TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/79400/ TI - Pengembangan Model Penilaian Kompetensi Kepribadian Guru dengan Pendekatan Profetik. AV - restricted KW - guru KW - kompetensi kepribadian KW - model penilaian KW - profetik ID - UNY79400 M1 - disertasi PB - Sekolah Pascasarjana A1 - Rinawati, Atim A1 - Kumaidi, Kumaidi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk model penilaian kompetensi kepribadian guru dengan pendekatan profetik, 2) mendeskripsikan karakteristik model penilaian kompetensi kepribadian guru dengan pendekatan profetik, 3) mendeskripsikan hasil penilaian menggunakan model penilaian kompetensi kepribadian guru dengan pendekatan profetik yang sudah fit. Penelitian pengembangan ini menggunakan 10 tahapan pengembangan instrumen penilaian menurut Crocker&Algina. Setelah dilakukan konstruksi instrumen awal, tahapan berikutnya dilakukan pembuktian validitas isi (content validity) melalui review oleh lima orang ahli dalam bidang pengukuran, evaluasi, Pendidikan Islam, serta Bahasa Indonesia. Uji coba terbatas melibatkan 25 orang guru dan 25 siswa. Tahap pengukuran menggunakan data lapangan dengan melibatkan siswa dan guru madrasah Aliyah di Kabupaten Kebumen. Penilaian diri melibatkan 120 responden, penilaian sejawat melibatkan 360 responden, dan penilaian siswa melibatkan 720 responden. Pembuktian validitas konstruk dan estimasi reliabilitas kontstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan bantuan aplikasi AMOS. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Model penilaian kompetensi kepribadian guru dengan pendekatan profetik terdiri dari: instrumen penilaian (penilaian diri, penilaian sejawat, penilaian siswa), panduan bagi pengguna model, dan panduan pelaksanaan penilaian. (2) Pada analisis CFA tahap 1, model belum dapat dikatakan fit, hinga diputuskan dilakukan modifikasi model post hoc. Hasil modifikasi menunjukkan indeks: RMSEA=0,077; GFI=0,934; AGFI=0,898; TLI=925; NFI=0,938. Dengan demikian, model penilaian yang dikembangkan tersebut dapat dikategorikan memenuhi kesesuaian model. Model yang sudah fit digunakan untuk melaksanakan potret penilaian di salah satu madrasah. (3) Hasil penilaian diri 36% unggul, 54% baik, 10% cukup baik. Hasil penilaian sejawat 10% unggul, 27% sangat baik, 45% baik, 18% cukup baik. Hasil penilaian siswa 10% unggul, 45% sangat baik, 36% baik, 10% cukup baik. Y1 - 2023/08/04/ ER -