eprintid: 79616 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/96/16 datestamp: 2023-11-23 03:27:36 lastmod: 2023-11-23 03:27:36 status_changed: 2023-11-23 03:27:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farida, Farida creators_name: Hamdi, Syukrul title: Pengembangan Instrumen Religiositas Peserta Didik Muslim di Sekolah Dasar. ispublished: pub subjects: B5 subjects: D1 subjects: studi_islam divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Peserta didik muslim, religiositas, sekolah dasar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan konstruk instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, (3) menghasilkan keefektifan instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, dan (4) mengidentifikasi profil religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen. Tahapan pengembangan pertama meliputi observasi dan pengkajian literatur terkait aspek- aspek religiositas, validasi item pernyataan melalui expert judgement, dan analisis menggunakan formula Aiken. Tahapan selanjutnya adalah uji coba terbatas di SD Negeri Kaliurang 1 dan SD Negeri Giriharjo, yang melibatkan peserta didik kelas V, meliputi lima peserta didik untuk uji keterbacaan dan 31 peserta didik untuk uji coba terbatas, dan dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis. Uji coba skala luas melalui teknik sampling stratified random sampling diperoleh subjek 472 peserta didik muslim kelas IV, V, dan VI SDIT, SD Muhammadiyah, dan SD negeri di Kabupaten Sleman, DIY dan dianalisis menggunakan validitas konstruk Confirmatory Factor Analysis. Untuk mengetahui perbandingan religiositas antara SD berbasis agama Islam dan umum digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen religiositas yang dikembangkan terdiri atas aspek religious belief, religious practice, dan religious experience. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan terbukti melalui validitas isi dengan menghasilkan 30 item pernyataan, validitas konstruk melalui EFA menghasilkan 20 item pernyataan, validitas konstruk melalui CFA menghasilkan 15 item pernyataan. Model konstruk religiositas memiliki model fit yaitu Chi Square 124,17, df = 101, p value = 0,058, indeks RMSEA = 0,042, indeks GFI = 0,89, indeks AGFI = 0,86, CFI = 0,94, NNFI/TLI = 0,93, dan RMR = 0,050. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,776 dan dinyatakan reliabilitas baik. (3) Keefektifan instrumen religiositas menghasilkan 50% guru mengganggap bahwa instrumen cukup praktis digunakan. (4) Profil religiositas peserta didik menunjukkan kategori sangat tinggi sebanyak 64,4%, kategori tinggi sebanyak 22,9%, kategori rendah sebanyak 6,9% dan kategori sangat rendah sebanyak 5,7%. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara SD berbasis agama Islam dan SD berbasis umum, terbukti dari uji independent sample t-test yang menghasilakan nilai Sig. (2-tailed) = 0,006 < 0,05. date: 2023-08-01 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Aditya, Y., Martoyo, I., Nurcahyo, F. A., Ariela, J., & Pramono, R. (2021). Factorial structure of the four basic dimensions of religiousness (4- BDRS) among Muslim and Christian college students in Indonesia. Cogent Psychology, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/23311908.2021.1974680 Agustian, M., Sikha Hilman, K., & Purwasi, R. (2022). Penerapan pendidikan multikultural di Sekolah Dasar berbasis agama Islam, Katolik, dan Buddha. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(2), 551– 559. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i2.15261 Aiken, L. R. (1985). Three coeffiecient for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0013164485451 Akbar, M. Y. A., Amalia, R. M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan relijiusitas dengan self awareness mahasiswa program studi bimbingan penyuluhan Islam (konseling) UAI (Vol. 4, Issue 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.304 Akrim, A., & Junaidi. (2021). A study of the role of religious development in childhood on psychological health in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–6. https://doi.org/10.4102/HTS.V77I4.6584 Amin, R. (2015). Pengembangan pendidikan agama Islam reinterpretasi berbasis interdisipliner. Pelangi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_PENDIDI KAN_AGAMA_ISLAM_Rein/HwpgDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq =sekolah+berbasis+agama&pg=PA231&printsec=frontcover Amir, Y. (2021). Pengembangan skala religiusitas untuk subyek muslim. Indonesian Journal for The Psychology of Religion, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.24854/ijpr403 Amrullah. (2016). Pendidikan habituasi ibadah anak. Didaktika Religia, 4, 1– 27. http://download.garuda.kemdikbud.go.id An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam dirumah, sekolah dan masyarakat, terjemahan Shihabuddin. Gema Insani Pres. 158 Ariffin, T., Khaiyom, A., & Rosli, M. (2022). Islam, Iman, and Ihsan: The role of religiosity on quality of life and mental health of Muslim Undergraduate Students. IMJM, 21, 146–155. https://doi.org/https://doi.org/10.31436/imjm.v21i3 Artanto, H. (2022). Pengembangan sistem penilaian afektif berdasarkan deteksi emosi pada gestur tubuh menggunakan deep learning [Fakultas Teknik]. Universitas Negeri Yogyakarta. Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi (Edisi Ke-3). Pustaka Pelajar. Dangerfield, D. T., Williams, J. E., Bass, A. S., Wynter, T., & Bluthenthal, R. N. (2019). Exploring religiosity and spirituality in the sexual decision- making of black gay and bisexual men. Journal of Religion and Health, 58(5), 1792–1802. https://doi.org/10.1007/s10943-019-00845-3 Dettori, J. R., & Norvell, D. C. (2020). Kappa and beyond: is there agreement? In Global Spine Journal (Vol. 10, Issue 4, pp. 499–501). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/2192568220911648 Diananda, A. (2018). Urgensi pendidikan karakter dalam pembentukan konsep diri anak. In ISTIGHNA (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.stit-islamic- village.ac.id/index.php/istighna El Hafiz, S., & Aditya, Y. (2021). Kajian literatur sistematis penelitian religiusitas di indonesia: istilah, definisi, pengukuran, hasil kajian, serta rekomendasi. Indonesian Journal for The Psychology of Religion, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.24854/ijpr428 El-Menouar, Y., & Stiftung, B. (2014). The five dimensions of muslim religiosity. results of an empirical study. 8(1), 53–78. https://doi.org/10.12758/mda.2014.003 Eva, F., Widihastuti, W., & Istiyono, E. (2022). Developing a google form- based instrument for measuring the spiritual attitude of the students class xi. jurnal pendidikan agama islam, 19(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-05 Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa SD (Vol. 2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589 Ferian, F. (2022). Pengaruh tingkat altruisme dan religiusitas terhadap resilensi guru IPS Se-DIY [Program Pascasarjana]. Universitas Negeri Yogyakarta. Frandani, M. (2023). Pembaruan sistem pendidikan Islam: Sekolah Islam Terpadu. Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.9360 159 Hafiz, S. El. (2021). Skala religiusitas muslim indonesia: mencari pengukuran aspek beragama yang valid. Jurnal Psikologi Islam, 8(1), 2549–9297. https://doi.org/10.47399/jpi.v8i1.131s Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (Seventh Ed). Pearson Education. Inc. Hambal, M. (2020). Pendidikan tauhid dan urgensinya bagi kehidupan muslim. In TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 9, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus Harerimana, A., & Mtshali, N. G. (2020). Using Exploratory and Confirmatory Factor Analysis to understand the role of technology in nursing education. Nurse Education Today, 92, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104490 Haryono, S. (2016). Metode SEM untuk penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Intermedia Personalia Utama. Hermawan, R. (2018). Pengajaran sholat pada anak usia dini perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301 Hidayah, M. A. (2022). Pengembangan instrumen penilaian karakter berbasis budaya sekolah pada siswa SMP. https://eprints.uny.ac.id/73260/1/tesis- murti%20ambarwati%20hidayah-18701251018.pdf Hidayat, A. (2018). Meta analisis pentingnya self dan peer assesment dalam pembelajaran. BASICEDU , 2(1), 95–101. http:// stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu pendidikan konsep, teori dan aplikasinya. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8064 Hill, P. C. (2005). Measurement in the Psychology of Religion and Spirituality Current Status and Evaluation. In R.F. Paloutzian, & C.L. Park (Eds), Handbook of the psychology of religion and spirituality. https://psipp.itb- ad.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/Raymond-F.-Paloutzian-PhD- Crystal-L.-Park-PhD-Handbook-of-the-Psychology-of-Religion-and- Spirituality-2005-The-Guilford-Press.pdf#page=40 Huber, S., & Huber, O. W. (2012). The Centrality of Religiosity Scale (CRS). Religions, 3(3), 710–724. https://doi.org/10.3390/rel3030710 Imtihan, N., Zuchdi, D., & Istiyono, E. (2017). Analisis problematika penilaian afektif peserta didik Madrasah Aliyah. Schemata, 6(1), 63–80. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/schemata.v6i1.836 160 Istiyono, E. (2020). Pengembangan instrumen penilaian dan analisis hasil belajar fisika degan teori tes klasik dan modern (Ngadimin & A. Yazid, Eds.; 2nd ed.). UNY Press. Jalaluddin. (2002). Psikologi agama. Raja Grafindo Persada. Jalaluddin. (2016). Psikologi Agama: Memahami perilaku dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi (Revisi 2). Raja Grafindo Persada. KBBI. (2022). Religiositas. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Religiositas. Kemendikbud. (2021). Profil Pelajar Pancasila. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan/a91 51c70-96fe-4594-aa38-e40e5d7ad237.pdf KemenPPPA, & Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Anak Indonesia 2019. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/25/2545/profile- anak-indonesia-tahun-2019 KemenPPPA, & Badan Pusat Statistik. (2021). Profil Anak Indonesia 2021. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/25/3826/profil- anak-indonesia-tahun-2021 Kementerian Agama. (2019). Keputusan Kementerian Agama (KMA) Nomor 183 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah. https://www.ayomadrasah.id/2019/08/kma-183-tahun-2019- kurikulum-pai-b-arab.html Kompas.com. (2022a, July). Kisah pilu bocah sd di tasikmalaya, di-bully, dipukuli, dipaksa setubuhi kucing, depresi lalu meninggal. Https://Bandung.Kompas.Com. Kompas.com. (2022b, September). Kronologi dan penyebab kematian santri pondok gontor, diduga dianiaya artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "kronologi dan penyebab kematian santri pondok gontor, diduga dianiaya. Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2022/09/06/. Kurniawan, H., & Nur Ariza, F. (2020). Sekolah Islam Terpadu perkembangan, konsep dan implementasi. Ittihad, 81–88. http://ejournal- ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/86 Lerner, R. M. (2018). Character development among youth: Linking lives in time and place. International Journal of Behavioral Development, 42(2), 267–277. https://doi.org/10.1177/0165025417711057 161 Lovat, T. (2016). Islamic morality: Teaching to balance the record. Journal of Moral Education, 45(1), 1–15. Madjid, A., Sutoyo, D. A., & Shodiq, S. F. (2021). Academic procrastination among students: The influence of social support and resilience mediated by religious character. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 56–69. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.34641 Mahanani, C., Susanto, M. R., & Mahanani, T. (2020). Pengembangan instrumen penilaian diri pada siswa tata busana di Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36491 Mahfud. (2021). Hukuman dalam hadis tentang perintah sholat (tinjauan sosiologi dan psikologi pendidikan islam). Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2. http://jurnal.stai- alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa Mahudin, N. D. M., Noor, N. M., Dzulkifli, M. A., & Janon, N. S. (2016). Religiosity among Muslims: A Scale Development and Validation Study. Makara Human Behavior Studies in Asia, 20(2), 109. https://doi.org/10.7454/mssh.v20i2.3492 Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan (2nd ed.). Parama Publishing. Mardikarini, S., & Hamdani, F. (2019). pelaksanaan penilaian pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Tapak. In Jurnal KONTEKSTUAL (Vol. 01, Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i4.2398 Maskur, A. (2019). Hubungan antara tingkat religiusitas orang tua dengan religiusitas siswa. DIRASAH, 2(1). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah McMenemy, D., & Buchanan, S. (2019). Character building in children’s online information behaviours: Applying a virtue epistemology perspective to information literacy. Communications in Computer and Information Science, 989, 73–82. https://doi.org/10.1007/978-3-030- 13472-3_7 Mehta, C. R., & Pate, N. R. (2013). IBM SPSS Exact Test. cytel software corporation and harvard school of public health. Ministry of Education and Culture. (2016). Permendikbud No. 23. Year 2016 on education assessment standards. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224434/permendikbud-no-23- tahun-2016 162 Mogias, A., Boubonari, T., Realdon, G., Previati, M., Mokos, M., Koulouri, P., & Cheimonopoulou, M. T. (2019). Evaluating ocean literacy of elementary school students: Preliminary results of a cross-cultural study in the Mediterranean Region. Frontiers in Marine Science, 6(JUL), 1–14. https://doi.org/10.3389/fmars.2019.00396 Mubarok Tambak, H., Rajab, H., & Faisal, M. (2022). Dinamika kelembagaan pendidikan Islam (perbandingan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu). Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3109 Mustadi, A., Fauzani, A., & Rochmah, K. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132326888/penelitian/Buku%20Landas an%20Pendidikan%20Sekolah%20Dasar_UNY%20Press.pdf Najoan, D. (2020). Memahami hubungan religiusitas dan spiritualitas di era milenial. Educatio Christi. , 1(1), 64–74. https://ejournal.teologi- ukit.ac.id/index.php/educatio-christi/article/view/11 Nashori, H. F., & Diana, R. R. (2018). Pengalaman keagamaan para guru pendidikan agama islam. Jurnal Psikologi Islami, 4(Desember), 91–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.6.2.1-11 Nasution, H. (1995). Islam regional . Rajawali Press. Norfai. (2022). Analisis data penelitian (analisis univariat, bivariat dan multivariat) (Nur Fahmi, Ed.). Penerbit Qiara Media. Novaes, D. C., Grassi, M. de F., Nascimento, T. F., Novelli e Castro, M. C., & Jensen, R. (2022). Religious practice in the pandemic of COVID-19 and the nursing diagnoses. International Journal of Nursing Knowledge, 33(3), 225–233. https://doi.org/10.1111/2047-3095.12352 Nugraheni, M. M., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2021). Penilaian afektif dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i2.8233 Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggungjawab dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825 163 Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan agama anak usia dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.7983 Olufadi, Y. (2017). Muslim Daily Religiosity Assessment Scale (MUDRAS): A new instrument for Muslim religiosity research and practice. Psychology of Religion and Spirituality, 9(2), 165–179. https://doi.org/10.1037/rel0000074 Parhan, M. (2020). Aktualisasi peran ibu sebagai madrasah pertama dan utama bagi anak di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193 Permendikbudristek. (2022). Permendikbudristek No_21 Tahun 2022_ Standar Penilaian Pendidikan (jdih.kemdikbud.go.id) (1). 3–5. http.kemdikbud.go.id Purnomo, F. H., Bk, G., Pelajar, B., Suryadi, B., Psikologi, F., Syarif, U., & Jakarta, H. (2017). Uji validitas konstruk pada instrumen religiusitas dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA): Vol. VI (Issue 2). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38169 Rahma Gusti, A., Afriansari, Y., Verta Sari, D., & Walid, A. (2020). Penilaian afektif pembelajaran daring IPA terpadu dengan menggunakan media whatsapp. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics , 2(2). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction Riduwan. (2018). Metode dan teknik menyusun tesis (11th ed.). Alfabeta. Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885 Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian ranah afektif dalam bentuk penilaian skala sikap untuk menilai hasil belajar. In Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan (V ol. 7). https://doi.org/https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164 Saifuddin, A. (2019). Psikologi Agama: implementasi psikologi untuk memahami perilaku beragama (F. Irfan, L. Novita, & Iam, Eds.; 2nd ed.). Kencana. 164 Sari, E. D. K., Rustam, A., & Yunita, L. (2021). Pengembangan insrumen penelitian sosial (konsep, tahapan dan contoh instrument, analisis data menggunakan spss dan m-plus, dan Winsteps) (Tim Kun Fayakun, Ed.). Kun Fayakun Anggota Ikapi. https://www.researchgate.net/publication/353729699 Saroglou, V., & Cohen, A. B. (2011). Psychology of culture and religion: Introduction to the JCCP special issue. Journal of Cross-Cultural Psychology, 42(8), 1309–1319. https://doi.org/10.1177/0022022111412254 Shah. (2004). Slef religiosity, Father’s attitude and religious Education in the moral behaviour of Adolescents. Journal Psycology and Developing Societes, 2, 189–205. Sinta, T., Adi Rahayu, V., Haryani, S., & Herlina Dewi, S. (2019). Keefektifan pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Chemistry in Education, 8(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined Sunarso, A. (2020). Revitalisasi pendidikan karakter melalui internalisasi pendidikan agama islam (PAI) dan budaya religius. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23609 Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas konsep, pengukuran, dan implementasi di indonesia (Cetakan Perama). Bibliosmia Karya Indonesia. Suryadi, B., Hayat, B., & Putra, M. D. K. (2020). Evaluating psychometric properties of the Muslim Daily Religiosity Assessment Scale (MUDRAS) in Indonesian samples using the Rasch model. Mental Health, Religion and Culture, 23(3–4), 331–346. https://doi.org/10.1080/13674676.2020.1795822 Tarliany, E., Sajidan, S., & Karyanto, P. (2019). Keefektifan produk pengembangan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan kognitif siswa (menurut taksonomi bloom yang terevisi) pada materi protista. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 72. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31818 Taufiq, A. (2022). Modul Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Tausih, T. U., & Marno, M. (2021). Pelaksanaan penilaian ranah afektif menggunakan google form di era new normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270 165 Triyono, Sunarto, & Lestari, W. (2019). Need analysis in the development of tolerance attitude assessment instrument in android-based ppkn learning. In Journal of Educational Research and Evaluation (Vol. 8, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere Ulfa, R. itsna. (2019). Implementasi instrumen penilaian sikap di SDN Gunungsaren Bantul. P ALAP A Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 252–266. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa Vandell, D. L., Larson, R. W., Mahoney, J. L., & Watts, T. W. (2015). Children’s organized activities: handbook of child psychology and developmental science. https://www.academia.edu/download/42944914/Childrens_Organized_ Activities20160222-29562-ca3qmq.pdf Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah berbasis agama Islam. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1). https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/301 Zinnbauer, B. J., & Pargament, K. I. (2005). Religiousness and spirituality. In R.F. Paloutzian, & C.L. Park (Eds), Handbook of the psychology of religion and spirituality. https://psipp.itb-ad.ac.id/wp- content/uploads/2020/10/Raymond-F.-Paloutzian-PhD-Crystal-L.-Park- PhD-Handbook-of-the-Psychology-of-Religion-and-Spirituality-2005- The-Guilford-Press.pdf#page=40 citation: Farida, Farida and Hamdi, Syukrul (2023) Pengembangan Instrumen Religiositas Peserta Didik Muslim di Sekolah Dasar. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79616/1/tesis-farida-21701251002.pdf