%L UNY78861 %K tingkat pengetahuan, permainan tradisional %X Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan permainan tradisional pada anak kelas V di SD Negeri Samirono. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Instrumen yang digunakan yaitu tes benar salah. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini yaitu total sampling dengan seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri Samirono Yogyakarta, yang berjumlah 30 peserta didik. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan permainan tradisional pada anak kelas V di SD Negeri Samirono Yogyakarta berada pada kategori sangat tinggi 7% (2 peserta didik), tinggi 30% (9 peserta didik), sedang 37% (11 peserta didik), rendah 23% (7 peserta didik), dan sangat rendah 3% (1 peserta didik). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemapuan pengetahuan permainan tradisional pada anak kelas V di SD Negeri Samirono Yogyakarta, terbesar pada kategori sedang. %D 2023 %A Risqi Dwi Astini %O Dosen Pembimbing: Dr. R. Sunardianta, M.Kes. %T Tingkat Pengetahuan Permainan Tradisional Pada Anak Kelas V di SD Negeri Samirono Yogyakarta %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan