eprintid: 78680 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/86/80 datestamp: 2023-08-30 04:44:37 lastmod: 2023-08-30 04:44:37 status_changed: 2023-08-30 04:44:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putra, Richard Pratama corp_creators: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. title: Fenomena Bermain Gadget Saat Latihan pada Member di Lembah Fitness ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: penggunaan gadget, lembah fitness, hasil penelitian. note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. abstract: Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia menciptakan fenomena baru yaitu memainkan gadget ketika sedang melakukan latihan di gym. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya fenomena bermain gadget saat latihan pada member di Lembah Fitness. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini sebanyak 5 orang yaitu satu instruktur, dua member perempuan dan dua member laki-laki di Lembah Fitness dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dari Miles & Huber Man. Validitas dalam instrument penelitian yang digunakan menggunakan metode triangulasi dan uji validitas oleh ahli. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan data wawancara, dapat disimpulkan bahwa: (1) Member di Lembah Fitness rata-rata menggunakan gadgetnya ketika sedang berlatih, (2) Dampak positif dan dampak negatif dapat terjadi ketika member memainkan gadgetnya saat sedang berlatih, (3) Berdasarkan faktor internal, member menggunakan gadgetnya karena mereka mau fokus berlatih, atau hanya untuk melampiaskan kebosanan, faktor ini merupakan faktor yang paling berpengaruh pada penelitian ini, (4) Pada faktor situasional, member menggunakan gadget untuk mengisi waktu luangnya (interval istirahat), (5) Pada faktor sosial, member menggunakan gadgetnya untuk berkomunikasi secara online dengan teman, saudara, dan lain-lain, (6) Dan pada faktor eksternal, member akan memainkan gadgetnya karena adanya daya tarik fitur-fitur pada gadgetnya. date: 2023-07-25 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: skripsi citation: Putra, Richard Pratama (2023) Fenomena Bermain Gadget Saat Latihan pada Member di Lembah Fitness. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78680/1/fulltext_richard%20pratama%20putra_19603141028.pdf