eprintid: 79523 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/95/23 datestamp: 2023-11-20 04:31:52 lastmod: 2023-11-20 04:31:52 status_changed: 2023-11-20 04:31:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maryadi, Totok Heru Tri creators_name: Soenarto, Soenarto title: Pengembangan Model Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berorientasi Keterampilan Kerja untuk Pendidikan Vokasional. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: model pembelajaran PLTH, Keterampilan Kerja, Pendidikan Vokasional. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional; (2) perangkat model yang berupa modul pembelajaran; (3) model pembelajaran PLTH yang layak; (4) modul pembelajaran PLTH yang layak; (5) modul pembelajaran PLTH yang baik berdasarkan respon mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Jenjang D4; (6) efektivitas penerapan model pembelajaran PLTH; (7) konsep model pembelajaran PLTH. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dari Robert Maribe Branch, dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dan perancangan dilakukan evaluasi terhadap hasil analisis dan hasil perancangan oleh ahli dari industri dan dosen. Pada tahap pengembangan dilakukan evaluasi hasil pengembangan oleh 4 ahli materi, dan 5 ahli media melalui focus group discussion. Tahap implementasi dilakukan dengan ujicoba produk dan meminta tanggapan mahasiswa sebagai calon pengguna. Pengumpulan data melalui observasi, dan survei, dengan instrumen lembar observasi, dan angket. Validasi instrumen melalui expert judgement. Validitas isi dihitung dengan indek Aiken. Reliabilitas angket mahasiswa dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Reliabilitas angket penilaian ahli menggunakan koefisien kesepakatan dari Scott. Pengujian efektivitas model dilakukan dengan quasi experiment jenis Non-equivalent Group Design. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data hasil penelitian dilanjutkan dengan membandingkan peningkatan hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan kerja pada kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol dengan perhitungan Mann Whitney. Hasil penelitian adalah: (1) Produk model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional yang diberi nama Pro2FS; (2) Produk modul pembelajaran; (3) Kelayakan model pembelajaran PLTH yang dihasilkan mendapatkan penilaian sebesar 92,84% termasuk dalam kategori sangat layak; (4) Kelayakan modul pembelajaran mendapat penilaian dari ahli media sebesar 93,43% termasuk dalam kategori sangat layak; sedangkan menurut ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 94,28% termasuk dalam kategori sangat layak; (5) Respon mahasiswa terhadap modul pembelajaran PLTH adalah 80,95% termasuk kategori baik; (6) model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional efektif untuk meningkatkan kompetensi pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan kerja; (7) Model Pembelajaran Pro2FS memiliki tahapan pemberian masalah; membuat kelompok, diskusi kelompok; presentasi; impelementasi proyek riil atau dengan simulasi; evaluasi; pelaporan dan penilaian. date: 2023-08-03 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi referencetext: Agustina, N. K. D., Damayanti, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI, 4(5). Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi IISIP YAPIS BIAK). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63–72. Aminah, A. N. (2019, November). Sektor Ketenagalistrikan akan Kekurangan 35 Ribu Pekerja. Republika.co.id. Anderson, & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing a Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman. Apriando, T. (2013). Jogja Makin Istimewa dengan Tenaga Listrik Hijau dari Alam Raya. Diambil dari https://www.mongabay.co.id/2013/05/04/jogja-makin-istimewa- dengan-tenaga-listrik-hijau-dari-alam-raya/ Apriando, T. (2014). Pembangkit Listrik Hybrid Bantul, Solusi Kedaulatan Energi Berkelanjutan. https://www.mongabay.co.id/2014/05/07/ pembangkit-listrik-hybrid- bantul-solusi-kedaulatan-energi-berkelanjutan/. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Badan Pusat Statistik. (2021). Listrik Yang Didistribusikan Kepada Pelanggan (GWh). Diambil 19 Juni 2023, dari https://www.bps.go.id/indicator/7/314/1/listrik-yang- didistribusikan-kepada-pelanggan.html Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem-Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. In Procedia Manufacturing (V ol. 32, hal. 339–347). https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223 Bappenas. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil , dan Makmur. Kementrian PPN / Bappenas. Jakarta. Diambil dari https://www.bappenas.go.id/files%0A/Visi Indonesia 2045/Dokumen%0Alengkap 2045_final. Bennett, T. M. (2006). Defining the Importance of Employability Skillsin Career/Technical Education. Auburn, Alabama: The Graduate Faculty of Auburn University. Bevan, N., & Sharon, T. (2009). Field Study. Diambil dari http://www.usabilitybok.org/field-study Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Springer Science Business Media. Burden, P. r., & Byrd, D. M. (1999). Methods For Effective Teaching. Masachusetts: Allyn and Bacon. Cassidy, A. (2006). Pracatical Guide To Information System Strategic Planning (2nd Editio). New York, USA: Auerbach Publication. CCRS Center, GTL Center, R. I. (2016). Integrating Employability Skills: A Framework for All Educators Handouts. Washington DC. Chicago Public Schools. (n.d.). CTE Employability Assessment. Chicago. Chomsin, W. S., & Jasmadi. (2008). Panduan menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Conference Board of Canada (CBC). (2000). Employability skills 2000+. Diambil dari http://www.conferenceboard.ca/education/learningtoo%0Als/pdfs/esp2000.pdf Curtis, D. (2004). International perspective of generic skills. In In Gibb (Ed) Generic Skills in vocational education and training: research readings. Adelaide, Australia: National Centre for Vocational Education Research (NCVER). Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi. Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. (2019). Statistik Ketenagalistrikan 2018. Jakarta. Educational Technology Division Ministry of Education Malaysia. (2006). Project-Based Learning Handbook, “Educating the Millennial Learner.” Malaysia. Fajaryati, N., Budiyono, Akhyar, M., & Wiranto. (2020). The Employability Skills Needed To Face theDemands of Work in the Future: SystematicLiterature Reviews. Open Engineering, 10(1), 595–603. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/eng- 2020-0072 Fajaryati, N., Budiyono, M. A., & Wiranto. (2020). The Employability Skills Needed To Face the Demands of Work in the Future: Systematic Literature Reviews. Journal Open Engineering, 10(1), 595–603. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/eng- 2020-0072 Forsyth, D. R. (2010). Group Dynamics, 5th Ed. Belmont: Wadsworth, Cengage Learning. Franita, R. (2016). Analisa pengangguran di indonesia. Jurnal Ilmu Pengetah. Sos, 1. 200 Group, world B. (2015). Education Global Practice Ski ls for Jobs in the 21 st Century. Diambil dari worldbank.org/education Gunter, et. A. (1990). Instruction: A Models Approach. Boston: MA Allin and Bacon. H., R. P., Estriyanto, Y., & Rohman, N. (2013). Efektivitas Penerapan Blended Learning (Classical Learning, E-Learning, Dan Field Study) Pada Mata Kuliah Body Otomotif di Program Studi PTM JPTK FKIP UNS Surakarta Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2). Hamalik, O. (1986). Media Pendidikan. Bandung: Alumni. Hanafi, I. (2012). Re-Orientasi Keterampilan Kerja Lulusan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–115. Hanafi, I. (2014). Pendidikan Teknik & Vokasional: Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran, dari Konsep Hingga Implementasi. Bandung: Refika Aditama. Hasanah, U., & Armanda, D. (2021). Analisis Dampak Bonus Demografi Terhadap Kesempatan Kerja di Propinsi Aceh. Asia-Pacific Journal of Public Policy, 02, 55– 66. https://doi.org/10.52137/apjpp.v7i2.68 Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J. D. (1982). Instructional Media: and the New Technology of Instruction. New York: Jonh Wily and Sons. Humas EBTKE. (2022). Dirjen EBTKE: 1 MW Pembangkit EBT Butuh 30 Tenaga Kerja Baru. Diambil 19 Juni 2023, dari https://ebtke.esdm.go.id/post/2022/02/10/3080/dirjen.ebtke.1.mw.pembangkit.ebt.b utuh.30.tenaga.kerja.baru Husain, M. Y., Mokhtar, S. B., Ahmad, A. A., & Mustapha, R. (2010). Importance of Employability Skills from Employers’ Perspective. In Procedia - Social and Behavioral Sciences (V ol. 7, hal. 430–438). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.059 Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen. (Sudirman, Ed.). Lombok Barat: Nashir Al- Kutub Indonesia. Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud. Keputusan Menteri ESDM Nomor 143K/20/MEM/2019. (2019). Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2038. Jakarta: Kementerian ESDM. Landy, F. J., & Conte, J. M. (2010). Work in The 21st Century : an Introduction to Industial and Organizational Psychology (3rd Editio). New Jersey, United States of America: John Wiley & Sons, Inc. Lankard, B. A. (1990). Employability—The Fifth Basic Skill. Diambil dari https://eric.ed.gov/?id=ED325659 Louw, L., & Deacon, Q. (2020). Teaching Industrie 4.0 Technologies in a Learning Factory Through Problem-Based Learning: Case Study of a Semi-Automated Robotic Cell Design. In Procedia Manufacturing (Vol. 45, hal. 265–270). https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.105 Mourshed, M., Farrell, D., & Barton, D. (2012). Education to Employment: Designing a System that Works. McKinsey Center for Government. Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam (Cetakan 1). Jakarta: PT. Rajagrafindo. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Nasution. (2005). Azas-Azas Kurikulum, Cet-2. Jakarta: Bumi Aksara. Novrizaldi. (2021). Hasil Survei Penduduk 2020 Peluang Indonesia Maksimalkan Bonus Demografi. Diambil 19 Juni 2023, dari https://www.kemenkopmk.go.id/hasil- survei-penduduk-2020-peluang-indonesia-maksimalkan-bonus-demografi Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. In Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (hal. 337–340). Bandung. Diambil dari https://ifory.id/proceedings/2015/z4pZjcJkq/snips_2015_fitri_nurmayanti_e4c8c14 67da686b5b60dd953dd529ca3.pdf Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. Ogbeide, G. C. . (2006). Employability Skills and Students’ Self-Perceived Competence for Careers in The Hospitality Industry. Columbia: University of Missouri. Othman, H., Mat Daud, K. A., Ewon, U., Mohd Salleh, B., Omar, N. H., Abd Baser, J., ... Sulaiman, A. (2017). Engineering Students: Enhancing Employability Skills through PBL. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 203, hal. 1–11). https://doi.org/10.1088/1757-899X/203/1/012024 Overtoom, C. (2000). Employability Skills: An Update. ERIC Digest No. 220. ERIC Publications. Passey, D. (2014). Inclusive Technology Enhanced Learning: Overcoming Cognitive, Physical, Emotional and Geographic Challenges. New York: Routledge. Praptono, & Soenarto, S. (2003). Diktat Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44–50. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50 Pratama, W. (2015). Model Pembelajaran Karakter Pelaut pada Perguruan Tinggi Kepelautan. Universitas Negeri Yogykarata. Rajagukguk, A. S. F., Pakiding, M., & Rumbayan, M. (2015). Kajian Perencanaan Kebutuhan dan Pemenuhan Energi Listrik di Kota Manado. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(3), 1–11. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/7972 Robinson, J. S. (2006). Graduates’ and Employers’ Perception of Entry-Level Employability Skills Needed by Agricultural, Food and Natural Resources Graduates. University of Missouri, Columbia. Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2014). Integrating Educational Technology into Teaching 6th Edition. New York: Pearson Education, Inc. Sanaky, H. A. (2011). Media Pembelajaran; Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: PT Kaukaba Dipantara. Shamir, A., & Korat, O. (2009). The Educational Electronic Book as a Tool for Supporting Children’s Emergent Literacy. In A. Bus & S. B. Neuman (Eds.). Multimedia and Literacy Development, 168–181. Sharma, A., Dutt, H., Venkat Sai, C. N., & Naik, S. M. (2020). Impact of Project Based Learning Methodology in Engineering. Procedia Computer Science, 172, 922–926. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.133 Staiger, R., & Antràs, P. (2012). Offshoring and The Role of Trade Agreements. American Economic Review, 102(7). Suarta, I. M., Suwintana, I. K., Sudhana, I. F. P., & Hariyanti, N. K. D. (2017). Employability Skills Required by the 21st Century Workplace: A Literature Review of Labor Market Demand. In Proceedings of the International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.58 Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sudira, P. (2016). TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran Vokasional Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: UNY Press. Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual : Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, IX(2), 101–116. Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Suprijanto. (2009). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima. Syardiansah. (2018). Eksplorasi Kemanfaatan Field Study Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra). JURNAL SAMUDRA EKONOMI DAN BISNIS, 9(1). Uno, H. ., & Lamatenggo, N. (2014). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Vassala, P. (2006). The Field Study as an Educational Technique ini Open and Distance Learning. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 7(4). Wagner, T. (2008). The Global Achievement Gap. New York: Basic Book. Wang, L. (2015). Current Status and Advancement of Cyber-Physical System in Manufacturing. Wiersma, W., & Jurs, G. S. (1995). Research Methods in Education (6th Ed). Massachusetts: A Simon and Schuster Company. Wu., S.-H. (2005). Employability and Effective Learning System in Higher Education. In Ninth Quality in Higher Education International Seminar in Collaboration with ESECT and The Independent. Birmingham 27th-28th January 2005. Yono, N. H., & Ramadhon, S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Pada Program Prakerin terhadap Employabiity Skill Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling “Peran Bimbingan Belajar dan Konseling dalam Mendukung Program Merdeka Belajar dan Meningkatkan Karakter Siswa,” 118– 122. Yorke, M., & Knight, P. T. (2006). Embedding Employablity Skills Into the Curriculum. United Kingdom: The Higher Education Academy. Zarte, M., & Pechmann, A. (2020). Implementing an Energy Management System in a Learning Factory – A Project-Based Learning Approach. Procedia Manufacturing, 45, 72–77. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.068 citation: Maryadi, Totok Heru Tri and Soenarto, Soenarto (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berorientasi Keterampilan Kerja untuk Pendidikan Vokasional. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79523/1/disertasi-totok%20heru%20tri%20maryadi-17702264005.pdf