eprintid: 79662 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/62 datestamp: 2023-11-27 04:10:25 lastmod: 2023-11-27 04:10:25 status_changed: 2023-11-27 04:10:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jannah, Dian Fadkhuli creators_name: Harun, Harun title: Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta. ispublished: pub subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: evaluasi, kurikulum merdeka, penerapan abstract: enelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan kurikulum merdeka taman kanak-kanak negeri (TK negeri) di Kabupaten Bantul pada tahap pendahuluan tahap pelaksanaan, dan tahap hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Desain penelitian mengacu pada model evaluasi countenance stake. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data komponen penerapan kurikulum untuk dibandingkan dengan standar dari Kemdikbudristek. Subjek penelitian ini adalah 14 responden kepala sekolah dan pendidik TK negeri di Kabupten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Instrumen telah divalidasi melalui expert judgment, dan uji reliabilitas menggunakan program SPSS v.20 yang menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,908. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penerapan kurikulum merdeka pada tahap pendahuluan sub-indikator capaian pembelajaran, ruang lingkup perkembangan/materi PAUD, kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik, serta perencanaan pembelajaran sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 80% sesuai dengan standar dan termasuk kategori baik, namun demikian masih terdapat kelemahan dalam perumusan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, kurangnya kreatifitas pendidik dalam merancang modul ajar, dan kurangnya kelengkapan prasarana serta sarana pendukung pembelajaran. (2) Penerapan kurikulum merdeka pada aspek tinjuan proses sub-indikator kegiatan pembuka pembelajaran, kegiatan inti menggunakan pembelajaran metode proyek dengan media loose part, dan kegiatan penutup sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 100% sesuai dengan standar dan termasuk kategori sangat baik, namun demikian masih terdapat kelemahan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang tepat pada kegiatan inti. (3) Tahap hasil pada sub-indikator penggunaan jenis instrumen penilaian, pelaksanaan prosedur penilaian, dan waktu penilaian sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 85% termasuk kategori sangat baik. Secara keseluruhan hasil penerapan kurikulum merdeka di TK negeri di Kabupaten Bantul sudah baik dan sesuai dengan standar, akan tetapi masih perlu perbaikan agar memperoleh hasil maksimal. date: 2023-08-25 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Addini, S. N., & Widyasari, C. (2022). Effect of experimental methods on early children’s creativity. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(1), 31–57. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i1.11828 Afifah. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP al-falah deltasari sidoarjo (54817). [Tesis, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/ Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan ki hadjar dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525 Al-shanawani, H. M. (2019). Evaluation of self-learning curriculum for kindergarten using stufflebeam’s cipp model. USA: Sage Publications. https://doi.org/10.1177/2158244018822380 Alifah, S. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan di indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968 Alsoufi, A., Alsuyihili, A., Msherghi, A., Elhadi, A., Atiyah, H., Ashini, A., Ashwieb, A., Ghula, M., Ben Hasan, H., Abudabuos, S., Alameen, H., Abokhdhir, T., Anaiba, M., Nagib, T., Shuwayyah, A., Benothman, R., Arrefae, G., Alkhwayildi, A., Alhadi, A., ... Elhadi, M. (2020). Impact of the covid-19 pandemic on medical education: medical students’ knowledge, attitudes, and practices regarding electronic learning. PLoS ONE, 15(11), 1– 20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0242905 Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. https://repositori.kemdikbud.go.id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.pdf Anggraena, Y., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & McTighe, J. (2022). Pembelajaran dan penilain. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2848 Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi pemenuhan standar minimal sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785 Arifai, A. (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27– 38. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.21 156 Arrieta, G. S. (2021). Curriculum evaluation: inputs for principal’s instructional leadership. International Journal of Social Learning (IJSL), 1(2), 146–161. https://doi.org/10.47134/ijsl.v1i2.45 Azhar. (2020). Evaluasi program pelaksanaan kurikulum 2013 dengan model cipp (conteks, input, process, product) di madrasah tsanawiyah negeri 2 kapuas (3195). [Tesis, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya]. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/ Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/ Bashori, B. (2016). Manajemen perubahan di SMA negeri 1 kediri. Jurnal LPPM, 4(2), 94–106. http://doi.org/10.25273/jp-lppm.v4i2.426 Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(4). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436 Chen, B. H. S., & Huang, H. (2017). Advancing 21st century competencies in taiwan advancing 21st century competencies in Taiwan. https://asiasociety.org/ Darmansyah, D. (2012). Modul bahan ajar strategi pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Dewi, L., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan kurikulum merdeka di kelas iv SDN 3 apuan. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 31–39. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/ Dieni, A., Rizka, M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis implementasi mandiri belajar pada kurikulum merdeka di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429 Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep merdeka belajar pendidikan indonesia dalam perspektif filsafat progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973 Hamdan, I. A. (2022). Penggunaan media loose part dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di tk cikal cendekia islamic fullday school cileungsi-kab. Bogor. [Skripsi, Institut Ilmu Al-Qur’an]. https://repository.iiq.ac.id/ 157 Hamdi, M. M. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan. Intizam: jurnal manajemen pendidikan islam, 4(1), 66–75. http://ejournal.staida- krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248 Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada paud. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 1–6. http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-fakta penerapan penilaian otentik di taman kanak-kanak negeri 2 padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521 Hasanah, L., Tuffahaty, N., Nada, R. F., Puspa, R. D., & Nurul, S. (2022). Orientasi kurikulum operasional satuan pendidikan di taman kanak-kanak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 6(02), 576–584. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i02.6893%0AOrientasi Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD berdasar konsep merdeka belajar merdeka bermain di PAUD inklusi saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508 Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(008). https://e-journal.iaknambon.ac.id/ Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id Hendri. (2020). Merdeka belajar; antara retorika dan aplikasi. E-tech, 08(00). https://doi.org/10.1007/0000-00 Herliani, D. (2023). Analisis profesionalisme guru bersertifikat pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD islam rahmatullah (2037). [Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://etd.umm.ac.id/id/ Huda, M. N. (2018). Peran kompetensi sosial guru dalam pendidikan. Energies, 6(1),1.8. https://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0A Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67 Istiyono, E. (2020). Pengembangan instrumen penilaian dan analisis hasil belajar fisika dengan teori tes klasik dan modern. Yogyakarta: UNY Press Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum 158 merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36 Kembara, M. D., Rozak, R. W. A., & Hadian, V. A. (2019). Research-based lectures to improve students’ 4c (communication, collaboration, critical thinking, and creativity) skills. Atlantis Press, 306(3), 22–26. https://doi.org/10.2991/isseh- 18.2019.6 Kemendikbudristek. (2022a). Buku saku: tanya jawab kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344 Kemendikbudristek. (2022b). Implementasi kurikulum merdeka secara bertahap. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/ikm/bimtek/Materi1_Pen gantarIKM.pdf Kemendikbudristek. (2022c). Capaian pembelajaran untuk satuan PAUD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/ Kemendikbudristek. (2022d). Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi tentang standar isi pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://jdih.kemdikbud.go.id/ Kemendikbudristek. (2022e). Salinan keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik indonesia nomor 56/m/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://jdih.kemdikbud.go.id/ Kementerian Keuangan. (2021). Usaha meningkatkan kualitas pendidikan melalui mandatory spending anggaran pendidikan. https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/usaha-meningkatkan-kualitas pendidikan- melalui-mandatory-spending-anggaran- pendidikan- Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, Dwi, A., Gandi, Sunaryo, Muin, Abdul, Tajeri, Fakhrudin, Hamdani, & Ali Suprapno. (2022). Pengembangan kurikulum merdeka. Literasi Nusantara Abadi, 4(1). https://repo.iainbatusangkar.ac.id/ Koo, T. K., & Li, M. Y. (2016). A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research. Journal of Chiropractic 159 Medicine, 15(2), 155–163. https://doi.org/10.1016/j.jcm.2016.02.012 Kurniasari, A. F. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/ Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam 3(3), 1–16. https://stai-binamadani.e-journal.id/ Lestariningrum, A., dkk. (2022). Perencanaan pembelajaran kreatif anak usia dini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://repository.penerbitwidina.com/ Majir, A. (2017). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish. Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507 Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “merdeka belajar” di era society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora, 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: an early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335. https://www.ijicc.net/ Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian penerapan program sistem kredit semester menunjang terealisasinya merdeka belajar di sma negeri 1 pekalongan. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 141–148. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/493 Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186 Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran kompetensi profesional guru paud mangga paninggilan ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595 Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi kurikulum. 250–261. https://ejournal.upi.edu/ 160 Nurfaizah, Yuniatari, & Sukiman. (2021). Evaluasi kurikulum dengan model cippo di lembaga PAUD. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2). http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v4i1.16229 Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis problematika pelaksanaan merdeka belajar matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu- ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241 OECD. (2019). Pendidikan di indonesia belajar dari hasil pisa 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742 Permendikbud. (2022a). Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tentang standar proses pada pendidikan usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24. https://jdih.kemdikbud.go.id/ Permendikbudristek. (2022). Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi tentang standar penilaian pendidikan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://jdih.kemdikbud.go.id Puspitasari, A., Islam, U., Aji, N., Idris, M., Muadin, A., Islam, U., Aji, N., Idris, M., & Salabi, A. S. (2023). Evaluasi implementasi kurikulum merdeka menggunakan model cipp di SD bontang 1. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 49–58. http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.10272 Putrawang, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa indonesia pada pisa dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA (Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran), 1(1), 1–12. https://journal.pelitanusa.or.id/ Qur’ani Habib, A., & Machali, I. (2016). Efektivitas penerapan manajemen berbasis sekolah dalam perspektif balanced scorecard terhadap mutu pembelajaran siswa kelas xi dan kelas xii di man maguwoharjo sleman. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 213–232. https://ejournal.uin-suka.ac.id/ Rahardjo, M. M., & Sisilia. (2021). Pengembangan Pembelajaran. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/ Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: 161 Parama Publishing Ridwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta Rusman. (2012). Manajemen kurikulum. Jakarta: Rajawali. Saptiwi, N. A. (2023). Evaluation of teachers ’understanding of curriculum 2013 and merdeka curriculum in early childhood education institutions. Jurnal Pendidikan Indonesia :3(1), 55–61. Sinomi, C. (2022). Persiapan guru dalam melaksanakan sistem pembelajaran merdeka belajar di SD N 01 muara pinang kecamatan muara pinang kabupaten empat lawang provinsi sumatera selatan (8302). [Tesis, UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/ Stake, R E. (1967). The countenance of educational evaluation. Teacher’s Coolege Record: The Voice of Scholarship in Education, 68(7). https://doi.org/10.1177/016146816706800707 Sufyadi, S. L. (Pusat A. dan, Pembelajaran), T. R. (Pusat A. dan, Pembelajaran), F. A. N. R. (Pusat A. dan, Pembelajaran), S. N. (Pusat A. dan, Academy), S. I. (Millennia 21st C., Martapura), Y. H. (SDN I. 1, Cikal), M. P. (Sekolah, & Pagi), R. L. M. (SDN M. P. 02. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pendidikan, Pusat Assessmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian, X–76. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/ Sulistyati, D., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. (2021). Buku panduan guru projek penguatan profil pelajar pancasila untuk satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/ Suryawati, E. A., & Akkas. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/ Susanto, S. (2022). Madrasah-based management: quality improvement strategies in madrasah. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1232– 1246. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3688 Suwardana, H. (2018). Revolusi jurnal 4.0 berbasis revolusi mental. Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117 Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: CV 162 Alfabeta Syahrir, S. (2022). Evaluasi kurikulum belajar mandiri TK menggunakan model CIPP stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 509–520. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2779 Umi Hayati. (2017). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup kegiatan pembelajaran di TK. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 1689–1699. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective- institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259 Wachidi, & Sudarwan. (2021). Pelatihan penggunaan pendekatan pembelajaran steam berbasis proyek dan bahan loose parts pada guru PAUDNI dharma wanita kota bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 57-61. https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/download/17895/8409. Wahyuni Rina, & Berliani Teti. (2019). Problematika implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3, 63– 68. http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i22019p063 Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974 citation: Jannah, Dian Fadkhuli and Harun, Harun (2023) Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79662/1/tesis-dian%20fadkhuli%20jannah-21701251009.pdf