eprintid: 79634
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/07/96/34
datestamp: 2023-11-27 04:19:59
lastmod: 2023-11-27 04:19:59
status_changed: 2023-11-27 04:19:59
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Fikriyah, Nurul
creators_name: Istiyono, Edi
title: Evaluasi Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab Lembaga Ikanu Training Center dalam Upaya Persiapan Studi di Timur Tengah.
ispublished: pub
subjects: B5
subjects: E7
divisions: pps_lit_evazdik
full_text_status: restricted
keywords: evaluasi program, pembelajaran bahasa Arab, program bimbingan belajar
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program bimbingan belajar bahasa Arab mulai dari tahap persiapan hingga dampak yang terjadi pada lembaga Ikanu Training Center, meliputi: (1) objektif akhir dan objektif segera pada pelaksanaan program; (2) perencanaan program, kriteria tutor, kriteria peserta, ketersediaan sarana dan prasarana; (3) reaksi peserta tes terhadap program serta pelaksanaan pembelajaran; (4) hasil akhir peserta berupa skor pada program bimbingan belajar bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran Sequential Exploratory (kualitatif dan kuantitatif). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIRO (Context, Input, Reaction, Outcome). Subjek penelitian terdiri dari direktur program, tiga tutor, dan 11 peserta bimbingan belajar pada angkatan ketiga pada periode Juni 2022 – April 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survey, observasi, dan dokumentasi. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas Aiken melalui expert judgment. Data kuantitatif dianalisis menggunakan deskripsi persentase, dan data kualitatif dianalisis melalui tahapan kondensasi data, paparan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Komponen context yang berupa objektif akhir telah sesuai dengan standar pengelolaan lembaga dan kebutuhan peserta. (2) Input yang berupa perencanaan pembelajaran dirancang dengan silabus yang tersedia. Seluruh pengajar di Ikanu Training Center sudah termasuk ke dalam kualifikasi pengajar yang dibutuhkan oleh lembaga. Tidak terdapat kualifikasi khusus pada penerimaan calon peserta. Sarana dan prasarana telah memenuhi standar yang tercantum pada lembaga kursus dan pelatihan bahasa. (3) Reaksi kepuasan peserta terhadap program telah termasuk ke dalam kategori puas, sedangkan reaksi terhadap proses pembelajaran termasuk ke dalam kategori baik, mulai dari pembelajaran muhadasah, kitabah, dan qiroah. (4) Outcome yang menjadi tolak ukur dalam penilaianpeningkatan peserta tidak dapat dipaparkan karena lembaga tidak menyediakan latihan-latihan khusus dalam upaya mengetahui keberhasilan belajar para peserta kursus.
date: 2023-08-28
date_type: published
institution: Sekolah Pascasarjana
department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
thesis_type: tesis
referencetext: Aflisia, N. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Muhadatsah, Jurnal An Nabighoh, 19(02), 268–285.
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Ainin, M. (2016). Kesahihan dalam penyusunan tes bahasa Arab di madrasah/sekolah. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/75/68
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Ariyanta, E. (2013). Bimbingan Belajar, Definisi Belajar,dan Jenis – Jenis Masalah Belajar - Just Shared. https://oneboyariyanta.blogspot.com/2013/03/bimbingan-belajar-definisi-belajardan.html
Arsyad, S. (1988). Model Pembelajaran Berbicara dengan CBSA. PT. Rosda Jayaputra.
Asmawati. (2020). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Pembangunan Desa
(Studi di Desa Ranga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang). Education, 6.
Asy’ari, M. (2020). Method of Nahwu In Arabic Learning. In LISANUNA (Vol. 10, Issue 1).
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. In Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (Vol. 1, Issue 2).
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179– 196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181
Canaran, O., Bayram, I., & Altug, C. (2020). English for Specific Purposes ESP Program Evaluation Perspectives from three faculties. Baskent University Journal of Education, 20–28.
Farihah, I. (2013). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Membangun Keberagamaan Anak Jalanan. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 145–164.
Fauziah, N. (2010). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. UIN Sunan Kalijaga. 104
Hille, K., & Cho, Y. (2020). Placement testing: One test, two tests, three tests? How many tests are sufficient? Language Testing, 37(3), 453–471. https://doi.org/10.1177/0265532220912412
Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar kependidikan: komponen MKDK (Cetakan 8). Rineka Cipta.
Ilyan, A. F. M. (1992). Al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa Tharaiq Tadrisiha. Dar al-Muslim
Li al-Nasyr wa al-Tauzi.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR, 3.
Maharani, M. S., & Putro, N. H. P. S. (2021). Evaluation of TOEFL preparation course program to improve students’ test score. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(1). https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.39375
Mardapi, D. (n.d.). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan / Prof. Djemari Mardapi, Ph.D | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Retrieved September 28, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1163482
Marsudi. (2003). Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. UNM Press.
Marzuki. (2011). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Nilai Mahasiswa dengan Uji Permutasi.
11(1), 39–50.
Maxmanroe, & Blog. (2018). Pengertian Lembaga Adalah, Serta Perbedaan Lembaga dengan
Organisasi. https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-lembaga.html
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods
Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Mortensen, J. K., Nyland, N. K., Fullmer, S., & Eggett, D. L. (2002). Professional involvement is associated with increased job satisfaction among dietitians. Journal of the American Dietetic Association, 102(10), 1452–1454. https://doi.org/10.1016/S0002-8223(02)90321-4
Muhajir, M., & Madjid, M. N. (2021). The Importance of TOAFL in Improving the Language Skills of Arabic Language Education of Sixth Semester Students at Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 518(ICoSIHESS 2020), 253–257. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.132
Mutrofin. (2010). Evaluasi Program, Teks Pilihan Untuk Pemula. Lakesbang Pressindo.
Noermanzah. (2019). Language as a communication tool, mind image, and personality. National
Seminar on Language and Literature Education, 306–319. 105

Pelatihan, D. P. K. dan. (2018). Data dan informasi kursus dan pelatihan 2018.
Prayitno., & Anti, Erman. (2004). Dasar-dasar bimbing dan konseling \ (Cet. 2). Rineka Cipta.
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. intro - PDF Drive. (n.d.). Retrieved September 28, 2022, from https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode- penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html
Rohman, F., Pd, M., Setyabudi, M. A., & Pd, M. I. (2021). Pendampingan Persiapan Mengikuti Seleksi Studi Ke Timur Tengah Terhadap Peserta Didik MASS Tebuireng. http://portaltiga.com/ini-tips- lulus-seleksi-dan-kumpulan-soal-tes-kuliah-timur-tengah/.
Rosiana Dewi, L., & Kartowagiran, B. (2018). An evaluation of internship program by using Kirkpatrick evaluation model *1. 4(2), 155–163. http://journal.uny.ac.id/index.php/reid
Sa’diyah, H., & Abdurahman, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Penelitian Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 51–69. https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1665
Sintiawati, R., Wibawa, B., Sista, J., Jurusan, S., Rias, T., & Kosmetika, &. (2018). Evaluasi Program Kursus Keterampilan di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Karya Jelita Kota Bandung, Jawa Barat (Penerapan Model Evaluadi CIPPO. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3, 122– 134.
Siregar, I. A. (2022). Integrated curriculum model between language development center and ma’had al-jami’ah for arabic language environment. International Journal of Arabic Language Teaching, 4(01), 36. https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i01.4645
Soenarto, S. (1995). Berbagai Model Evaluasi Program. Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-
Bass.
Sudjana, H. D. (2004). Pendidikan Nonformal : wawasan, sejarah perkembangan, filsafat dan teori
pendukung, serta Asas (Cetakan Ke). Falah Production.
Sudjana, N. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar (Cetakan 3). Sinar Baru bandung. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
106

Sukjaya, Y., & Suherman, E. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melakukan Evaluasi Pendidikan Matematika. Wijayakusumah.
Taherdoost, H. (2018). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/SSRN.3205040
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Angkasa Bandung.
Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program. Rineka Cipta.
Topno, H. (2012). Evaluation of training and development: an analysis of various models. IOSR Journal of Business and Management, 5(2), 16–22. https://doi.org/10.9790/487x-0521622
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
Wahab, M. A. (2015). Tingkat validitas dan reliabilitas TOAFL. Ringkasan Hasil Penelitian Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Yuberti, Mujib, & Netriwati. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. IAIN Raden Intan.
citation:   Fikriyah, Nurul and Istiyono, Edi  (2023) Evaluasi Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab Lembaga Ikanu Training Center dalam Upaya Persiapan Studi di Timur Tengah.  S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/79634/1/tesis-nurul%20fikriyah-21701251005.pdf