eprintid: 78763 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/87/63 datestamp: 2023-10-18 09:05:57 lastmod: 2023-10-18 09:05:57 status_changed: 2023-10-18 09:05:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arus, Mauri Arpin corp_creators: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. title: Pengaruh Modifikasi Sarana dan Prasarana Terhadap Minat dan Hasil Belajar Lompat Jauh Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuke Hulu ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: modifikasi sarana dan prasarana, lompat jauh, minat belajar, hasil belajar note: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan modifikasi sarana dan prasarana lompat jauh terhadap minat belajar peserta didik; (2) Pengaruh penggunaan modifikasi sarana dan prasarana lompat jauh terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Perbedaan rata-rata minat belajar dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modifikasi sarana dan prasarana lompat jauh dengan peserta didik yang tidak menggunakan modifikasi. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest and posttest, control group design. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuke Hulu. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuke Hulu, dengan jumlah populasi sebanyak 103 peserta didik dan sampel berjumlah 52 peserta didik. Instrumen untuk pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anova dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari modifikasi sarana dan prasarana terhadap minat belajar lompat jauh peserta didik, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari modifikasi sarana dan prasarana terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. (3) Terdapat perbedaan rata-rata minat belajar dan hasil belajar lompat jauh peserta didik antara penerapan modifkasi sarana dan prasarana dengan yang tidak menggunakan modifikasi sarana dan prasarana. Terbukti dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. Penerapan modifikasi sarana dan prasarana lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan modifikasi dengan selisih rata-rata nilai minat belajar sebesar 12,00 dan selisih hasil belajar sebesar 7,92. date: 2023-09-29 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Arus, Mauri Arpin (2023) Pengaruh Modifikasi Sarana dan Prasarana Terhadap Minat dan Hasil Belajar Lompat Jauh Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuke Hulu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78763/1/fulltext_mauri%20arpin%20arus_21633251020.pdf