<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkonstruksi instrumen penilaian kinerja keterampilan proses sains peserta didik SMA pada mata pelajaran Biologi, 2) mengungkapkan karakteristik butir instrumen penilaian kinerja keterampilan proses sains peserta didik SMA pada mata pelajaran Biologi, dan 3) mengungkapkan profil keterampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran Biologi.\r\nPenelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate) dengan penggabungan bersama langkah-langkah pengembangan instrumen menurut Mardapi (2016). Tahap analyze terdiri dari analisis kebutuhan dan kajian teori yang relevan terkait instrumen yang dikembangkan; tahap design meliputi penyusunan tujuan serta kisi-kisi instrumen, serta penentuan skala penilaian dan sistem penskoran; tahap develop terdiri dari penulisan butir soal, validasi isi, uji coba instrumen, analisis hasil uji coba, dan merakit kembali instrumen; tahap implement terdiri dari pengukuran dan menafsirkan hasil pengukuran; serta tahap evaluate yaitu menganalisis dan menyimpulkan kelayakan instrumen baik sebelum dan sesudah implemtasi. Uji coba instrumen melibatkan 415 peserta didik yang telah mempelajari Bab Plantae dari empat SMA di Kabupaten Sumedang, sedangkan pengukuran melibatkan 65 peserta didik kelas 10 SMAN Cimanggung. Validasi isi dilakukan oleh expert dengan menggunakan validasi Aiken’s V, sedangkan validasi konstruk dibuktikan melalui Confirmatory Factor Analysis. Karakteristik butir dianalisis menggunakan teori respons butir model GPCM (Generalized Partial Credit Model).\r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruksi instrumen penilaian kinerja keterampilan proses sains yang dikembangkan terdiri dari 31 butir soal pilihan majemuk. Instrumen penilaian yang dikembangkan mengukur keterampilan mengamati, menginferensi, memprediksi, mengukur, mengklasifikasi, mengkomunikasi, menginterpretasi dan mendesain penyelidikan. (2) Karakteristik butir instrumen yang dikembangkan tersebut memiliki kualitas yang baik berdasarkan uji validasi isi dan validasi konstruk, keandalan instrumen, item fit, dan analisis teori respons butir model GPCM. Instrumen tersebut valid, andal, dan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. (3) Keterampilan proses sains peserta didik SMAN Cimanggung masuk kategori rendah (11%), sedang (75%), dan tinggi (14%)."^^ . "2023-08-02" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Aulia Hermawati"^^ . "Ulfah"^^ . "Aulia Hermawati Ulfah"^^ . . "Supahar"^^ . "Supahar"^^ . "Supahar Supahar"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Text)"^^ . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #79618 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi SMA.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Biologi"@en . .