@phdthesis{UNY7851,
          school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA},
           title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS
(OUTDOOR MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS
III B SD NEGERI GAMOL SLEMAN
TAHUN AJARAN 2011/2012},
            year = {2012},
          author = {SUSLIA MARTHA KRISTINA DWI },
           month = {June},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/7851/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model
pembelajaran matematika di Luar Kelas( Outdoor Mathematics) pada siswa kelas
III B SD Negeri Gamol Sleman tahun ajaran 2011/ 2012.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan pada tanggal 13 Maret sampai 7 April 2012. Subjek penelitian adalah
siswa kelas III B SD Negeri Gamol Sleman tahun ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 16 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik
kolaboratif. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar
tes dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran Outdoor Mathematics dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
III B SD Gamol pada mata pelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar
ditunjukan dengan adanya peningkatan pada aspek kognitif yaitu dari nilai ratarata
kelas pada pra tindakan 62,19 dengan ketuntasan klasikal 31,25\%( 5 siswa).
Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 69,09 dengan ketuntasan klasikal
56,25\% (9 siswa) dan pada siklus II mencapai 85,31 dengan ketuntasan klasikal
87,50\%(14 siswa); Peningkatan persentase aspek afektif sebesar 14,69\% dari
siklus I ke siklus II (71,40\% meningkat menjadi 86,09\%) dan; Peningkatan
persentase aspek psikomotor sebesar 13,6 \% dari siklus I ke siklus II (72,96\%
meningkat menjadi 86,56 \%). Adapun proses pembelajaran dilaksanakan dengan
tahapan sebagai berikut: 1) membagi siswa dalam kelompok, 2) aktivitas di luar
kelas , 3) pemberian tugas , 4) diskusi kelompok, 5) melaporkan hasil dan 7)
kesimpulan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika di
Luar Kelas (Outdoor Mathematics)},
        keywords = {Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika di
Luar Kelas (Outdoor Mathematics).}
}