TY - THES PB - Sekolah Pascasarjana Y1 - 2023/08/23/ KW - Insinyur KW - RPL KW - Teknik Sipil A1 - Rizbudiani, Adilla Desy A1 - Jaedun, Amat TI - Pengembangan Instrumen Penilaian Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. ID - UNY79656 N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen dari instrumen penilaian program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada bidang Teknik Sipil di Program Studi Program Profesi Insinyur. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pelaksanaan penelitian ini dengan cara melakukan Forum Group Discussion (FGD). Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) dilakukan sebanyak 3 kali dengan 9 ahli. Sembilan ahli tersebut diantaranya ahli 5 ahli dalam bidang Teknik Sipil, 3 ahli dalam bidang Profesi Insinyur, dan 1 ahli dalam bidang Pengukuran bidang Teknik Sipil. Penilaian dari kesembilan ahli menghasilkan nilai untuk validitas V Aiken dan reliabilitas dengan bantuan program Excel dan SPSS. Nilai hitung V Aiken akan dibandingkan dengan koefisien yang didapatkan dari tabel V Aiken (0,72). Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya pada hasil pengembangan produk hasil terdapat kisi-kisi, rubrik penilaian dan instrumen tiap mata kuliah di Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. Hasil kelayakan instrumen, didapatkan dari 50 butir pernyataan, tergolong dalam butir yang ?valid?. Nilai rerata yang didapatkan sebesar 0,85 dan tergolong dalam ?valid?. Pada hasil FGD 1 menunjukkan saran dan masukkan lebih difokuskan pada butir-butir instrumen mata kuliah Praktik Keinsiyuran yang seimbang dengan bobot 12 SKS. Hasil FGD 2 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan mata kuliah PSPPI yang memiliki kriteria tersendiri. Hasil FGD 3 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan justifikasi rubrik penilaian masing- masing mata kuliah. UR - http://eprints.uny.ac.id/79656/ M1 - tesis AV - restricted ER -