eprintid: 7941 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/79/41 datestamp: 2012-11-28 08:22:03 lastmod: 2019-01-29 17:18:41 status_changed: 2012-11-28 08:22:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UNTUNG , KURNIAWAN corp_creators: ZAMTINAH, M.Pd corp_creators: Drs. NUR KHOLIS, M.Pd corp_creators: Drs. EDY SUPRIYADI, M.Pd title: PEMBANGUNAN KARAKTER LUHUR SISWA MELALUI MODEL DISKUSI TEMAN SEJAWAT DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: perpus subjects: t_elektro divisions: ft_jurdik_elko_pend_elko divisions: upt_perpus full_text_status: public keywords: Diskusi teman sejawat, pendidikan karakter, karakter siswa. abstract: Degradasi moral merupakan tantangan tersendiri dalam membangun karakter luhur pada peserta didik. Diskusi teman sejawat merupakan salah satu model dari pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan diskusi teman sejawat melalui pembelajaran di kelas, dampak penerapan diskusi teman sejawat terhadap karakter luhur peserta didik, kelebihan, kekurangan, serta upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan diskusi teman sejawat. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Yogyakarta kelas XTL 1, Program Studi Teknik Ketenagalistrikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, kuisioner siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kredibilitas data didapat melalui triangulasi. Hasil dari penerapan model menyatakan bahwa kegiatan diskusi teman sejawat dilakukan melalui pemberian materi, diskusi antar teman, dan presentasi siswa. Karakter suka bekerja sama siswa pasca penerapan model dari keseluruhan aspek dalam kategori tinggi dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 59,8 dari nilai maksimal yang bisa dicapai sebesar 72. Karakter disiplin berada dalam kategori tinggi dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 35,48 dari nilai maksimal yang bisa dicapai sebesar 48. Karakter percaya diri berada dalam kategori kurang dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 47,45 dari nilai maksimal yang bisa dicapai sebesar 60. Karakter toleran berada dalam kategori cukup dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 21,82 dari nilai maksimal yang bisa dicapai sebesar 24. Diskusi teman sejawat memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Solusi sebagai hasil penelitian dapat digunakan sebagai sarana untuk mengatasi kelemahan guna terwujudnya keberhasilan pendidikan karakter di sekolah. Kata kunci: Diskusi teman sejawat, pendidikan karakter, karakter siswa. date: 2012-06-25 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS TEKNIK thesis_type: skripsi citation: UNTUNG , KURNIAWAN (2012) PEMBANGUNAN KARAKTER LUHUR SISWA MELALUI MODEL DISKUSI TEMAN SEJAWAT DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/7941/1/cover-07501241024.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7941/2/bab%201%20-07501241024.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7941/3/bab%202%20-07501241024.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7941/4/bab%205%20-07501241024.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7941/5/lampiran%20-07501241024.pdf