eprintid: 7848 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/78/48 datestamp: 2012-11-28 01:27:25 lastmod: 2019-01-29 17:16:10 status_changed: 2012-11-28 01:27:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HANA, KURNIAWAN corp_creators: ANDIAN ARI I, M.Com corp_creators: DIANA RAHMAWATI, M.Si corp_creators: SUKANTI, M.Pd title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGHITUNG MUTASI DANA KAS KECIL SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: eko_akuntansi subjects: perpus divisions: fe_pend_akuntansi divisions: upt_perpus full_text_status: public abstract: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan membandingkan perolehan skor Motivasi Belajar Akuntansi dengan skor maksimum kemudian dipersentasekan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 16,28% dari sebelum penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) sebesar 53,31% meningkat menjadi 69,60% di siklus 1. Selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar 11,47% atau diperoleh skor sebesar 81,07%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 4,18% dari skor siklus 1 sebesar 70,86% ke siklus 2 sebesar 75,04%. Dengan cross check yang dilakukan melalui wawancara diperoleh pula hasil bahwa sebagian besar data yang diperoleh konsisten dengan data observasi dan data angket. date: 2012-05 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI thesis_type: skripsi citation: HANA, KURNIAWAN (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGHITUNG MUTASI DANA KAS KECIL SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/7848/1/1-08403244039.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7848/2/BAB%201-08403244039.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7848/3/BAB%202-08403244039.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7848/4/BAB%205-08403244039.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/7848/5/LAMPIRAN-08403244039.pdf