eprintid: 78893 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/88/93 datestamp: 2023-09-13 07:28:04 lastmod: 2023-09-13 07:28:04 status_changed: 2023-09-13 07:28:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraheni, Imami corp_creators: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. title: Keterlaksanan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: evaluasi, discrepancy, pembelajaran, kurikulum merdeka note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui seberapa baik tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar pada kurikulum merdeka beberapa sekolah di Kapanewon Ngaglik. Dalam penelitian ini model evaluasi yang digunakan adalah model Discrepancy Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK dan siswa diempat sekolah yang ada di Kapanewon Ngaglik. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini meliputi 4 orang kepala sekolah, 6 orang guru PJOK dan 4 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas isi dibuktikan dengan koefisien Indeks V-Aiken dengan hasil sebesar 0,88 sehingga dapat dikatakan Valid. Sedangkan estimasi reliabilitas Cronbach's Coefficient Alpha sebesar 0,904 (lebih dari 0,07) sehingga bersifat reliabel dihitung dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar pada kurikulum merdeka di empat sekolah di Kapanewon Ngaglik berada pada kategori “Baik”. Hasil analisis instrumen kepala sekolah dengan mean 78,00, hasil penilaian dengan persentase 50% pada kategori “Baik” ada (2 orang kepala sekolah), kategori “cukup” dengan persentase 25% ada (1 orang kepala sekolah) dan kategori ”kurang” dengan persentase 25% ada (1 orang kepala sekolah). Kemudian Hasil analisis instrumen guru PJOK dengan mean 58,00, hasil penilaian dengan persentase 50% pada kategori “baik” ada (3 orang guru), pada kategori “cukup” dengan persentase 17% ada (1 orang guru), dan kategori “cukup” dengan persentase 33% ada (2 orang guru). date: 2023-08-28 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: Nugraheni, Imami (2023) Keterlaksanan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78893/1/fulltext_imami%20nugraheni_19711251088.pdf