@phdthesis{UNY79627, school = {Sekolah Pascasarjana}, year = {2023}, month = {August}, author = {Benedicta Rani Nugraheni and Widihastuti Widihastuti}, title = {Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter ?KD 3PS? di SD dengan Permainan Tradisional.}, keywords = {karakter, pengembangan, sekolah dasar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/79627/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian karakter KD 3PS untuk peserta didik sekolah dasar (SD) kelas 4 dan 5, (2) mengungkapkan kualitas instrumen yang dihasilkan, (3) mengungkapkan karakteristik instrumen yang dikembangkan, (4) mengungkapkan kepraktisan instrumen yang dikembangkan (5) mengungkapkan hasil pengukuran karakter KD3PS peserta didik kelas 4 dan 5 SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan sembilan langkah meliputi: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) mencari teoriyang relevan, (3) menyusun indikator butir instrumen, (4) menyusun butir instrumen, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan saran dari validator, (7) melakukan uji coba kepada responden, (8) melakukan analisis, dan (9) merakit instrumen. Subjek uji coba yakni 258 peserta didik kelas 4 dan 5 SD di Kecamatan Pandak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu SD negeri yang berada di Kecamatan Pandak dan memiliki peserta didik kelas 4 dan 5 masing-masing dua kelas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis validitas menggunakan formula Aiken?s V dan CFA, dan analisis reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan ICC. Analisis GRM dilakukan untuk mengetahui karakteristik instrumen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk pengembangan instrumen yang dikembangkan berdasarkan enam aspek yakni: bijaksana,humanis, berani, adil, bisa meregulasi diri, dan spiritual. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat baik. (3) Hasilkarakteristik instrumen menggunakan IRT model GRM diketahui instrumen dapatmengukur karakter peserta didik dengan rentang kemampuan yang cukup luas. (4)Instrumen yang dikembangkan praktis untuk digunakan. (5) Profil karakter KD3PS peserta didik SD di Kecamatan Pandak berada pada tahap mulai berkembang dan sudah berkembang.} }