eprintid: 78834 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/88/34 datestamp: 2023-11-15 07:21:06 lastmod: 2023-11-15 07:21:06 status_changed: 2023-11-15 07:21:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nasrullah, Fatahudin corp_creators: Prof. Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd. title: Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri Se Kabupaten Gunungkidul ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, model CIPP note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul dengan menggunakan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Model evaluasi dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan Orang Tua Murid di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian 15 Kepala Sekolah, 15 Guru PJOK, dan 15 Orang tua murid. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul sebesar 90% pada kategori sangat baik. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul sebesar 93% pada kategori sangat baik. Indikator keterampilan mengajar penjas 97% pada kategori sangat baik dan tujuan pembelajaran sebesar 89% pada kategori baik. (2) Input Evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul sebesar 86% pada kategori sangat baik. Indikator profil guru 89% pada kategori sangat baik, sedangkan indikator profil peserta didik 82% pada kategori baik dan sarana prasarana pembelajaran 85%pada kategori baik. (3) Process evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul sebesar 88% pada kategori sangat baik. Indikator silabus 93% pada kategori sangat baik , pelaksanaan pembelajaran 87% pada kategori sangat baik, sedangkan indikator RPP 85% pada kategori baik. (4) Product evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gunung Kidul sebesar 93% pada kategori sangat baik. Indikator evaluasi proses pembelajaran 91% pada kategori sangat baik dan evaluasi hasil pembelajaran 95% pada kategori sangat baik. date: 2023-10-24 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Nasrullah, Fatahudin (2023) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri Se Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78834/1/fulltext_fatahudin%20nasrullah_21633251011.pdf