eprintid: 79664 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/64 datestamp: 2023-11-28 07:22:39 lastmod: 2023-11-28 07:22:39 status_changed: 2023-11-28 07:22:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ningrum, Tri Mulya creators_name: Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo title: Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru. ispublished: pub subjects: D2 subjects: E4 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: bahasa inggris, evaluasi, penilaian hasil belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) tindak lanjut penilaian hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru berdasarkan Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Evaluation Model). Subjek penelitian adalah enam guru Bahasa Inggris dan 250 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling technique. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui observasi dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk, yaitu Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha dan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) perencanaan penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 86% dan kesenjangan 14%. 2) pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori tinggi dengan persentase 77% dan kesenjangan 23%. 3) tindak lanjut penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori tinggi dengan persentase 75% dan kesenjangan 25%. Secara umum pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru ada pada kategori baik dengan total persentase 79%, sedangkan 14% kesenjangan yang muncul menunjukkan hambatan dalam pelaksanaannya. date: 2023-09-25 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients foe Analyzing The Reliability, and Validity of Ratings. Educaional and Psychological Measurement, 45, 132. Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S& Jabar, C. S. . (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara. Azizah, S. (2018). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Di Smpn 1 Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1), 125. Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Azwar, Saifudin. (2014). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4). Pustaka Belajar. Bachman, L., & Palmer, A. S. (2010). Language Assessment in Practice. Oxford University Press. Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Addison Wesley Longman, Inc. Buck, G. (2001). Assessing Listening. Cambridge University Press. Cameron, L. (2008). Teaching Language to Young Learners. Cambridge University Press. Cameron, Lynne. (2001). Teaching Languages to Young Learner. Cambridge University Press. Darong, H. C., Niman, E. M., & Nendi, F. (2022). Implementasi Penilaian Otentik oleh Guru Bahasa Inggris di Flores Implementation of Authentic Assessment by English Teachers in. 7, 65–77. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2639 Depi Susanty, F. H., & Rahman, Z. (2019). Optimalisasi Penerapan Authentic Assesment dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP-IT Al-Izhar Kota Pekanbaru Article 138 history. 2(2), 128–154. https://doi.org/10.24014/au.v2i2.8332 Dewi, F. L. (2022). Evaluasi Sistem Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Mata Pelajaran Matematika SMP di Kabupaten Bantul. Dudung, A. (2018). penilaian psikomotor. KARIMA. Ekawati, Y. N. (2017). English Teacher’s Problems in Applying the 2013 Curriculum. English Review: Journal of English Education, 6(1), 41. Ferlia, W., Putra, R. W. Y., MKS, M. F., & Fajar, R. (2023). Analisis Loss Learning Di SMP Insan Mandiri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 386–397. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.205 Fernandes. (1984). Evaluation of Educational Program. Rineka Cipta. Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102. Fleiss, J. L; Levin, B; Paik, M. c. (2004). The Measurement of Interrater Agreement. In Statistical Methods for Raters and Proportions, 598–626. Freeman, D. L. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press. Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202 Fulcher, G. (2000). The “Communicative” Legacy in Language Testing. System, 28(4), 483–497. https://doi.org/10.1016/S0346-251X(00)00033-6 Glathhhom, A. A., Boschee, F., Whitehead, B. M., & Boschee, B. F. (2019). Curriculum 139 Leadership Strategies for Development and Implementation. SAGE Publications, Inc. Gower, R., Philip, D., & Walters, S. (2005). Teaching Practice: A Handbook for Teacher Training. Macmillan Education. Gusniati, M. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Daring dan Tatap Muka Terbatas Di SMAN 2 Pekanbaru Students ’ Perseptions O f Limited Online and Face to Face Biology Learning at SMAN How to cite : Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 17–28. Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642 Harmer. (2004). How to Teach English. Pearson Education Limited. Harmer. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited. Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran. UNY Press. He, L., & Chen, D. (2017). Developing Common Listening Ability Scales for Chinese Learners of English. Language Testing in Asia, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40468- 017-0033-4 Heaton, J. (1990). Classroom Testing. Longman. Istiyono, E. (2018). Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika (First). UNY Press. Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model Asesmen Autentik untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen Autentik di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2). Kastina, Z. V. K. (2017). Implementasi Sistem Penilaian dalam Kurikulum 2013 di SMA 140 Negeri 2 Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 1–15. Kemendikbud. (2013). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kern, R., & Warschauer, M. (2000). Network-Based Language Teaching: Concepts and Practice. Cambridge University Press. Kozak, M. (2011). Strategic Approach to Intellectual Capital Development in Regions. International Journal of Learning and Intellectual Capital, 8(1), 76–93. https://doi.org/10.1504/IJLIC.2011.037360 L, I. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaranalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935. Madaus, G.F., Scriven, M.S., & Stufflebeam, D. L. (1993). Evaluation Models, Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Kluwer-Nijhoff Publishing. Mahdiansyah, M. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Enam Kota). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 48–63. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.224 Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Parama Publishing. Mardiah, M & Syarifudin, S. (2019). Model-model evaluasi pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 173–188. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.292 Marhawati, B. (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan. Deepublish. Matondang, Zulkifli; Djulia, Ely; Sriadhi; Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Mehrens, W. A. & Lehmann, I. . (1973). Measurement & Evaluation in Teaching. Hold, Rinehart and Wiston, Inc. 141 Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Pubications, Inc. (Vol. 1304). SAGE Publications, Inc. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Rosda Karya. Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 13(3), 1576–1580. Mustika, T. P., Fajriani, S. W., Prasetio, M. B., & Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 901–906. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.509 Ningsih, W. A. E. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Al- Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.53398/jm.v5i1.116 Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. Heinle & Heinle. Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. Mc Graw Hill. Nurgoyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPFE. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Nomor 22 Tahun 2016). Pernantah, P. S., Rizatunnita, R., Kusnilawati, L., & Handrianto, C. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMA N 1 Kubu. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 46–52. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1257 Pillar, G. (2011). A framework for testing communicative competence. The Round Table: 142 Partium Journal of English Studies, 2, 1–17. Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32. https://e- journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139 Prasojo, L. D., Kande, F. A., & Mukminin, A. (2018). Evaluasi pelaksanaan standar proses pendidikan pada SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 61–69. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.19018 Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Putri, I. (2021). 3 Alasan Pemerintah Percepat Sekolah Tatap Muka Terbatas. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5710196/3-alasan-pemerintah-percepat-sekolah-tatap- muka-terbatas Rahayu, A., Ilimu, E., Adewia, M., & Titinawati. (2020). Analisis Persepsi dan Kesiapan Guru Kimia Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Era New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 1–14. Retnawati, H. (2015). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama dalam Menerapkan Kurikulum. Cakrawala Pendidikan, 11(2), 390–403. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(3), 4334–4339. Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.79 S, S. (2006). Evaluasi Proses Pembelajaran Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 143 Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2021). The Readiness Of Limited Face To Face Learning In The New Normal Era. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 643– 651. Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164 Sari, Y., Eriani, E., & Pratolo, B. W. (2020). EFL Teachers’ Views on English Assessment in 2013 Curriculum. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(1), 39–50. https://doi.org/10.30605/25409190.121 Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173 Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Deepublish. Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Nijhoff Publishing. Subagia, I. W. I. G. L. W. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–54. Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Sumarni, S. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 6(53), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453 Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Ketrampilan Bahasa. Angkasa. Tausih, T. U., & Marno, M. (2021). Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan 144 Google Form di Era New Normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 103– 113. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270 Trisnawati, Leni Anggraeni, Winia Waziana, D. P. (2019). Evaluation of the Implementation of the 2013 Curriculum Reviewed from the Aspect of the Learning Process and Assessment of Learning Outcomes (Case Study: SMA/SMK/MA Pringsewu Regency). Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 12(2). Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 600–609. Wangid, M. nur. (2017). The evaluation of authentic assessment implementation of curriculum 2013 in elementary school. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21. Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313 Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2020). Evaluasi Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 51–61. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5385 Widyasari, F. E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus di Sekolah Internasional. Jurnal Edutama, 31–46. Wilson, J. J. (2008). How to Teach Listening. Pearson Education Limited. Wolley, G. (2011). Reading Comprehension: Assisting Children Learning Difficulties. 145 Springer. Wulandari, A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172 citation: Ningrum, Tri Mulya and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2023) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79664/1/tesis-tri%20mulya%20ningrum-20701251007.pdf