%0 Thesis %9 S1 %A Fauziyah, Salma Annisa %B Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2023 %F UNY:79055 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR BOYBAND NCT %U http://eprints.uny.ac.id/79055/ %X Fanatisme merupakan salah satu fenomena yang sering dijumpai pada penggemar K-Pop, termasuk juga pada penggemar boyband NCT. Di sisi lain, penggemar NCT juga menunjukkan perilaku konsumtif yang berlebihan. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia yang disebarkan secara online menggunakan tautan Google Form. Sampel penelitian ini berjumlah 405 responden dari metode insidental sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, yaitu responden harus merupakan penggemar boyband NCT, Warga Negara Indonesia (WNI), dan juga bertempat tinggal di Indonesia. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Fanatisme dengan koefisien reliabilitas α=0,713 dan juga Skala Perilaku Konsumtif yang memiliki koefisien reliabilitas α=0,840. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fanatisme berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Nilai koefisien regresi = 0,677 dan nilai signifikansi 0,000 (p>0,05) yang membuktikan bahwa fanatisme berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Sumbangan efektif sebesar 0,289 atau 28,9% dan sisanya sebesar 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata kunci: Fanatisme, Perilaku Konsumtif, Penggemar, Boyband NCT