eprintid: 79342 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/93/42 datestamp: 2023-11-02 01:52:50 lastmod: 2023-11-02 01:52:50 status_changed: 2023-11-02 01:52:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhidayah, Nurhidayah creators_name: Rohman, Arif title: NURHIDAYAH: Pengembangan Modul PJOK Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Ranah Kognitif Siswa SMP. ispublished: pub subjects: D2 subjects: olahraga subjects: or_pkr divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: literasi digital, modul PJOK, ranah kognitif abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul PJOK berbasis literasi digital untuk meningkatkan ranah kognitif siswa SMP kelas VII, (2) mengungkapkan kelayakan modul yang dikembangkan tersebut, dan (3) mengungkapkan tingkat kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan modul tersebut. Penelitian ini merupakan research and development. langkah-langkah pengembangan menggunakan desain ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, selanjutnya dilakukan uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 9 Yogyakarta. Uji coba skala besar dilakukan di SMP Negeri 11 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan SMP Negeri 16 Yogyakarta. Uji efektivitas dilakukan di SMP Negeri 8 Yogyakarta yang melibatkan 76 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) panduan wawancara, (2) angket, (3) dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penelitian ini menghasilkan modul PJOK berbasis literasi digital untuk meningkatkan ranah kognitif siswa SMP kelas VII. (2) Modul PJOK yang dikembangkan tersebut layak digunakan untuk meningkatkan ranah kognitif siswa SMP kelas VII. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan 87,5% masuk dalam kategori layak, dan hasil penilaian ahli media menunjukkan 86,36% masuk dalam kategori layak. (3) Modul PJOK yang dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan ranah kognitif siswa SMP kelas VII, dengan p < 0,05. date: 2023-09-07 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Abduljabbar, D. A., & Omar, N. (2015). Exam questions classification based on Bloom's taxonomy cognitive level using classifiers combination. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 78 (3), 447-455. Abe, A., Fukushima, K., & Kawada, R. (2020). How will sense of values and preference change during art appreciation?. Information, 11 (6), 328. (2078-2489). https://www.proquest.com/openview/3bbba2b6e8283cc7e5d4a3267acd b447/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2032384. Akhmad, I. (2016). Sumber belajar penunjang plpg 2016 pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bab I filosofi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. https://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Bab-1- Filosofi-Pendidikan-Jasmani-Olahraga-dan-Kesehatan-1.pdf Alfiani, R., Delawanti, D., & Sakdiyah, S. H. (2021). Pengembangan modul berbasis digital dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. 5 (1), 707-716. Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara. Allen, C. P., Telford, R. M., Telford, R. D., & Olive, L. S. (2019). Sport, physical activity and physical education experiences: Associations with functional body image in children. Psychology of Sport and Exercise, 45, 101572. https://doi.org/10.1016/J.PSYCHSPORT.2019.101572 Amaya López, L. F. (2020). El papel del vínculo psicoafectivo familiar en el tránsito de la educación presencial a la educación virtual y remota en el marco de la emergencia sanitaria por la Covid-19. Búsqueda, 7 (1), 1-9. Aminatun, T., Subali, B., Yuningsih, Y., Dwiyani, A., Prihartina, I., & Meliana, D. (2022). Developing android-based mobile through local ecosystem materials to improve thinking skills of high school students. Anatolian Journal of Education, 7(1), 73–82. https://doi.org/10.29333/aje.2022.716a Ampuni, S. (1998). Proses Kognitif dalam pemahaman bacaan. Buletin Psikologi, 6 (2). 16-26. Amrel & Asmar, (2020). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jakarta: Guepedia. Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita. 208 Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Conceptual understanding, attitude and performance in mathematics of grade 7 students. International Journal of Scientific & Technology Research, 7 (8), 96-105. Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assesing: a revision of bloom’s taxonomy of educatioanl objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc. Andriyanto, S. S. (2023). Pembelajaran dan media pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha. Anggraena, Y., Nisa F. N., Ginanto, D.E., Pratiwi, I., Alhapip, L., Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik; kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Anitah, S. (2009). Educational technology. Surakarta: Yuma Pustaka. Anwar, C. (2017). Teori-teori pendidikan klasik hingga kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD. Ariantesa, B., Wahyuri, A. S., Bafirman, H. B., & Damrah, D. (2022). E-module development of physical education subjects for sports and health on physical fitness materials for class vii junior high school students. International Journal of Education and Literature, 1(2), 37-43. Aris T.M., & Mu’arifuddin, M.A. (2020). Pengembangan buku ajar bola basket untuk mahasiswa. Jurnal Jendela Olahraga.05 (02), 62-69. Arsyad, A. (2005). Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran ips di smp negeri 1 singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6 (2), 180–191. Audrin, C., & Audrin, B. (2022). Key factors in digital literacy in learning and education: a systematic literature review using text mining. Education and Information Technologies, 27(6), 7395-7419. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Atmazaki, et al.. (2017). Panduan gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 209 Badgujar, V. B., Ahmad Fadzil, F. S., Balbir Singh, H. K., Sami, F., Badgujar, S., & Ansari, M. T. (2019). Knowledge, understanding, attitude, perception and views on HPV infection and vaccination among health care students and professionals in Malaysia. Human vaccines & immunotherapeutics, 15 (1), 156-162. Badru Z, C. E., Eliyawati, H. C., & Pd, M. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia. Baharuddin. (2015). Pendidikan dan psikologi perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 57 (2), 218 - 259. https://www.emerald.com/insight/content/ doi/10.1108/EUM0000000007083/full/html Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta: Universitas Terbuka. Bøhling, F. (2017). Psychedelic pleasures: An affective understanding of the joys of tripping. International Journal of Drug Policy, 49, 133-143. Boonsem, A., & Chaoensupmanee, T. (2020). Determining the factors of teaching effectiveness for physical education. International Education Studies, 13 (3), 43-50. Budiwanto. (2017). Metode statistika untuk mengolah data keolahragaan. Malang: UNM Pres. Butz, J.V. (2018) Applications for constructivist teaching in physical education, strategies. Journal for Physical and Sport Educators. 31 (4), 12-18. C.S, Criollo, C.S., Mora S.L., & Alcazar, A. J. (2018). “Advantages and disadvantages of m-learning in current education.” In Proceedings of the IEEE World Engineering Education Conference (EDUNINE), Buenos Aires, Argentina, 11-14. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8450979 Baron, R. A., Franklin, R. J., & Hmieleski, K. M. (2016). Why entrepreneurs often experience low, not high, levels of stress: the joint effects of selection and psychological capital. Journal of management, 42(3), 742- 768. Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of documentation. Buckingham, D. (2007). Digital media literacies: rethinking media education in the age of the Internet.Research in comparative and international education, 2 (1), 43-55. 210 Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3 (1), 35-42. Calderón, A., Meroño, L., & MacPhail, A. (2019). A student-centred digital technology approach: The relationship between intrinsic motivation, learning climate and academic achievement of physical education pre- service teachers. European Physical Education Review, 26 (1), 241–262. Casey, A., Goodyear, V.A. y Armor, K. (2017). Digital technologies and learning in physi-cal education: pedagogical cases. United Kingdom: Routledge. Clements, R. L., & Schneider, S. L. (2017). Moving with words & actions physical literacy for preschool and primary children. Champaign: Human Kinetics. Code, J., Ralph, R., & Forde, K. (2020). Pandemic designs for the future: perspectives of technology education teachers during COVID-19. Information and Learning Sciences, 121 (5/6), 419-431. Corbin, C. B. (2020). Conceptual physical education: a course for the future. Journal of Sport and Health Science. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.10.004 D’Anna, C., Forte, P., & Gomez Paloma, F. (2019). Physical education status in European school’s curriculum, extension of educational offer and planning. Journal of Human Sport and Exercise-Spring Conferences of Sports Science, 14, 805–817. Dalkıran, O., Fatma Eryiğit, F., & Sivri S. (2020). Comparison of the effects of constructivist learning on cognitive, affective and psychomotor fields applied in physical education courses. African Educational Research Journal Special Issue 8 (2), S327-S334. Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi taksonomi pembelajaran benyamin s. bloom. Satya Widya, 29 (1), 30-39. Department of Education and Skills. (2020). Digital learning 2020: Reporting on practice in early learning and care, primary and post-primary contexts. https://www.gov.ie/en/publication/c0053-digital-learning-2020- Carless, D., & Douglas, K. (2010). Performance ethnography as an approach to health‐related education. Educational action research, 18 (3), 373-388. Carvajal-Carmona, L. G., Ophoff, R., Service, S., Hartiala, J., Molina, J., Leon, P., & Ruiz-Linares, A. (2003). Genetic demography of antioquia (colombia) and the central valley of costa rica. Human genetics, 112, 534-541. 211 reporting-on-practice-in-early-learning-and-care-primary-and-post- primary-contexts/ Department of Education. (2018). Digital learning planning guidelines. https://www.dlplanning.ie/wp-content/uploads/2018/10/Digital-Learning- Planning-Guidelines.pdf Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tentang tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Depdiknas. Dina, N.F. (2021). Taksonomi Bloom: model dalam merumuskan tujuan pembelajaran perumusan tujuan pembelajara. Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plambing di program studi S1 PVKB UNJ.Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 95-104. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/ model-dalam-merumuskan-tujuan-pembelajaran 160/taksonomi-bloom- Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19 (1), 105-119. Doré, B. P., Tompson, S. H., O'Donnell, M. B., An, L. C., Strecher, V., & Falk, E. B. (2019). Neural mechanisms of emotion regulation moderate the predictive value of affective and value-related brain responses to persuasive messages. Journal of Neuroscience, 39 (7), 1293-1300. Ellis, H.C. (1997). Emotion, motivation, and text comprehension. Journal of Experimental Psychology: General, 126 (2): 131-146. Enes, M & Karabacak K. (2019). Examination of secondary school (5th -8th grades) physical training and sports teaching program according to taxonomies. Prague-Czech Republich: International Conference on New Horizons in Education (INTE); International Trends and Issues in Communication & Media Conference (ITICAM). 222-229. European Commission. (2020). Digital education action plan 2021–2027. https://education.ec.europa.eu/focus-topics/digital-education/action-plan Durriyah, T. L., & Zuhdi, M. (2018). Digital literacy with EFL student teachers: exploring Indonesian student teachers' initial perception about integrating digital technologies into a teaching unit.International Journal of Education and Literacy Studies, 6 (3), 53-60. El-Khalili, N., Alnashashibi, M., Hadi, W., Banna, A. A., & Issa, G. (2019). Data engineering for affective understanding systems. Data, 4 (2), 52. 212 Fauzi, H., Farida, I., Sukmawardani, Y., & Irwansyah, F. S. (2019, December). The making of e-module based in inquiry on chemical bonding concept with representation ability oriented. Journal of Physics: Conference Series (1402) 5, 055-059. Fauzi, R., Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2020). Tingkat pemahaman siswa kelas x dalam pembelajaran daring pendidikan jasmani di sman 2 cikarang pusat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3 (2), 37–46. Fawns, T. (2021). An entangled pedagogy: looking beyond the pedagogy- technology dichotomy. Postdigit Sci Educ 4, 711–728. https://doi.org/10.1007/s42438-022-00302-7 Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5 (1), 181-188. Fidri, M., Suib, M., & Saputra, D. (2022). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. JURNAL AS-SAID, 2 (1), 138-148. Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2 (1), 93-97. Fradila, E., Razak, A., Santosa, T. A., Arsih, F., & Chatri, M. (2021). Development of e-module based problem learning (PBL) applications using sigil the course ecology and environmental education students master of biology. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 27 (2), 673–682. Fernandes, L., Winardi, Y., & Appulembang, O. D. (2019). Barriers to learning mathematics: A case study of grade 8 students at a school in Semarang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3 (1), 16-31. Firdaus, M. A. (2021). Peranan instrumen penilaian siswa aspek kognitif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Prosiding Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 1 (1), 51-57. Gamboa, J. C. R., da Silva, A. J., & Ferreira, T. A. (2019). Electronic nose dataset for detection of wine spoilage thresholds. Data in brief, 25, (104202). 1- 6. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352340919305566 213 Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Given. K. Barbara. (2014). Brain-Based Teaching. Merancang kegiatan belajar mengajar yang melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik, dan Reflektif. Kaifa. Bandung. Grenni, S., Soini, K., & Horlings, L. G. (2020). The inner dimension of sustainability transformation: how sense of place and values can support sustainable place-shaping. Sustainability Science. 15, 411-422 https://doi.org/10.1007/s11625-019-00743-3 Gul, S. (2007). Otak dan sistem saraf. Yudistira. Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2 (02), 98-117. Gustiawati, R., Fahrudin., Kurniawan, F., & Indah, E.P. (2019). Pengembangan pendekatan evaluasi the most significant change technique dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 18 (2), 125-129. Haegele, J. A., Lee, J., & Porretta, D. L. (2015). Research trends in adapted physical activity quarterly from 2004 to 2013. Adapted Physical Activity Quarterly, 32 (3), 187-201. Language Learning & Technology. 19 (3), 1–7. Hague, S., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum & Leadership Journal, 9 (10), 1-10. Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. New York: Wiley Computer Pub. Gultom, D. M., & Sari, E. (2022). Penyuluhan kesehatan tentang perubahan hormon masa pubertas pada usia remaja di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan: Sumatera Utara. Pengabdian Deli Sumatera, 1 (1), 27- 32. Hafner, A. S., Penn, A. C., Grillo-Bosch, D., Retailleau, N., Poujol, C., Philippat, A., & Choquet, D. (2015). Lengthening of the stargazin cytoplasmic tail increases synaptic transmission by promoting interaction to deeper domains of PSD-95. Neuron, 86 (2), 475-489. Hafner, C. A., Chik, A., & Jones, R. (2015). Digital literacies and language learning. 214 Haliq, A., & Riyanti, A. (2018). Pembelajaran mandiri melalui literasi digital.Bahasa Di Era Digital: Peluang Atau Ancaman, 1-6. https://core.ac.uk/download/pdf/ 187513 235.pdf#page=22 Hartono, R., Hasbullah, H., & Sutomo, S. (2022). Teknologi kinerja. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Hasan, M. (2021). Media pembelajaran; pengertian, fungsi dan penggunaan media pembelajaran. Yogyakarta: Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/ Media%20Pembelajaran%202.pdf Hill, W. F. (2019). Theories Of Learning: Teori-teori pembelajaran konsepsi, komparasi dan signifikan. Bandung: Nusamedia. Himberg, C., Hutchinson, G. E. and Roussell, J. M. (2003). Teaching secondary physical education: Preparing adolescents to be active for life. Canada: Human Kinetics. Höft, L., Bernholt, S., Blankenburg, J. S., & Winberg, M. (2019). Knowing more about things you care less about: Cross-sectional analysis of the opposing trend and interplay between conceptual understanding and interest in secondary school chemistry. Journal of Research in Science Teaching. 56 (2), 184-210. Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3 (1). Ibenskas, R., & Bunea, A. (2021). Legislators, organizations and ties: Understanding interest group recognition in the European Parliament. European Journal of Political Research, 60 (3), 560-582. Ilonen, S., & Heinonen, J. (2018). Understanding affective learning outcomes in entrepreneurship education. Industry and Higher Education, 32 (6), 391- 404. International Literacy Association. (2016) Why literacy? Retrieved from http://www.literacyworldwide.org/why-literacy. Isikgöz, M., & Karabacak, K. (2019). Examination of Secondary School (5th-8th Grades) Physical Training and Sports Teaching Program According to Taxonomies. Online Submission. 222-229. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED602093.pdf Hobbs, R. (2011). The state of media literacy: A response to Potter. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 55 (3), 419-430. Jaakkola, T., Yli-Piipari, S., Barkoukis, V., & Liukkonen, J. (2017). Relationships among perceived motivational climate, motivational regulations, enjoyment, and PA participation among Finnish physical education 215 students. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 15 (3), 273-290. Jarraya, M., Rekik, G., Belkhir, Y., Chtourou, H., Nikolaidis, P. T., Rosemann, T., & Knechtle, B. (2019). Which presentation speed is better for learning basketball tactical actions through video modeling examples? The influence of content complexity. Frontiers in Psychology, 10, 2356. JawaPos.com. (2020). Anak-anak Diakui Makin Akrab dengan Internet Selama Pandemi Covid-19. 19 Juli 2020, 11:49:24 WIB. Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199. Johan, R. C., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2022). Hyper content e-module in information behavior course with the assistant of screencast. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 210–218. Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38 (5), 365- 379. Johnson, T. G., & Turner, L. (2016). The physical activity movement and the definition of physical education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 87 (4), 8-10. Juditia. S. (2021). Pembelajaran penjas di era digital berbasis individualized learning model. CV. Pena Persada. Juniarta, A. T. (2016). Mengkaji penerapan kognitif dalam tuntutan psikomotorik pada pembelajaran pendidikan jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM (228-239). https://core.ac.uk/download/pdf/267024203.pdf Kaban, R., & Prasasti, T. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Blended Learning pada Teks Cerita Rakyat Sumatera Utara. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 4 (2), 153-164. Kahtan, H., Awang, S. B., Kadir, T. A. B. A., Abdulghafoor, M. S., & Shamsuri, T. S. S. B. T. (2018). Motion analysis-based application for enhancing physical education. Advanced Science Letters, 24 (10), 7668–7674. Katrina, W., Damanik, H. J., Parhusip, F., Hartama, D., Windarto, A. P., & Wanto, A. (2019). Classification rules model for determining Students level of understanding of the subject. Journal of Physics: Conference Series 1255 (1), 012005. IOP Publishing. 216 Kemendikbud. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) Fase A – Fase F. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud. go.id/ file/cp/dasmen /33%20CP% 20PJOK.pdf. Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2014). 98 persen anak dan remaja tahu internet. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3836/98+ Persen+ Anak+dan+Remaja+ Tahu+Internet/0/berita_satker. Kemndikbud. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. https://repositori. kemdikbud.go.id/39/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf. Kemndikbud. (2019). Indeks aktivitas literasi membaca 34 provinsi. https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks%20A ktivitas%20Literasi%20Membaca%2034%20Provinsi. Khasnudin, Z. (2021). Pengertian dan tujuan penyusunan e-modul. https://www.dzikrikhasnudin. com/2021/02/pengertian-dan-tujuan-penyu sunan-e-modul.html. Kim, M. (2019). The mediating roles of young residents’ experiential value and sense of community. Journal of hospitality & tourism research, 43 (8), 1281-1301. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2016). Rincian data berdasarkan klaster perlindungan anak. Tabulasi-Data/Data-Kasus-Per- Tahun/Rincian-Data-Kasus-Berdasar-kan-Klaster-Perlindungan-Anak- 2011-2016. https://bank data.kpai.go.id/ Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice, 41 (4), 212-218. Krause, J., & Lynch, B. (2018). Faculty and student perspectives of and experiences with TPACK in PETE. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 9, 58–75. doi:10.1080/25742981.2018.1429146 Kurniadi A., & Sovensi E. (2021). Pengembangan modul teknik dasar bola basket siswa kelas VIII MTS. 2021. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 5 (1). 127-135. Kepoglu, A., Musa, M., & Divrik, G. (2021). Evaluation of the metaphoric perceptions of the faculty of sports sciences students regarding the concept of physical education.Asian Journal of Education and Training, 7 (1), 60-69. 217 Kusmana, S., Wilsa, J., Fitriawati, I., & Muthmainnah, F. (2020). Development of Folklore Teaching Materials Based on Local Wisdom as Character Education. International Journal of Secondary Education, 8 (3), 103- 109. Kusumo. (2013). Jenis-jenis media pembelajaran. https://milenialjoss.com/jenis- jenis-media-pembelajaran/ Laughlin, M. K., Hodges, M., & Iraggi, T. (2019). Deploying video analysis to boost instruction and assessment in physical education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 90 (5), 23–29. Lee, C. S. et al. (2017). “Making sense of comments on youtube educational videos: A self-directed learning perspective”, Online Information Review, 41 (5), 611–625. Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research. Ectj, 30(4), 195-232. Lin, M., Chen, H., & Lie, K. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13 (7), 3553–3564. Lumpkin, A. (2017). Introduction to Physical Education, Exercise Science, and Sport (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education. Lynch, T. (2019). Physical education and wellbeing. Cham: Springer International Publishing. Madeira, L., Saraiva, G., Túlio, M., França, A., Economics, D., Foundation, G., & Grande, R. (2019). SSM-Population health a gender analysis of the impact of physical education on the mental health of brazilian school children. Madeira, L., Saraiva, G., Túlio, M., França, A., Economics, D., Foundation, G., & Grande, R. (2019). SSM-Population health a gender analysis of the Leaders, Y. G. (2016). World Economic Forum Annual Meeting 2016 Mastering the Fourth Industrial Revolution. https://www3.weforum.org/docs/Media/AM16/ AM16Media FactSheet.pdf Lee, S. H. (2014). Digital literacy education for the development of digital literacy.International Journal of Digital Literacy and Digital Competence (IJDLDC), 5 (3), 29-43. Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran kebugaran jasmani. Jakarta: CV Salam Insan Mulia. 218 impact of physical education on the mental health of brazilian schoolchildren. SSM - Population Health, 8(May), 100–419. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2019.100419. Magdalena1, I., Islami, N.F., Rasid, A.E., & Diasty, T.N. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains. 2 (1), 132-139. Mahendra, M. R. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Vocational Education of Building Construction, University of Jakarta, 1-4. Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi hasil belajar menurut benyamin s. bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2 (9), 3507-3514. Marow. J. R., Jackson. A. W. (2005). Measurement and evaluation in human performance. Canada: Human Kinetics. Maskur., & Safitri, E.R. (2021). Efektivitas penggunaan bahan ajar digital berbasis android dalam pembelajaran ipa pada siswa berkebutuhan khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (1), 47–53. Mauliya, A. (2019). Perkembangan kognitif pada peserta didik smp (sekolah menengah pertama) menurut jean piaget. ScienceEdu, 2 (2), 86-91. Mayer, R.E. (1989). Systematic thinking fostered by systematic illustrations in scientific text. Journal of Educational Psychology, 81, 715-726. Mödinger, M., Woll, A., & Wagner, I. (2022). Video-based visual feedback to enhance motor learning in physical education—a systematic review. German Journal of Exercise and Sport Research, 52 (3), 447-460. Moleong, L. J. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mowahed, A. K., Song, N., Xinrong, Y., & Changgen, P. (2019). The influence of proof understanding strategies and negative self-concept on Mahendra, A. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani.Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/1963082 41989031AGUS_MAHENDRA/Asas_dan_Falsafah_Penjas_Agus_Mah endra/Bab_II_Falsafah.pdf. Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2 (1), 49-57. 219 undergraduate afghan students’ achievement in modern algebra. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15 (1), 1-11. Muali, C., Setyosari, P., Purnomo, P., & Yuliati, L. (2020). Effects of mobile augmented reality and self-regulated learning on students’ concept understanding. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15 (22), 218-229. Mudlofir, A. (2011). Aplikasi pengembangan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan dan bahan ajar dalam pendidikan islam. Cetakan 1. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Muhaimin, Sutia’ah, Nur A. (2012). Paradigma pendidikan islam; upaya mengefektifkan PAI di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Muhammadiah, M. (2022). Buku psikologi belajar dan pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/371510446_buku_psikologi_be lajar_dan_pembelajaran. Muhibbin, S. (2005). Psikologi pendidikan, suatu pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhibbin. (2010). Psikologi belajar. PT RajaGrafindo Persada. Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5 (1), 135–159. Mukodi, Kepribadian Islam Dan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 8 No.2, (2016). Hlm 1282. Mulyasa, E. (2010). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyati. (2015). Psikologi belajar. Yogyakarta: Andi Ofset. Mumba, F., Banda, A., & Chabalengula, V. M. (2018). Junior high school pre- service science teachers’ familiarity, conceptual understanding and interest in electrochemistry. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 22 (2), 149-161. Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia dalam membentuk keterampilan era abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4 (3), 437-452. Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Asim, A. (2016). Pengembangan variasi latihan service atas untuk peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26 (1). 220 Napitupulu, T. A. (2020). Perkembangan peserta didik (fisik, kognitif, afektif dan psikomotorik). Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T.I., Nento, M.N., Hanifah, N., Miftahussururi., & Akbari, Q.S. (2017). Meteri pendukung litersai digital (GLN). Jakarta: Kemendikbud. Ni'amah, K., & Hafidzulloh, S. M. (2021). Teori pembelajaran kognivistik dan aplikasinya dalam pendidikan islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10 (2), 204-217. Ningsih, O.R. (2021). Analisis ontologi, epistemologi, dan aksiologi artikel teori belajar sibernetik dalam proses pembelajaran. Jurnal edukasi kultura.; Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya. 8 (2). 1-10. Nugroho, P. (2015). Pandangan kognitifisme dan aplikasinya dalam pembelajaran pendidikan agama islam anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3 (2), 281-304. Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi model pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center Nurhadi, N. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. EDISI, 2 (1), 77-95. Nurhadi, N.A., Alam, B.T., Fatih, M., Rofi’ah, S., dan Alfi, C. (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran online bola besar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Patria Education Jurnal (PEJ). 1 (1), 44-54. O’Keeffe, M., Walsh, K., Cleary, V., Millar, S., & Quinlan, M. (2017). Live It Up 1: VCE Physical Education Units 1 & 2 (4th ed.). Milton: John Wiley & Sons Australia, Ltd. Olipas, C. N. P., & Gardoce Jr, A. P. (2022). Electronic learning modules in mobile devices: a technology acceptance model approach using PLS- SEM. Electronic Learning, 8 (9), 37-44. Olipas, C.N.P. (2022). “The Gen Z’s learning experience and its relationship to social media use”, International Journal of Advanced Research and Innovative Ideas in Education. 8 (1), 1291-1299. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/88535326/ Jurnal.Perkembangan PesertaDidik-libre.pdf? Nurhadi, N. (2020). Transformasi teori kognitivisme dalam belajar dan pembelajaran. BINTANG, 2(1), 16-34. 221 Østerlie, O., (2018). Can flipped learning enhance adolescents’ motivation in physical education? An intervention studi. Journal for Research in Arts and Sports Education, 2 (1), 1–15. Ozawa, S., Iijima, Y., Ando, S., Okada, N., Kawashima, T., Ohta, K., Yamasaki, S., Kasai, K., Nishida, A., Nakatani, H., & Koike, S. (2018). Development of the Brief Personal Values Inventory for sense of values in the Japanese general population. Japanese Psychological Research, 62 (2), 72-86. Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5 (2), 154-164. Pahliwandari, R. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5 (2), 154-164. Pahliwandari, R. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 154-164. Pahor, M., Guralnik, J. M., Ambrosius, W. T., Blair, S., Bonds, D. E., Church, T. S., & Williamson, J. D. (2014). Effect of structured physical activity on prevention of major mobility disability in older adults: the LIFE study randomized clinical trial. Jama, 311 (23), 2387-2396. Paiman. (2022). Pandemi Covid-19 sebuah tantangan dan peluang bagi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 28 (1), 16-27. Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2020). Dynamic physical education for elementary school children 9th.ed. Champaing: Human Kinetics. Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada. masa pandemi. Jurnal MensSana. 7 (1), 31–38. Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5 (2), 352-376. Peng, H., Su, Y. J., Chou, C., & Tsai, C. C. (2009). Ubiquitous knowledge construction: mobile learning re‐defined and a conceptual framework. Innovations in Education and Teaching international, 46(2), 171-183. Pambudi, N. A. (2018). Geothermal power generation in Indonesia, a country within the ring of fire: Current status, future development and policy. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 81, 2893-2901. 222 Prameswari, J., Praherdhiono, H., & Husna, A. (2023). E-book berbasis elaborasi gambar sebagai penguatan kognitif siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 (4), 423-434.). Prastowo, P. (2011). Pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: Diva Press. Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005, tentang Sistem Keolahragaan Nasional. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document /uu/ 45.pdf Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4 (2), 53-60. Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (2). 1-10. Quach, S., Weaven, S., Thaichon, P., Grace, D., & Frazer, L. (2020). A model of entrepreneurship education in franchising–application of outside-in marketing with a behavioural focus. Journal of Business & Industrial Marketing, 35 (1), 116-133. Rahdiyanta D. (2018). Bimbingan teknis program sarjana mengajar untuk pemenuhan guru produktif SMK; Materi teknik penyusunan modul. Yogyakarta: Direktorat P2TK, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Rahmah, S. (2022). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2 (3), 23-34. Rahmawati, S. (2021). Penerapan literasi digital sebagai upaya guru pai dalam meningkatkan karakter religius pada peserta didik kelas X DI SMKN 1 Ponorogo. Education, 2 (2), 131-140. Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan e-modul berbasis aplikasi flipbook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7265-7274. Prameswari, J., Praherdhiono, H., & Husna, A. (2023). E-book berbasis elaborasi gambar sebagai penguatan kognitif siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 (4), 423-434.). Prastowo, A. 2015. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Banguntapan: Diva Press. Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174-7187. 223 Rehalat, A. (2014). Model pembelajaran pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (2), 1-10. Report. (2006). Indonesian Ministry of Education. Paper commissioned for the EFA Global Monitoring Report 2006, Literacy for Life. Retrieved from http://unesdoc.unesco.org/images/0014/001416/141639e.pdf. Rithaudin, A., & Sari, I. P. T. P. (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33-38. Rohmansyah, N. A. (2017). Implikasi teori gestalt dalam pendidikan jasmani sekolah dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7 (2), 195. Roldán-Zafra, J., Perea, C., Polo-Blanco, I., & Campillo, P. (2022). Design of an interactive module based on the van hiele model: case study of the pythagorean theorem. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17 (1), 1–10. Rosyidi, D. (2020). Teknik dan instrumen asesmen ranah kognitif. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 27 (1), 1-13. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2011). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo. Persada. Sanaky, H., 2013. Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara. Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1), 8-19. Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat siswa kelas VII dan VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2 (1), 17-25. Rizky, R. (2022).Pengembangan modul online untuk pendidik dalam mata pelajaran PJOK kelas V. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung. Rosita, H. A., Hidayah, L. N., Safitri, A. A., & Farisia, H. (2020). Media video animasi untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif siswa RA Sunan Ampel Pasuruan. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4 (2), 143-153. Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57. 224 Saputro, G.E., Hanief, Y.N., Herpandika, R.P., & Saputro, D.P. (2018). Modul tutorial sebagai media pembelajaran pencak silat untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keolahragaan. 6 (2), 130-138. Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2019). Desain induk; gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of e-module based on problembased learning (PBL) on heat and temperature to improve student's science process skill. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17 (3), 26-36. Setianto, E.H & Smithdev Community. (2008). Tampil beda dengan perangkat digital. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Setiawan C. (2007). Menagih janji kompetensi afektif dalam pendidikan jasmani. Makalah disampaikan dalam Diklat Bahan Ajar/ Proses Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Bantul. 13 November 2007. Setyawan, H., & Gani, I. (2023). Penguatan evaluasi budaya literasi pembelajaran pjok kurikulum 2013 SMP di Indonesia. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (1), 221-230. Shaffer. D.R, & Kipp. K. (2014). Developmental Psychology: Childhood & Adolescence, 9th edition. Wadsworth: Cengage Learning. Sharples, M. (2013). Mobile learning: research, practice and challenges. Distance Education in China, 3 (5), 5-11. Shoimah, R. N., & Syafi'aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4 (2), 1-18. Sidiq, R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9 (1), 1-14. Satriawati, H. (2015). Pengembangan e-modul interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas X SMKN 3 Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta, 13 (3). Sceisarriya, V. M. (2017). Problematika pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga 1, (1). 167- 173). 225 Sikorski, A., & Romiszowski, P. (1996). Motion of star‐branched vs linear polymer: A Monte Carlo study. The Journal of chemical physics, 104 (21), 8703-8712. Sitepu. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sobral, S. R. (2021). Bloom's taxonomy to improve teaching-learning in introduction to programming. International Journal of Information and Education Technology, 11 (3), 148-153. 37 (6), 1218-1224. Spante, M., Hashemi, S. S., Lundin, M., Algers, A., & Wang, S. (2018). Digital competence and digital literacy in higher education research: Systematic review of concept use. Cogent Education, 5 (1), 1519143. 1-21. https:// doi. org/ 10. 1080/ 23311 86X. 2018. 15191 43. Souissi, M. A., Elghoul, Y., Souissi, H., Masmoudi, L., Ammar, A., & Souissi, N. (2022). The Effects of three correction strategies of errors on the snatch technique in 10–12-year-old children: A randomized controlled trial. Journal of Strength and Conditioning Research Spires, H. A., Medlock Paul, C., & Kerkhoff, S. N. (2018). Digital Literacy for the 21st Century, IGI Global . 2231-2242. https://www.researchgate.net/publication/ 318508429_Digital_ Literacy_for_the_21st_Century Stoffová, V., & Horváth, R. (2017). Didactic computer games in teaching and learning process. In The International Scientific Conference eLearning and Software for Education 1, 310. https://www.proquest.com/openview/917f8dc19dfc 33190f3d9 cef4d308d7e/1?pq-origsite=gscholar&cbl=1876338 Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2016). Metode penelitian & pengembangan: research and development. Bandung: Alfabeta. Sujarwo, S., & Rachman, H. A. (2020). Kontribusi filosofi dan kompetensi pedagogi terhadap kualitas mengajar guru pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16 (2), 180-190. Sukanti. (2011). Penilaian afektif dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9 (1), 74–82. Suminar. T. (2019). Tinjauan filsafati (ontologi, epistemologi dan aksiologi manajemen pembelajaran berbasis teori sibernetik. Edukasi Journal, 1 (13), 2. 226 Sungkono, et al.. (2003). Pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: FIP UNY. Suprayekti., Suparto, S., Sukawati, R., & Septiani, M. (2014). Teknik penulisan modul keterampilan belajar untuk mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan Jurnal, 28 (1), 65-74. Susilo, A., Andari, S., & Bandi, B. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta peserta didik dalam proses pembelajaran akuntansi peserta didik kelas XII SMA NI Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1), 50-56. Sutisna, I. (2021). perkembangan otak anak usia dini. ARTIKEL, 1(6699). Suyadi & Maulidya Ulfa. (2013). Konsep dasar PAUD. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya. Suyono, dan Hariyanto. (2012). Belajar dan pembelajaran; teori dan konsep dasar. Bandung: PT Rosda Karya. Syafitria, A., Ariesta, A. D., Berlianna, R., Fatimah, S., & Putri, T. M. (2023). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa sd/mi. SIGNIFICANT: Journal of Research and Multidisciplinary,1 (02 Juni), 114-119. Syarifudin & Mikroj. S. (2021). Buku panduan guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk SMP kelas VII. Jakarta Barat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (1), 22-33. Tamrin. (2021). Media pembelajaran; pengertian, fungsi dan penggunaan media pembelajaran. Yogyakarta: Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/ Media%20Pembelajaran%202.pdf Tarliany, E., Sajidan, S., & Karyanto, P. (2019). Keefektifan produk pengembangan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan kognitif siswa (menurut taksonomi bloom yang terefisi) pada materi protista. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 8 (1), 72-80. Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people. Technology in Society, 65, 101565. 227 Taskiran, C. (2016). Character education proficiency scale in sports. Anthropologist Journal, 24 (2), 534-540. Taufik, M. S., Iskandar, T., & Sungkawa, M. G. G. (2021). Manajemen Penjas. Jawa Barat: Penerbit Adab. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11 (1). 12-26. Thobrani, M., & Mustafa, A. (2012). Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media. Thomas, C. S., & Hrebenar, R. J. (2008). Understanding interest groups, lobbying and lobbyists in developing democracies. Journal of Public Affairs: An International Journal, 8 (1‐2), 1-14. Thompson, A. R., & O'Loughlin, V. D. (2015). The blooming anatomy tool (BAT): A discipline‐specific rubric for utilizing bloom's taxonomy in the design and evaluation of assessments in the anatomical sciences. Anatomical sciences education, 8 (6), 493-501. Thurber, A., Bandy, J., & Harbin, M. B. (2021). Teaching race and racial justice: developing students’ cognitive and affective understanding. Teaching & Learning Inquiry, 9 (1), 117. Tim CNN. (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255- 702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet. Sabtu, 02 Okt 2021 15:20 WIB Tim Penyusun Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. (2021). Kajian akademik; kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Penyusun Materi Pendukung Literasi Digital. (2017). Materi pendukung literasi digital; gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tharmar, K., & Kalidasan, R. (2019). Impact of self study with and without e- learning modules among physical education students. International Journal of Environmental and Science Education, 11 (11). 936-945. Tkachenko, D. A., & Rodin, Y. I. (2020). Concerning the place and meaning of psychomotor function in the formation of writing skills in children with general underdevelopment of speech. Vestnik of Minin University, 8 (3), 8-22. 228 Tofano, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103–114. Trabelsi, O., Gharbi, A., Masmoudi, L., & Mrayeh, M. (2020). Enhancing female adolescents’ engagement in physical education classes through video- based peer feedback. Acta Gymnica, 50 (3), 93–104. https://doi.org/10.5507/ag. 2020.01410.1080/13573322.2021.1926962 Tululi I, (2021). Macam-macam media pembelajaran serta contohnya, tingkatkan semangat belajar siswa; Media pembelajaran serta contohnya. https://www.imrantululi.net/berita/detail/6-macammacam-media- pembelajaran-serta-contohnya-tingkatkan-semangat-belajar-siswa Tuma, F., & Nassar, A. K. (2021). Applying Bloom's taxonomy in clinical surgery: practical examples. Annals of Medicine and Surgery, 69 (102656), 1-3. Verkijika, S. F. (2020). An affective response model for understanding the acceptance of mobile payment systems. Electronic Commerce Research and Applications, 39, 100905. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100905 Wahyudi. D. (2019). Pengembangan e-modul dalam pembelajaran matematika sma berbasis android. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (02), 1-10. Wallace, J., Scanlon, D., & Calderón, A. (2022). Digital technology and teacher digital competency in physical education: a holistic view of teacher and student perspectives. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 1-17. Walton-Fisette, J. L., & Wuest, D. A. (2018). Foundations of Physical Education, Exercise Science, and Sport (19th ed.). New York: McGraw-Hill Education. Wandiatama. (2020). Pengembangan modul elektronik mata kuliah manajemen pendidikan vokasi. Jurnal Pendidikan. 9 (3), 181- 187. Wang, H. L., & Cheong, L. F. (2006). Affective understanding in film. IEEE Transactions on Circuits and Systems for Video Technology, 16 (66), 89- 704. Végh, L., & Stoffová, V. (2017). Algorithm animations for teaching and learning the main ideas of basic sortings. Informatics in Education, 16 (1), 121- 140. Vinayastri, A. (2015). Pengaruh pola asuh (parenting) orang-tua terhadap perkembangan otak anak usia dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33-42. 229 Ward, P., & Lehwald, H. (2018). Effective Physical Education Content and Instruction. Champaign, IL: Human Kinetics. Wardan, I. K. (2021). Analisis keterlaksanaan pembelajaran penjaskes di smpn sekecamatan bayan kabupaten lombok utara tahun pengajaran 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7 (3). 421-429. Welch, R., Alfrey, L., & Harris, A. (2020). Creativity in Australian health and physical education curriculum and pedagogy. Sport, Education and Society, 0 (0), 1–15. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1763943 Whildan, L. (2021). Analisis teori perkembangan kognisi manusia menurut Jean Piaget. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11-22. Widyaningsih, T, S. (2013). Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa SMP dalam perspektif fenomenologis; (studi kasus di SMP 2 Bantul). Disertasi Pascasarjana UNY. Tidak diterbitkan. Wijaya, W.H., Soegiyanto K.S., & Sulaiman. (2015). Permainan bokingan untuk pembelajaran permainan bola besar penjasorkes sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sports. JPES 4, (1), 51-57. Winarni, S., Rithaudin, A., Or, M., Pambudi, A. F., Setyawan, H., & Wijayanto, S. A. (2021). Implementasi penguatan budaya literasi pembelajaran PJOK kurikulum 2013 SMP di Indonesia. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198205222009121006/penelitian/Penelit ian%20R G%202021.pdf. Yang, Q.F., Hwang, G.J., & Sung, H.Y. (2020). Trends and research issues of mobile learning studies in physical education: A review of academic journal publications. Interactive Learning Environments, 28 (4), 419– 437. https://doi. org/10.1080/10494 820.2018.1533478. Yu, H., Kulinna, P. H., & Lorenz, K. A. (2018). An integration of mobile applications into Physical Education programs. Strategies, 31 (3), 13–19. https://doi.org/10.1080/0892 4562.2018.1442275. World Economic Forum. (2016, January). New vision for education: Fostering social and emotional learning through technology. Geneva: World Economic Forum (36), 1-36. Yudha, J.R.P.A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3 (2), 538-545. 230 Yuliana., Barlian, I., & Fatimah, S. (2021). Efektivitas penggunaan bahan ajar digital interaktif berbasis blog. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 8 (1), 62–72. Yunus. R. (2018). Teori belajar sibernetik dan implementasinya dalam pelaksanaan diklat. Journal of Education Science, 4 (2), (32-41). Zamanzadeh, V., Valizadeh, L., Badri Gargari, R., Ghahramanian, A., Jabbarzadeh Tabriz, F., & Crowley, M. (2016). Nursing students’ understanding of the concept of self-esteem: a qualitative study. Journal of Caring Sciences. https://doi.org/10.15171/jcs.2016.004 Zamanzadeh, V., Valizadeh, L., Gargari, R. B., Ghahramanian, A., Tabriz, F. J., & Crowley, M. (2016). Nursing students’ understanding of the concept of self-esteem: a qualitative study. Journal of caring sciences, 5 (1), 33–41. citation: Nurhidayah, Nurhidayah and Rohman, Arif (2023) NURHIDAYAH: Pengembangan Modul PJOK Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Ranah Kognitif Siswa SMP. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79342/1/disertasi-nurhidayah-16703261037.pdf