TY - THES M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/78747/ TI - Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Sleman Y1 - 2023/07/28/ PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. KW - evaluasi KW - pembelajaran PJOK KW - kompetensi pedagogik AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman berdasarkan Antecedents, Transactions, dan Outcomes. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model Stake. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK SD Negeri se-Kabupaten Sleman. Teknik sampling menggunakan quota random sampling, dengan toleransi kesalahan yang digunakan yakni 5%, yaitu sejumlah 188 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori kurang. (2) Antecedents evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori baik. Indikator menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual sebesar 3,31 pada kategori baik, indikator menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik sebesar 3,30 pada kategori baik, indikator mengembangkan kurikulum PJOK sebesar 3,23 pada kategori kurang, indikator menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sebesar 3,29 pada kategori baik (3) Transactions evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori sangat kurang. Indikator memanfaatkan teknologi informasi unruk kepentingan pembelajar sebesar 3,08 pada kategori sangat kurang, indikator memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki sebesar 3,28 pada kategori baik, indikator berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik sebesar 3,32 pada kategori baik. (4) Outcomes evaluasi kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Sleman hasilnya pada kategori Sangat Kurang. Indikator menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sebesar 3,27 pada kategori baik, indikator memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran sebesar 3,24 pada kategori kurang, dan indikator melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 3,13 pada kategori sangat kurang. ID - UNY78747 A1 - Saputra, Muhammad Wigi ER -