eprintid: 79627 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/27 datestamp: 2023-11-23 08:29:14 lastmod: 2023-11-23 08:29:14 status_changed: 2023-11-23 08:29:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraheni, Benedicta Rani creators_name: Widihastuti, Widihastuti title: Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter “KD 3PS” di SD dengan Permainan Tradisional. ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: karakter, pengembangan, sekolah dasar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian karakter KD 3PS untuk peserta didik sekolah dasar (SD) kelas 4 dan 5, (2) mengungkapkan kualitas instrumen yang dihasilkan, (3) mengungkapkan karakteristik instrumen yang dikembangkan, (4) mengungkapkan kepraktisan instrumen yang dikembangkan (5) mengungkapkan hasil pengukuran karakter KD3PS peserta didik kelas 4 dan 5 SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan sembilan langkah meliputi: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) mencari teoriyang relevan, (3) menyusun indikator butir instrumen, (4) menyusun butir instrumen, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan saran dari validator, (7) melakukan uji coba kepada responden, (8) melakukan analisis, dan (9) merakit instrumen. Subjek uji coba yakni 258 peserta didik kelas 4 dan 5 SD di Kecamatan Pandak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu SD negeri yang berada di Kecamatan Pandak dan memiliki peserta didik kelas 4 dan 5 masing-masing dua kelas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis validitas menggunakan formula Aiken’s V dan CFA, dan analisis reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan ICC. Analisis GRM dilakukan untuk mengetahui karakteristik instrumen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk pengembangan instrumen yang dikembangkan berdasarkan enam aspek yakni: bijaksana,humanis, berani, adil, bisa meregulasi diri, dan spiritual. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat baik. (3) Hasilkarakteristik instrumen menggunakan IRT model GRM diketahui instrumen dapatmengukur karakter peserta didik dengan rentang kemampuan yang cukup luas. (4)Instrumen yang dikembangkan praktis untuk digunakan. (5) Profil karakter KD3PS peserta didik SD di Kecamatan Pandak berada pada tahap mulai berkembang dan sudah berkembang. date: 2023-08-14 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. In Perdana Publishing (Vol. 53, Issue 9). https://www.academia.edu/35106986/BUKU_EVALUASI_PEMBELAJAR AN_pdf Anderson, L., & Glover, D. R. (2017). Building Character, Community, and a Growth Mindset in Physical Education: Activities That Promote Learning and Emotional and Social Development. Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029 Astuti, N. D. G. A. N. (2021). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41335 BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, 1–59. Boud, D. (2005). Enhancing Learning Through Self-assessmen. RouledgeFalmer. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=_fWOAQAAQBAJ&oi=fn d&pg=PP1&dq=Self- assessment&ots=pOhI53MB1X&sig=HKIXSjcLuDc1lnN4B3FRN7Q2New &redir_esc=y#v=onepage&q=Self-assessment&f=false Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387- 09506-6 Brown, T. A. (2015). Confirmatory Factor Analysis for Applied Research. In The American Statistician (2nd ed., Vol. 62, Issue 1). THE GUILFORD PRESS. https://doi.org/10.1198/tas.2008.s98 98 Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran Skala Likert (The Measurement Scale in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. Darmayanti, S. E. U. B. W. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721 Dewi, K. Y. F. N. L. Y. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Permainan Tradisional Anak. DAIWI WIDYA, 3, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37637/dw.v3i3.63 Dewi, N. R., Saputri, E., Nurkhalisa, S., & Akhlis, I. (2020). The effectiveness of multicultural education through traditional games-based inquiry toward improving student scientific attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042051 Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181 Efendi, R. A. R. N. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. CV. PENERBIT QIARA MEDIA. https://books.google.nl/books?hl=id&lr=&id=LfJ2EAAAQBAJ&oi=fnd&pg =PA1&dq=pendidikan+karakter+di+sekolah&ots=MJ12fX2V87&sig=zy4i4 nAZYaF7jQ_4BhQBossRaME&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false Erlin, E. (2022, May 29). Klitih Berdarah di Yogyakarta, Seorang Pelajar Kembali Tewas di Tangan Geng Motor. Okezone.Com. https://news.okezone.com/read/2022/05/29/510/2602021/klitih-berdarah-di- yogyakarta-seorang-pelajar-kembali-tewas-di-tangan-geng-motor Euis, K. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosisal Anak. PRENADAMEDIA GROUP. https://books.google.co.id/books?id=- eRNDwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false Fadilah, et al. (2021). Pendidikan karakter (M. I. A. Fathoni (ed.); 1st ed.). CV. 99 AGRAPANA MEDIA. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58 Faiz, A. B. S. I. K. P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230 Fathinnaufal, M., & Hidayati, D. (2020). The Implementation of Character Education In Elementary School. Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.33369/jeml.v1i2.11687 Fitri, M., Nur, H. A., & Putri, W. (2020). The Commemoration of Independence Day: Recalling Indonesian Traditional Games. Frontiers in Psychology, 11(December). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.587196 Gunarsa, P. D. S. D., & Gunarsa, D. Y. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. In PT. BPK Gunung Mulia (p. 263). PT BPK Gunung Mulia. Hafina, A., Nur, L., & Malik, A. A. (2022). The development and validation of a character education model through traditional games based on the Socratic method in an elementary school. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 404–415. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.46125 Hair, J., Anderson, R., Babin, B., & Black, W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758). Hakam, K. A. (2018). Tradition of value education implementation in indonesian primary schools. Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 295– 318. https://doi.org/10.17499/jsser.98315 Hamzuri; Tiarma R S. (1998). Permainan Tradisional Indonesia (Hamzuri; Tiarma R S (ed.)). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jendral Kebudayaan Direktorat Permuseuman. Haryono, S. (2016). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen Amos Lisrel PLS. PT. Intermedia Personalia Utama. Hidayati, N. N. (2020). Indonesian Traditional Games: a Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom. Istawa : 100 Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 81. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2475 Isnanto; Abdullah, G., & Hariah, U. M. (n.d.). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern (Kedua). UNY Press. Jamaluddin, A. Bin, Zubaidah, S., Mahanal, S., & Gofur, A. (2022). Exploration of the Indonesian Makassar-Buginese Siri’ educational values: The foundation of character education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 10–19. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21670 Jensen, E. (2011). Brain Based Learning: Pembelajaran berbasis kemampuan otak. Pustaka Pelajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penilaian Pendidikan: Sistem Penilaian Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Kertamuda, M. A. (2015). Golden Age - Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas pada Anak Usia Dini. PT Gramedia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Jk9JDwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PP1&dq=masa+golden+age+anak&ots=sPrFQghSHD&sig=h9rkz3jgA 1xXxUqewI0A-N7aHtg&redir_esc=y#v=onepage&q=masa golden age anak&f=false Laksana, D. N. L. E. Y. A. K. A. S. E. I. N. R. R. M. D. N. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Budaya (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kSwnEAAAQBAJ&oi=fnd &pg=PP1&dq=pembelajaran+berbasis+budaya&ots=u6ocuEjaRe&sig=bSv UbJZiO6IUjGboazsZtJN-K5w&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran berbasis budaya&f=false Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 102–110. 101 https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10206/Makalah 13 Arina Manasikana.pdf?sequence=1&isAllowed=y Marzano, R. J. (2012). Teaching & Assessing 21st Century Skills. United States of America. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=6l0WBwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PT11&dq=21+century+skills&ots=kgWYsCZaQh&sig=G6373q92aET rsJr60YHtJ4MQPuY&redir_esc=y#v=onepage&q=21 century skills&f=false Marzuki; Samsuri. (2022). The strategy of three education centers for strengthening character education in Indonesia in the era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1), 119–133. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/40325 Mulyana, Y. A. S. L. (2019). Permainan Tradisional. SALAM INSAN MULIA. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=OyPkDwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PR1&dq=permainan+tradisional&ots=yJHXC3XLa6&sig=XvXnlcsJru svFf-WkxL_oxlfY6c&redir_esc=y#v=onepage&q=permainan tradisional&f=false Naga, D. S. (1992). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Universitas Gunadharmma. Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389 Novianti, N. (2022). Indonesian Folk Narratives: On the Interstices of National Identity, National Values, and Character Education. Journal of Ethnology and Folkloristics, 16(1), 99–116. https://doi.org/10.2478/jef-2022-0006 Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Second Edition Second Edition. In P. A. Alexander (Ed.), Dairy Science & Technology, CRC Taylor & Francis Group (Second, Issue June). Routledge. Nugraheni, B R, G. A. N. I. K. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Guna Menumbuhkan Karakter Toleran Anak Usia 6-8 Tahun. 102 Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 593–607. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.8970 Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631 P21. (2019). Partnership for 21st Century Learning. In Framework for21" century learning (p. 9). Pearson, Q. M., & Nicholson, J. I. (2000). Comprehensive Character Education in the Elementary School: Strategies for Administrators, Teachers, and Counselors. The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development, 38(4), 243–251. https://doi.org/10.1002/j.2164- 490x.2000.tb00085.x UU No 17 Tahun 2007, 363 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39830 Perinetti, G. (2018). StaTips Part IV: Selection, interpretation and reporting of the intraclass correlation coefficient. South European Journal of Orthodontics and Dentofacial Research, 5(1). https://doi.org/10.5937/sejodr5-17434 Peterson, C., & Seligman, M. E. (2004). Character Strenghts and Virtues. In American Journal of Psychiatry. Prastiwi, M. (2021, October 25). Data KPAI: Kasus Perundungan Paling Banyak Terjadi pada Siswa SD. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/25/112503471/data-kpai-kasus- perundungan-paling-banyak-terjadi-pada-siswa-sd?page=all Rachmawati. (2022, April 10). Klitih Yogyakarta, dari Pertikaian Pelajar yang Berkembang Jadi Kejahatan Jalanan. Kompas.Com. https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/10/150500578/klitih- yogyakarta-dari-pertikaian-pelajar-yang-berkembang-jadi- kejahatan?page=all Retnawati, H. (2014). Teori Respon Butir dan Penerapannya. Nuha Medika. 103 Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). Parama Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=brRoEAAAQBAJ&oi=fnd &pg=PP1&ots=tZfF6ai9J6&sig=alTYxSjwI- WQ59uKnqkdzf2_IKs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197 Sari, R. (2023). Penilaian Hassil Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. CV. EUREKA MEDIA AKSARA. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf Sari, R. N., & Andriani, S. (2019). Penggunaan Graded Response Models ( Grm ) Dalam. Prosiding Seminar ..., 175–188. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/4307 Satria, R. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA. Sethar, W. A., Pitafi, A., Bhutto, A., Nassani, A. A., Haffar, M., & Kamran, S. M. (2022). Application of Item Response Theory (IRT)-Graded Response Model (GRM) to Entrepreneurial Ecosystem Scale. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095532 Simamora, M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya Untuk Karakter Toleransi Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 635–648. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410 Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publishing. Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama (Pertama). KENCANA. 104 https://books.google.co.id/books?id=EBZNDwAAQBAJ&printsec=frontcov er#v=onepage&q&f=false Supinah, & Parmi, I. T. (2011). PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Kementrian Pendidikan Nasional. https://repositori.kemdikbud.go.id/14894/1/17.PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER....pdf Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411 Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 280–288. Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., Kiska, N. D., & Damayanti, L. (2022). Teaching Primary School Students through Local Cultural Games for Improving Positive Characters. International Journal of Instruction, 15(3), 1047–1078. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15356a Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116 Tama, A. M., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2018). Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 91. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2041 Widihastuti. (2011). Membangun Karakter Bangsa Yang Wonderful Dengan Filsafat Pancasila. Seminar Nasional Wonderful Indonesia, 619–631. Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5479 Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen 105 Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54. citation: Nugraheni, Benedicta Rani and Widihastuti, Widihastuti (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter “KD 3PS” di SD dengan Permainan Tradisional. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79627/1/tesis-benedicta%20rani%20nugraheni-21701251008.pdf