%0 Thesis %9 S1 %A Illahi, Akbar Ridho %A Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or., %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2023 %F UNY:78868 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K latihan imagery, ketepatan, tendangan lurus %T Perbedaan Pengaruh Latihan Mental Imagery Terhadap Peningkatan Ketepatan Tendangan Lurus Pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat MAN 2 Sleman dan MAN 4 Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/78868/ %X Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh latihan mental imagery terhadap ketepatan tendangan lurus pada siswa ekstrakurikuler yang mengikuti pencak silat MAN 2 Sleman dan MAN 4 Sleman. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain “pre-experimental design”. Penelitian ini menggunakan subjek peserta ekstrakurikuler pencak silat di MAN 2 Sleman dan MAN 4 Sleman yang berjumlah 34 siswa yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengukur ketepatan tendangan lurus adalah instrumen mengukur keterampilan pencak silat dari Johansyah Lubis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pengaruh latihan mental imagery terhadap ketepatan tendangan lurus pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat MAN 2 Sleman dengan perlakuan di luar ruangan sedangkan MAN 4 Sleman di dalam ruangan. Nilai rerata yang diperoleh siswa MAN 2 Sleman 70,150 sebelum diberi perlakuan dan nilai mean posttest ketepatan tendangan lurus mengalami peningkatan menjadi 79,275, sedangkan nilai rerata yang diperoleh siswa MAN 4 Sleman 71,179 dan nilai mean posttest ketepatan tendangan lurus mengalami peningkatan menjadi 81,500. Rerata kenaikan yang diperoleh siswa ekstrakurikuler pencak silat MAN 4 Sleman lebih besar dibandingkan dengan MAN 2 Sleman dengan selisih 1,196. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara MAN 4 Sleman dan MAN 2 Sleman, bahwa perlakuan latihan mental imagery yang dilakukan oleh siswa MAN 4 Sleman di ruangan tertutup lebih efektif dibandingkan dengan siswa MAN 2 Sleman di ruangan terbuka yang kurang kondusif. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or.