%0 Thesis
%9 S2
%A Juliandarini, Juliandarini
%A priyanto, priyanto
%B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
%D 2023
%F UNY:79682
%I Sekolah Pascasarjana
%K Digcompedu, kompetensi digital guru, SMK
%T Dampak Pandemi terhadap Kompetensi Digital Guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif
%U http://eprints.uny.ac.id/79682/
%X Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkap tingkat penguasaan kompetensi  digital guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian teknik otomotif  sebelum dan setelah pandemi Covid-19 menggunakan kerangka kerja yang  dikembangkan oleh European Commission, dan (2) membandingkan tingkat  penguasaan tersebut dengan menggunakan uji parametrik pada dua data  berpasangan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto  dengan desain cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di SMK yang memiliki  bidang keahlian Teknik Otomotif di kabupaten Bantul. Subjek penelitian adalah  113 guru SMK yang mengampu mata pelajaran vokasi bidang keahlian Teknik  Otomotif. Pengumpulan data menggunakan angket yang merujuk pada kerangka  kerja Digcompedu. Variabel yang diteliti yaitu: (1) keterlibatan profesional, (2)  sumber daya digital, (3) pengajaran dan pembelajaran, (4) penilaian, (5)  pemberdayaan peserta didik, dan (6) fasilitasi kompetensi digital peserta didik.  Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgement dan Exploratory Factor  Analysis (EFA) sedangkan reliabilitas diperoleh dengan metode Cronbach’s Alpha.  Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Data terdistribusi normal  sehingga dapat dilakukan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan  karakteristik data. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik pada dua data  berpasangan.  Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tingkat penguasaan  kompetensi digital guru SMK program keahlian teknik otomotif sebelum pandemi  berada pada kategori rendah (65,49%) dan setelah pandemi berada pada kategori  sedang (70,80%), dan (2) Ada perbedaan yang signifikan (t=13,3553) dengan  persentase kenaikan sebesar 52,81% pada tingkat penguasaan kompetensi digital  guru akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19, yang awalnya menghadirkan  tantangan, ternyata berdampak positif pada peningkatan kompetensi digital guru  sehingga mendorong percepatan transformasi digital dalam bidang pendidikan.  Peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melaksanakan penelitian kompetensi  digital guru dengan terlebih dahulu mengembangkan kerangka kerja kompetensi  digital yang sesuai dengan lingkungan pembelajaran di Indonesia.