@phdthesis{UNY79682,
           title = {Dampak Pandemi terhadap Kompetensi Digital Guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif},
          author = {Juliandarini Juliandarini and priyanto priyanto},
           month = {July},
            year = {2023},
          school = {Sekolah Pascasarjana},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkap tingkat penguasaan kompetensi
digital guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian teknik otomotif
sebelum dan setelah pandemi Covid-19 menggunakan kerangka kerja yang
dikembangkan oleh European Commission, dan (2) membandingkan tingkat
penguasaan tersebut dengan menggunakan uji parametrik pada dua data
berpasangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto
dengan desain cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di SMK yang memiliki
bidang keahlian Teknik Otomotif di kabupaten Bantul. Subjek penelitian adalah
113 guru SMK yang mengampu mata pelajaran vokasi bidang keahlian Teknik
Otomotif. Pengumpulan data menggunakan angket yang merujuk pada kerangka
kerja Digcompedu. Variabel yang diteliti yaitu: (1) keterlibatan profesional, (2)
sumber daya digital, (3) pengajaran dan pembelajaran, (4) penilaian, (5)
pemberdayaan peserta didik, dan (6) fasilitasi kompetensi digital peserta didik.
Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgement dan Exploratory Factor
Analysis (EFA) sedangkan reliabilitas diperoleh dengan metode Cronbach?s Alpha.
Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Data terdistribusi normal
sehingga dapat dilakukan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan
karakteristik data. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik pada dua data
berpasangan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tingkat penguasaan
kompetensi digital guru SMK program keahlian teknik otomotif sebelum pandemi
berada pada kategori rendah (65,49\%) dan setelah pandemi berada pada kategori
sedang (70,80\%), dan (2) Ada perbedaan yang signifikan (t=13,3553) dengan
persentase kenaikan sebesar 52,81\% pada tingkat penguasaan kompetensi digital
guru akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19, yang awalnya menghadirkan
tantangan, ternyata berdampak positif pada peningkatan kompetensi digital guru
sehingga mendorong percepatan transformasi digital dalam bidang pendidikan.
Peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melaksanakan penelitian kompetensi
digital guru dengan terlebih dahulu mengembangkan kerangka kerja kompetensi
digital yang sesuai dengan lingkungan pembelajaran di Indonesia.},
        keywords = {Digcompedu, kompetensi digital guru, SMK},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/79682/}
}