@phdthesis{UNY78655, author = {Anang Restu Pradana}, title = {Pengembangan Model Permainan Sepak Bola Duo Gawang Dalam Pembelajaran Penjasorkes Peserta Didik Sekolah Dasar}, year = {2023}, month = {July}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/78655/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa model permainan sepak bola duo gawang dalam pembelajaran penjasorkes peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berbasis penelitian (research-based development) dengan langkah-langkah: 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian Pustaka, 2) Mengembangkan produk awal yang berupa peraturan permainan sepak bola yang dimodifikasi, 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, 4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, 5) Uji lapangan, 6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, dan 7) Hasil akhir model modifikasi permainan sepak bola untuk peserta didik kelas V SD Negeri Mayangan Kabupaten Sleman yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Hasil penelitin ahli sepak bola dan ahli pembelajaran penjas menunjukkan produk awal modifikasi permainan sepak bola yang telah dibuat dinyatakan telah baik walaupun masih perlu revisi pada bagian-bagian tertentu. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan sepak bola sudah baik (71\%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan sepak bola sangat baik (86\%). Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu pengembangan modifikasi permainan sepak bola layak digunakan untuk bahan pembelajaran karena mendapat penerimaan secara baik oleh peserta didik dan dapat meningkatkan gerak dasar dasar peserta didik selama pembelajaran.}, keywords = {pengembangan, sepak bola, peserta didik kelas V} }