%0 Thesis %9 S2 %A Arif, Muh %A Dr. Widiyanto, M.Kes., %B Ilmu Keolahragaan %D 2023 %F UNY:78358 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K model pembelajaran PJOK, aplikasi tik tok, pemahaman pembelajaran teknik renang %T Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Teknik Renang Peserta Didik Di SMA/SMK %U http://eprints.uny.ac.id/78358/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi tik tok, (2) menguji kelayakan pembelajaran aplikasi tik tok berdasarkan penilaian ahli media, guru dan siswa, (3) menguji efektivitas media i pembelajaran aplikasi tik tok untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran teknik renang peserta didik Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan analyze, design, develop, implement, evaluate (ADDIE). Tahapan penelitian ini sebagai berikut: (1) observasi sebagai analisis kebutuhan, (2) melakukan desain model pembelajaran, (3) melakukan validasi model dan revisi, (4) melakukan uji skala kecil dan uji skala besar dan revisi, (5) melakukan uji efektivitas dengan mengujikan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran teknik renang. Populasi dalam penilitian ini adalah 185 peserta didik peserta didik dari kelas XI SMA N Colombo Sleman, SMKN 1 Godean dan SMKN 1 Wonogiri. Teknik dalam penilitian menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah 94 Peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, teknik delphi dan angket. Instrumen penelitian adalah angket yang sudah divalidasikan. Teknik analisis data menggunakan uji persentase, deskriptif data yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian yaitu: (1) telah tersusun model pembelajaran PJOK menggunakan aplikasi tik tok iuntuk meningkatkan motivasi belajar berenang, (2) berdasarkan penilaian ahli materi pembelajaran renang telah ditemukan nilai persentase 81%, Ahli media pembelajaran renang ditemukan persentase 89.0%,terkait penilaian guru ditemukan nilai persentase 90,5%, terkait penilaian siswa ditemukan nilai persentase 91,8%. (3) dengan hasil uji kelayakan tersebut dikategori 80 < N 100 yaitu sangat layak di gunakan. Uji efektivitas pemahaman pembelajaran teknik renang peserta didk ditemukan persentase nilai 78,5 %iyaitu efektif digunakan. Kesimpulannya, bahwa media pembelajaran PJOK menggunakan aplikasi tik tok dapat dikatakan memiliki kelayakan yang baik, kemudian media pembelajaran PJOK yang dikembangkan efektif membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran teknik renang peserta didik. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.