@phdthesis{UNY78434, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.}, month = {June}, title = {Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas}, year = {2023}, author = {Muhammad Syam?un Al Ghazi}, keywords = {permainan sederhana, kecepatan, kelincahan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk model perangkat pembelajaran melalui permainan sederhana untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan peserta didik SD kelas atas, serta mengetahui kelayakkan dan keefektivan model perangkat pembelajaran melalui permainan sederhana. Model perangkat pembelajaran ini dikembangkan untuk dapat digunakan oleh peserta didik SD kelas atas dalam menghadapi kemungkinan penurun performa kecepatan dan kelincahan peserta didik pada saat pembelajaran PJOK, sehingga peserta didik SD kelas atas mampu menjaga peforma kecepatan dan kelincahan pada saat pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg \& Gall meliputi sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan diseminasi. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK dan peserta didik SD. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan, yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap satu guru PJOK dengan 20 peserta didik, uji coba skala besar dengan dua guru PJOK dengan 40 peserta didik, dan pada uji efektivitas dengan dua guru PJOK dengan 40 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah model perangkat pembelajaran melalui permainan sederhana untuk guru yang digunakan sebagai bahan pembelajaran PJOK untuk peserta didik SD kelas atas, tingkat kelayakan produk ini diketahui melalui penilaian validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata penilaian aspek materi sebesar 3,83 dengan kategori ?baik/layak?, validasi ahli media mendapatkan penilaian sebesar 4,1 dengan kategori ?baik/layak?, dan validasi ahli bahasa indonesia mendapatkan penilaian sebesar 3,9 dengan kategori ? baik/layak?, pada tahap uji coba skala kecil, diperoleh hasil penilaian dari guru sebesar 4,2 dengan kategori ?sangat layak? dan hasil tes kecepatan dan kelincahan sebesar 60\% dan 50\% dengan kategori ?cukup?, pada tahap uji coba skala besar, diperoleh hasil penilaian dari guru sebesar 4,3 dengan kategori ?sangat layak? dan hasil tes kecepatan dan kelincahan sebesar 75\% dan 65\% dengan kategori ?layak?, berdasarkan uji efektivitas variabel kecepatan dengan tes lari cepat 40 m diperoleh nilai pretest sebesar 5,5\% dan posttest sebesar 90\%. Variabel kelincahan dengan lari zig-zag (IIlinois Aglitiy Test) diperoleh nilai pretest sebesar 47,5\% dan posttest sebesar 82,5\%. Dapat disimpulkan bahwa menghasilkan model prangkat pembelajaran melalui permainan sederhana yang sudah tervalidasi kelayakannya dan teruji keefektifannya untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan peserta didik SD kelas atas.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/78434/} }