%0 Thesis %9 S1 %A Khansa, Annisa Husnia %B Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2023 %F UNY:78407 %I Universitas Negeri Yogyakarta %P 1 %T PERAN SELF-COMPASSION TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/78407/ %X Permasalahan akademik yang dialami oleh siswa sekolah menengah atas sangatlah beragam seperti masalah adaptasi hingga kegagalan akademik. Munculnya berbagai situasi yang menekan akan menjadi stressor bagi siswa dan apabila hal tersebut tidak tertangani dengan baik mampu memunculkan stress yang merugikan siswa. Oleh karena itu, siswa memerlukan resiliensi akademik. Resiliensi akademik penting dimiliki untuk membantu siswa memanajemen dan mengontrol diri dalam menghadapi berbagai tantangan serta kesulitan akademik. Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan resiliensi akademik adalah self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-compassion terhadap resiliensi akademik siswa kelas XI di SMAN 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Magelang. Sampel penelitian berjumlah 213 siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi Self-compassion Scale versi Indonesia dan Academic Resilience Scale versi Indonesia dengan menggunakan uji validitas isi expert judgement dan seleksi item corrected-item total correlations. Koefisien reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0.899 pada Skala Self-compassion dan 0.892 pada Skala Resiliensi Akademik. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS ver.25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran positif self-compassion terhadap resiliensi akademik (p<0.05) sebesar 25.1%. Sisanya sebesar 74.9% merupakan peran dari faktor-faktor lain di luar self-compassion. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima.