eprintid: 79656 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/56 datestamp: 2023-11-27 02:55:20 lastmod: 2023-11-27 02:55:20 status_changed: 2023-11-27 02:55:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizbudiani, Adilla Desy creators_name: Jaedun, Amat title: Pengembangan Instrumen Penilaian Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. ispublished: pub subjects: D4 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Insinyur, RPL, Teknik Sipil abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen dari instrumen penilaian program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada bidang Teknik Sipil di Program Studi Program Profesi Insinyur. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pelaksanaan penelitian ini dengan cara melakukan Forum Group Discussion (FGD). Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) dilakukan sebanyak 3 kali dengan 9 ahli. Sembilan ahli tersebut diantaranya ahli 5 ahli dalam bidang Teknik Sipil, 3 ahli dalam bidang Profesi Insinyur, dan 1 ahli dalam bidang Pengukuran bidang Teknik Sipil. Penilaian dari kesembilan ahli menghasilkan nilai untuk validitas V Aiken dan reliabilitas dengan bantuan program Excel dan SPSS. Nilai hitung V Aiken akan dibandingkan dengan koefisien yang didapatkan dari tabel V Aiken (0,72). Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya pada hasil pengembangan produk hasil terdapat kisi-kisi, rubrik penilaian dan instrumen tiap mata kuliah di Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. Hasil kelayakan instrumen, didapatkan dari 50 butir pernyataan, tergolong dalam butir yang “valid”. Nilai rerata yang didapatkan sebesar 0,85 dan tergolong dalam “valid”. Pada hasil FGD 1 menunjukkan saran dan masukkan lebih difokuskan pada butir-butir instrumen mata kuliah Praktik Keinsiyuran yang seimbang dengan bobot 12 SKS. Hasil FGD 2 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan mata kuliah PSPPI yang memiliki kriteria tersendiri. Hasil FGD 3 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan justifikasi rubrik penilaian masing- masing mata kuliah. date: 2023-08-23 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Ali, M., Laras, D., Zamtinah, Djemari, & Soenarto. (2018). Design of Electrical Engineer Profession Certification Model Based on Recognition of Prior Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012009 Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Wadsworth, Inc. Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004 Andersen, M. (2016). Tools of Assessment in Recognition of Prior Learning (RPL) Within Vocational Education in Denmark. ... on Theory, Research and Practice in Prior Learning ..., 5(5). http://www.plaio.org/index.php/home/article/view/87 Andersson, P. (2021). Recognition of Prior Learning for Highly Skilled Refugees’ Labour Market Integration. International Migration, 59(4), 13–25. https://doi.org/10.1111/imig.12781 Andrijati, N. (2022). Pengembangan Model Penilaian Kemampuan Penalaran Matematika di Sekolah Dasar [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/76124/ Arlinwibowo, J. (2022). Model Penilaian Capaian Pembelajaran Siswa SMP dengan Kerangka Science, Technology, Engineering, and Mathematics. In Eprints.uny.ac.id. Universitas Negeri Yogyakarta. Armaeni, N. K. (2015). Kajian etika profesi keinsinyuran sipil. Paduraksa, 4(2), 41–48. Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media. Astuti, W. P., Wibawanto, H., & Khumaedi, M. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Praktik Perawatan Kulit Wajah Berbasis Kompetensi Di Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(1), 8–14. Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas (Keempat). Pustaka Pelajar. Browning, K. F. (2020). A Case Study on the Recognition of Prior Learning (RPL): Perceptions of University Faculty. Canadian Journal for the Study of Adult Education, 32(1), 15–40. https://login.proxy.hil.unb.ca/login?url=https://search.ebscohost.com/login.as px?direct=true&db=eric&AN=EJ1250690&site=ehost- 94 live&scope=site%0Ahttps://cjsae.library.dal.ca/index.php/cjsae/article/view/ 5499/4570 Budiono, P. I. (2018). Analisis implementasi Program Percepatan Pendidikan Perawat Melalui Mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Di Poltekkes Kemenkes ... [Universitas Indonesia]. http://202.70.136.161:8107/154/2/Tesis-Puspa Indah Budiono- 1606856933.pdf Castle, J., & Attwood, G. (2001). Recognition of Prior Learning (RPL) for access or credit? Problematic issues in a university adult education department in South Africa. Studies in the Education of Adults, 33(1), 60–72. https://doi.org/10.1080/02660830.2001.11661441 Challis, M. (1993). Introducing APEL. In Introducing APEL. Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9780203305089 Cohen, R. J., & Swerdlik, M. (2009). Psychological Testing and Assessment: An Introduction to Tests and Measurement, 7th Edition. McGraw-Hill Higher Education. http://www.primisonline.com Collins, K. (2011). An Exploration of RPL (Recognition of Prior Learning) in Companies and Organisations in Ireland Valorisation, Return on Investment, and Emerging Trends [Dublin Institute of Technology]. In Techinological University Dublin. https://doi.org/10.21427/D7RK5S Cooper, L., & Harris, J. (2013). Recognition of prior learning: exploring the “knowledge question.” International Journal of Lifelong Education, 32(4), 447–463. https://doi.org/10.1080/02601370.2013.778072 Cornelius, J. (2023). Pentingnya Etika Profesi dalam Praktik Insinyur Teknik Sipil: Studi Tentang Implementasi Kode Etik Insinyur. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 4(1), 46–53. Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pembelajran dan Kemahasiswaan Nomor 123/B/SK/2017 tentang Pedoman Tata Cara Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau, 1 (2017). Ekawatiningsih, P. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif di SMK. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 91–112. Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130–161. https://doi.org/10.22146/jf.42521 Hamer, J. (2010). Recognition of prior learning-normative assessment or co- construction of preferred identities? Australian Journal of Adult Learning, 50(1), 100–116. Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking 95 Skill (HOTS) di sekolah Dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–8. Hariono, A., Aryanto, B., & Pahalawidi, C. (2020). Content Validity with Aiken’s V for Pencak Silat Talent Identification Test. 3nd Yogyakarta Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science in Conjuction with the 2nd Conference on Interdisciplinay Approach in Sport, 1, 756–759. https://doi.org/10.5220/0009895107560759 Hasibuan, A. (2018). Etika Profesi - Profesionalisme Kerja (A. F. H. Hasibuan (ed.)). UISU Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/7ezmq Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169– 178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47 Keating, J. (2010). Recognition of Prior Learning and Vocational Education and Training. International Encyclopedia of Education, Third Edition, 397–402. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00787-9 Khilmiyah, A. (2015). Pengembangan Model Penilaian Keterampilan Intrapribadi dan Antarpribadi Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/13085/ Kizlik, B. (2014). Measurement, Assessment, and Evaluation in Education (Vol. 10, p. 2015). https://gyansanchay.csjmu.ac.in/wp- content/uploads/2021/11/assessment-_-evaluation_measurement.pdf Knight, B. (2006). Assessment for recognition of prior learning in technical and vocational education and training in Australia: where to from here? NCVER. Available Online at: Http://Www. Iaea. Info/Documents/Paper_1162a17210. Pd f. Accessed January, 29, 1–10. Kustiani, I., & Despa, D. (2019). Persepsi Peserta Program PS PPI Unila Mengenai Aplikasi Pembelajaran Daring. Buletin Profesi Insinyur, 2(3), 122–124. https://doi.org/10.20527/bpi.v2i3.55 Lynch, B. K. (2001). Rethinking assessment from a critical perspective. Language Testing, 18(4), 351–372. https://doi.org/10.1177/026553220101800403 Mahyuddin, Tumpu, M., Makbul, R., Setiawan, A. M., Hasibuan, A., Sudirman, Rangan, P. R., Bachtiar, E., Nur, N. K., Mansida, A., & Aprianti, E. (2021). Insinyur Indonesia (Vol. 1). Yayasan Kita Menulis. Mehrens, W. A., & Lehmann, I. J. (1991). Measurement and Evaluation in Education and Psychology. Wadsworth, Inc. Miguel, M. C., Ornelas, J. H., & Maroco, J. P. (2016). Recognition of prior learning: the participants’ perspective. Studies in Continuing Education, 38(2), 179–194. https://doi.org/10.1080/0158037X.2015.1061491 Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2008). Measurement and 96 assessment in teaching. Pretince Hall. https://doi.org/10.1007/bf03025364 Miswar, I., Hidayat, B., & Ophiyandri, T. (2017). Relevansi Unit Kompetensi Insinyur Sipil. 13(2), 101–112. Mulyani, E. (2012). Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Berbasis Proyek Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/31717/ Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1–15. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp:// repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana. 2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471- 2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P Nasution, D. P., Arifin, H., Sembiring, N. W. P. B., & Abrari, S. Z. (2021). Implikasi Pergeseran Insinyur Dari Sektor Publik Ke Sektor Swasta. Jurnal PenSil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 154–159. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.21069 Noor, A. (2023). Peran Insinyur Dalam Pengembangan Ketenagakerjaan: Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan dalam Industri. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 4(1), 36–45. Oates, T. D. (1993). Practice Professionalism. Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice, 119(1), 44–45. Oriondo, L. ., & Dallo-Antonio, E. . (1998). Evaluating Educational Outcomes. Rex Printing Company. Pasaribu, A., & Saparini. (2016). Pengembangan Instrumen Autentik Assesmen Berupa Penilaian Proyek dengan Produk Mind Mapping Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–6. PII. (2018). Tentang Kami. PII.or.Id. http://www.pii.or.id/pii/tentang- kami#filosofi-logo PIIDIY. (2017). History. Piidiy.Id. https://piidiy.id/about/ Pitman, T. (2009). Recognition of prior learning: The accelerated rate of change in Australian universities. Higher Education Research and Development, 28(2), 227–240. https://doi.org/10.1080/07294360902725082 Prasetyo, B. (2014). Menilik Kesiapan Dunia Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi MEA. Jurnal Rechts Vinding Online: Media Pembinaan Hukum Nasional, 1–7. Priadi, A. A., Nugroho, E., & Sularno, H. (2019). The Design of Marine Engineering Profession Certification Model for Lecturer based on 97 Recognition of Prior Learning. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 21, 12– 19. Prima, I. A. R., Warman, I. A., & Mahmudi, I. (2011, November). Menakar Kapasitas Insinyur untuk Program MP3EI. Engineer Monthly, 52. www.pii.or.id Rifandi, A. (2021). Kerangka Kualifikasi Nasional & Rekognisi Pembelajaran Lampau. Penerbit Alfabeta. S, N. R. K. V. S. (2018). ABET Explanation - What is Engineering? Industrial Engineering Knowledge Center. https://nraoiekc.blogspot.com/2018/08/abet- explanation-engineering.html Simatupang, D., Suparman, J., Sugiyanto, & Cahyono, F. B. (2017). Analisis Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal Dan Pengakuan Disetarakan Dengan Kualifikasi KKNI Tertentu Di STIP Jakarta. Meteor STIP Marunda, 10(1), 10–21. http://ejournal.stipjakarta.ac.id/index.php/meteor METEOR Smith, L. (2003). Valuing Recognition of Prior Learning: Selected Case Studies of Australian Private Providers of Training. National Centre for Vocational Education Research (NCVER). http://eric.ed.gov/?id=ED495122 Suciati. (2020). Pengembangan Model Penilaian Literasi Matematika [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Eprints.uny.ac.id. https://eprints.uny.ac.id/70154/1/disertasi-nur tjahjono suharto_16701261007.pdf-ok.pdf Supraba, I. (2017). Peningkatan Kualitas Insinyur Melalui Sertifikasi Insinyur Profesional. Simposium II UNIID 2017, 2(1), 540–545. Suratno, A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Praktikum Engine Siswa SMK Program Keahlian Teknik Otomotif. VANOS: Journal Of Mechanical Engineering Education, 11(1), 2528–2700. Suwahono. (2017). Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Generik Kimia Untuk Calon Pekerja Tekstil Berdasarkan Kerangka Acuan Model Rasch [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/50992/ Taylor, T. (1996). Learning from Experience: Recognition of Prior Learning (RPL) and professional development for teachers. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 24(3), 281–292. https://doi.org/10.1080/1359866960240306 Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2 Thorndike, R. L. (2013). Measurement and Evaluation in Psychology and Education. Pearson. https://doi.org/10.2307/2282039 98 Trapsilawati, F., Subagyo, S., Ariyanto, T., Herliansyah, M. K., & Purwono, S. (2019). Evaluasi Sistem Penilaian Rekognisi Pembelajaran Lampau. Buletin Profesi Insinyur, 2(3), 96–101. https://doi.org/10.20527/bpi.v2i3.49 Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana Prenanda Media Group. Utomo, H. B. (2020). Model Asesmen Untuk Sertifikasi Kompetensi Kerja Tenaga Kerja Konstruksi [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Universitas Negeri Yogyakarta (e-prints UNY). https://eprints.uny.ac.id/70133/ Wahyuni, L., & Ruhimat, M. (2018). Pengembangan Model Penilaian Projek untuk Mengukur Aspek Psikomotor pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 76–86. Waisapi, J. Y. (2022). Engineering Professionalism. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(3), 299–314. https://doi.org/10.55927/fjss.v1i3.1285 Wibowo, A. (2023). Tren Pengembangan dan Penerapan Kode Etik Insinyur Sipil. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 4(1), 75–84. Widiasanti, I. (2017). Analisis Kesesuaian Sertifikasi Insinyur Indonesia terhadap Best Practices of Certification. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan 2017 (SNITT Poltekba 2017), 389–399. http://snitt.poltekba.ac.id/%0Ahttps://drive.google.com/file/d/1B4uMLvVyT S7xI_eeNdnQ8CyZeb76mdsw/view?ts=5a82f864%0Ahttp://jurnal.poltekba. ac.id/index.php/prosiding/article/viewFile/426/273 Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293–307. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250 Wignjosoebroto, S. (2019). Professional Engineer & Etika Profesi (Insinyur). Jurnal Teknik Industri, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember, 12. https://www.academia.edu/35084680/Professional_Engineer_Etika_Profesi_I nsinyur citation: Rizbudiani, Adilla Desy and Jaedun, Amat (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79656/1/tesis-adilla%20desy%20rizbudiani-19701251034.pdf