemenristek. (2021). Pedoman Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK/MAK Di Dalam Negeri. 35. 118 Khairuddin, F. (2017). Pengaruh Kegiatan Praktik kerja lapangan (PKL) dan Pengetahuan Tentang Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII di SMK Negeri 2 Yogykarta. UNY. Kimbal, F. A. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan dan Penguasaan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Nanggulan. Universitas Negeri Yogyakarta. Kuncoro, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Dan Informasi Pekerjaan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Wonosari. 1–121. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41099 Kurniawan, A. (2013). Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Elektronika Industri SMK Negeri di Kabupaten Kulon Progo. UNY. Kurniawati, R. (2020). Evaluasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Salatiga Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Universitas Negeri Yogyakarta. Magnano, P., Lodi, E., Zammitti, A., & Patrizi, P. (2021). Courage, career adaptability and readiness as resources to improve well-being during the university-to-work transition in Italy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 1–16. https://doi.org/10.3390/ijerph18062919 Mansyur, A. I., Chairunnisa, D., & Hidayat, D. R. (2020). Implementasi Teori Super Pada Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Psikologi Konseling, 15(2), 474–482. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16197 Michaelis, C., & Richter, M. (2022). Discontinuities in vocational education and training: the influence of early-risk factors and personality constructs on premature training termination and subsequent trajectories. Empirical Research in Vocational Education and Training, 14(1). https://doi.org/10.1186/s40461-022-00135-5 Muhson, A. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. FE UNY. Nabila, B. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kematangan Karir Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Kepanjen. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroti, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., & Zede, V. A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. In Penerbit Media Sains Indonesia (1st ed.). Media Sains Indonesia. 119 Nirmalasari. (2022). Pengaruh Pengalaman Praktik kerja lapangan (PKL) terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Jurusan Tata Boga di Lombok Tengah, Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. UNY. Nugroho, D. S., & Subagyo, S. (2013). Effect of Treatment and Repair Engine Performance and Achievements of the Industrial Employment Practices Class XI Student Work Readiness Skills Program Engineering Machinery SMK Pancasila Kutoarjo Academic of 2012/2013. TAMAN VOKASI, 1(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v1i2.100 Nurhaniah, N. (2013). Peranan Prestasi Belajar dan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman. UNY. Nurhayati, L. (2020). Pengaruh Pengalaman Praktik kerja lapangan, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman TahunAjaran 2019/2020. UNY . Nurjanah, I., & Ana, A. (2022). Work Readiness of TVET Graduates in the Context of Industry 4.0. Proceedings of the 4th International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education (ICIEVE 2021), 651. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220305.008 Nurlaela, S. (2021). Efek Mediasi Self-Efficacy Pada Pengaruh Kompetensi Produktif Akuntansi Siswa, Prakerin Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja (Survey pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri di Kabupaten Cianjur). Universitas Pendidikan Indonesia. Oktaviana, F. (2022). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Penguasaaan Teknologi Informasi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Negeri Yogyakarta. Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama Press. Prabowo, A. B., Nurhudaya, & Budiamin, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5725 Prananda, Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Industri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Salam. Universitas Negeri Yogyakarta. 120 Prianto, A., Winardi, & Qomariyah, U. N. (2020). The Effect of the Implementation of Teaching Factory and Its Learning Involvement toward Work Readiness of Vocational School Graduates. International Journal of Instruction, 14(1). https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14117A Putra, B. J. (2021). Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.296 Putri, K. N. (2014). Peranan Pengetahuan Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) di SMK N 1 Pandak. Uiversitas Negeri Yogyakarta. Putri, M. (2018). Tingkat Efikasi Diri Dalam Belajar Siswa SMK (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMK Sahid Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi). Universitas Sanata Dharma. Rahmayanti, D., Bowo, P. A., & Sakitri, W. (2019). Pengaruh PKL, Lingkungan Keluarga, Akses Informasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 945–960. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28324 Ramadeni, B. N. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Negeri Yogyakarta. Roos, L., Trasberg, K., Kõiv, K., & Säre, E. (2021). Characteristics of powerful learning environments in VET transition program for at-risk students: qualitative insights from teachers and support specialists implementing the program. Empirical Research in Vocational Education and Training, 13(1). https://doi.org/10.1186/s40461-021-00123-1 Russo, D., & Stol, K.-J. (2022). PLS-SEM for Software Engineering Research. ACM Computing Surveys, 54(4), 1–38. https://doi.org/10.1145/3447580 Russo, G., Serafini, M., & Ranieri, A. (2019). Attractiveness is in the eye of the beholder. Empirical Research in Vocational Education and Training, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40461-019-0082-2 Rusydi, M. I. (2017). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Pengetahunia Dunia Kerja dan Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta. Sa’adah, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelajayan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Fitness Center Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. 121 Sakti, P. W. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan B SMK Nasional Berbah. UNY. Saputro, R. D. A. (2020). Pengaruh Kesiapan Fasilitas Bengkel dan Budaya Kerja 5S terhadap Soft Skill Siswa SMK Teknik Pemesinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. UNY. Sariwulan, T., Widodo, Perdana, N. S., Fajarini, & Agung, I. (2020). The influence of absorption graduates vocational education: A case study. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(2), 55–71. https://doi.org/10.36941/ajis-2020- 0023 Setiawan, J. B. (2022). Pengetahuan Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Kebumen. UNY. Shamim, S., Cang, S., & Yu, H. (2019). Impact of knowledge oriented leadership on knowledge management behaviour through employee work attitudes. International Journal of Human Resource Management, 30(16), 2387–2417. https://doi.org/10.1080/09585192.2017.1323772 Shi, Y., & Bangpan, M. (2022). Young people’s participation experiences of technical and vocational education and training interventions in low- and middle-income countries: a systematic review of qualitative evidence. In Empirical Research in Vocational Education and Training (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s40461-022-00136-4 Sholihah, N. H., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Kejuruan Akuntansi Dan Kematangan Vokasional Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Intervening Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 01–19. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.39310 Sijabat, R. (2018). Rekayasa model penguatan kesiapan kerja lulusan pendidikan vokasi. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 13(2), 144–162. Sirk, M., Liivik, R., & Loogma, K. (2016). Changes in the professionality of vocational teachers as viewed through the experiences of long-serving vocational teachers in Estonia. Empirical Research in Vocational Education and Training, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40461-016-0039-7 Sri, Y. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Interpersonal, Kompetensi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK PGRI 01 Semarang Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening. In UNNES Repository. Universitas Negeri Semarang. Sudira, P. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI Inovasi Teori dan Praksis (B. Lastariwati (ed.); Pertama). UNY Press. 122 Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Sulistyaningsih, R. D. (2019). Peran Praktik Industri, Dukungan Orang Tua, Keaktifan Organisasi, Dan Soft Skill Dalam Menunjang Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas Xi Smk Dharma Wanita Gresik. MANAJERIAL, 5(2), 32. https://doi.org/10.30587/manajerial.v5i2.833 Suprihatin, D. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Susilo, S. M., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Informasi Dunia Kerja Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 290–296. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46701 Sutarna, A., Wijoyo, H., Indrawan, I., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi (Issue June). Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi Kejuruan Srategi dan Revitalisasi Abad 21. Teng, C. C., Hu, C. M., & Chang, J. H. (2020). Triggering Creative Self-Efficacy to Increase Employee Innovation Behavior in the Hospitality Workplace. Journal of Creative Behavior, 54(4), 912–925. https://doi.org/10.1002/jocb.419 Wahyudinata. (2022). Evaluasi Bursa Kerja Khusus dalam Mengembangkan Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian KGSP dan SPIB di SMK N 1 Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta. Walters, G., Hoffart, N., Kring, D., Whitley, T., Horne, L., & Almotairy, M. (2022). Work Readiness of Newly Licensed RNs. Journal of Nursing Administration, 52(9), 469–473. https://doi.org/10.1097/NNA.0000000000001184 Warda, F. S., Noorlaila, F., & Sulistiana, D. (2020). [volume 7 no 2, (oktober) ] 2020. 7(2), 34–48. Yuliyanto, A. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Prestasi Praktik kerja lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman. UNY. Yusman, I. Y., Ismiyati, I., & Mar’atus Sholikah, M. (2019). Pengaruh OJT, Prestasi Belajar, Informasi Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 16(1), 49– 58. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i1.24476 123 Zaharatonnisa, R. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Purbalingga dengan Soft SKill sebagai Variabel Mediasi. Universitas Negeri Yogyakarta. citation: Kurniawati, Ari and Pardjono, Pardjono (2023) Pengaruh Pengetahuan Dunia Kerja, Praktik Kerja Lapangan, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79687/1/tesis-ari%20kurniawati-20702251017.pdf