%0 Thesis %9 S1 %A Siti, Nurhajiyah %A Dr.Suparno, M.Pd., %A Sudaryanti, M.Pd., %A Hajar Pamadhi, MA (Hons), %A Amir Syamsudin, M.Ag., %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:7836 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K motorik halus aktivitas menggambar kelompok B2 di TK ABA Bogoran. %T PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA BOGORAN TRIRENGGO BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/7836/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motorik halus pada anak melalui aktivitas menggambar dalam pembelajaran kelompok B2 di TK ABA Bogoran Trirenggo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subyek penelitian ini, semua anak Kelas B2 TK ABA Bogoran Trirenggo Bantul yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 14 laki-laki, 16 perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah motorik halus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa portofolio. Instrument penelitian menggunakan instrument panduan observasi, dan praktik langsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motorik halus yang signifikan pada anak melalui aktivitas menggambar. . Hal ini dibuktikan dari ketiga teknik pengumpulan data hasil rerata pre test yang diperoleh sebagian besar adalah dengan nilai rerata 1 sebanyak 11 anak. Pada Siklus 1 sebagian besar anak dengan nilai rerata 3 sebanyak 13 anak, dan pada Siklus 2 sebagian besar anak dengan nilai rerata 3 sebanyak 15 anak dari total 30 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggambarkan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B2 TK ABA Bogoran Trirenggo Bantul dan disarankan agar aktivitas menggambar lebih banyak dikembangkan di TK umum ainnya agar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.