%0 Thesis
%9 S2
%A Fikriyah, Nurul
%A Istiyono, Edi
%B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
%D 2023
%F UNY:79634
%I Sekolah Pascasarjana
%K evaluasi program, pembelajaran bahasa Arab, program bimbingan belajar
%T Evaluasi Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab Lembaga Ikanu Training Center dalam Upaya Persiapan Studi di Timur Tengah.
%U http://eprints.uny.ac.id/79634/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program bimbingan belajar bahasa Arab mulai dari tahap persiapan hingga dampak yang terjadi pada lembaga Ikanu Training Center, meliputi: (1) objektif akhir dan objektif segera pada pelaksanaan program; (2) perencanaan program, kriteria tutor, kriteria peserta, ketersediaan sarana dan prasarana; (3) reaksi peserta tes terhadap program serta pelaksanaan pembelajaran; (4) hasil akhir peserta berupa skor pada program bimbingan belajar bahasa Arab.  Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran Sequential Exploratory (kualitatif dan kuantitatif). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIRO (Context, Input, Reaction, Outcome). Subjek penelitian terdiri dari direktur program, tiga tutor, dan 11 peserta bimbingan belajar pada angkatan ketiga pada periode Juni 2022 – April 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survey, observasi, dan dokumentasi. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas Aiken melalui expert judgment. Data kuantitatif dianalisis menggunakan deskripsi persentase, dan data kualitatif dianalisis melalui tahapan kondensasi data, paparan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.  Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Komponen context yang berupa objektif akhir telah sesuai dengan standar pengelolaan lembaga dan kebutuhan peserta. (2) Input yang berupa perencanaan pembelajaran dirancang dengan silabus yang tersedia. Seluruh pengajar di Ikanu Training Center sudah termasuk ke dalam kualifikasi pengajar yang dibutuhkan oleh lembaga. Tidak terdapat kualifikasi khusus pada penerimaan calon peserta. Sarana dan prasarana telah memenuhi standar yang tercantum pada lembaga kursus dan pelatihan bahasa. (3) Reaksi kepuasan peserta terhadap program telah termasuk ke dalam kategori puas, sedangkan reaksi terhadap proses pembelajaran termasuk ke dalam kategori baik, mulai dari pembelajaran muhadasah, kitabah, dan qiroah. (4) Outcome yang menjadi tolak ukur dalam penilaianpeningkatan peserta tidak dapat dipaparkan karena lembaga tidak menyediakan latihan-latihan khusus dalam upaya mengetahui keberhasilan belajar para peserta kursus.