%0 Thesis %9 S2 %A Prasetiyo, Farhan Budi %A Dr. Ermawan Susanto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani %D 2023 %F UNY:78764 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K implementasi, kurikulum merdeka belajar, PJOK %T Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/78764/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. (2) Kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PJOK di SMP Negeri se- Kabupaten Sleman yang diambil berdasarkan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman berada pada kategori cukup dan baik yaitu sebesar 50,00%. SMP Negeri se- Kabupaten Sleman sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar secara bertahap, dan sudah menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek yang merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang ada dalam Kurikulum Merdeka Belajar. (2) Kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman yaitu guru masih sulit dalam menanamkan 6 karakter Profil Pelajar Pancasila kepada siswa dengan berbagai karakteristik yang dimiliki masing-masing siswa. Selain itu dari pengamatan yang peneliti lakukan juga terlihat bahwa guru belum bisa keluar dari zona nyaman mereka dalam mengajar seperti terlihat bahwasannya dalam mengajar masih nyaman dengan penggunaan metode itu-itu saja dan masih minimnya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran, hal ini terlihat ketika guru mengajar kebanyakan hanya menjelaskan materi kemudian memberikan tugas untuk siswa. (3) Solusi yang dilakukan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman yaitu guru mencari informasi atau referensi tentang asesmen pembelajaran dan rutin mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang diadakan. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.