@phdthesis{UNY79345, month = {August}, title = {Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal (PMBKL) Lubuklinggau untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.}, author = {Dona Ningrum Mawardi and Asri Budiningsih}, school = {Sekolah Pascasarjana}, year = {2023}, keywords = {Model PMBKL, nilai-nilai kearifan lokal, kemampuan berpikir kritis.}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan prototype model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal (PMBKL) Lubuklinggau guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP, (2) menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal (PMBKL) Lubuklinggau yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP, (3) menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal (PMBKL) Lubuklinggau yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (4) menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal (PMBKL) Lubuklinggau yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII semester gasal TA 2021/2022 di SMP IT An-Nida dan MTs Mazroillah di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Desain model PMBKL dihasilkan dengan menggunaka metode penelitian dan pengembangan (R\&D) yang mengadopsi empat langkah tahapan model 4D (Four D) Hasil pengembangan model PMBKL diantaranya: (1) komponen- komponen model PMBKL yang dikembangkan berisi: pendahuluan, teori pendukung, kajian empiris, model PMBKL, penutup, dan pustaka. Pelaksanaan model PMBKL terdiri dari empat tahap, yakni: a) relating, b) problem solving, c) analysis, dan d) discussion. (2) Komponen-komponen model PMBKL dan perangkat pendukung memenuhi unsur kelayakan, hal ini berdasarkan pada hasil penilaian ahli. (3) Perangkat pendukung model PMBKL memenuhi unsur kepraktisan, hal ini berdasarkan pada hasil penilaian ahli guru dan siswa. (4) Hasil implementasi penerapan produk menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model PMBKL dan model konvensional. Hasil perhitungan n- gain score ditemukan nilai rata-rata n-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 64,87 atau 64\%. Hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa model PMBKL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tingkat SMP.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/79345/} }