%K pemahaman, peserta didik kelas V, lompat jauh gaya jongkok %T Pemahaman Peserta Didik Kelas V Tentang Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok di SD Muhammadiyah Mirisewu %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat pemahaman peserta didik SD Muhammadiyah Mirisewu terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Mirisewu Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 8 juli sampai 10 juli 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitan yang berupa pilihan ganda dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Poulasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 53 peserta didik dengan teknik total sampling. Validitas dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 21 kemudian dilakukan analisis butir soal. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Mirisewu Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok berada pada kategori baik. Secara rinci didapat hasil bahwa 5 siswa (9,43%) memperoleh kategori kurang, sebanyak 14 siswa (26,42%) memperoleh kategori cukup, dan sebanyak 34 siswa (64,15%) memperoleh kategori baik. %A Rizal Harry Kurniawan %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %L UNY78706 %O Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes. %D 2023