%T KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA DI KELAS IV SD N TEGAL PANGGUNG %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %L UNY7947 %K Keefektifan, Teknik Role Playing, Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa. %A WIDIASTUTI WIKA %X Penelitian ini bertujuan untuk Untuk membuktikan perbedaan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik role playing dan teknik ceramah, mengetahui keefektifan penerapan teknik role playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa dan mengetahui keefektifan penerapan teknik ceramah dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa di kelas IV SD N Tegal Panggung Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitiannya adalah Pre Test Post Test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Tegal Panggung pada semester II tahun ajaran 2011/2012. Populasi adalah kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 30 siswa. Secara Random, terpilih dengan undian kelas IVb sebagai kelas kontrol (KK) dan kelas IVa sebagai kelas Eksperimen (KE). Pemberian perlakuan kepada kelas eksperimen menggunakan teknik role playing dan kelas kontrol menggunakan teknik ceramah. Pengumpulan data dengan pengamatan performansi berbicara bahasa Jawa dengan panduan lembar performansi keterampilan berbicara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik role playing pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan teknik ceramah, dikarenakan dengan penerapan teknik role playing keterampilan bahasa Jawa siswa lebih baik. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil nilai hitung thitung = 12.946 sedangkan ttabel dengan df = 4.20 signifikansi 5% adalah 0.01. Perbandingan nilai pada hipotesis pertama dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 12.946 >4.20. pada hipotesis kedua diketahui thitung sebesar -6,167 dan t tabel 1,701. Pada hipotesis ketiga nilai thitung -2,764 dan t tabel 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa taraf signifikan 5%, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis akhir (Ha) diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa teknik role playing efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa terutama pengajaran bahasa Jawa keterampilan berbicara. Kata kunci : Keefektifan, Teknik Role Playing, Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa.