eprintid: 78346 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/83/46 datestamp: 2023-10-31 08:28:13 lastmod: 2023-10-31 08:28:13 status_changed: 2023-10-31 08:28:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wiyatmo, Yusman creators_name: Rosana, Dadan title: Pengembangan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Berbasis Kemampuan Encoding dan Concept Networking (PIBKE-dCN) Untuk Mereduksi Miskonsepsi dan Menumbuhkan Sikap Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. ispublished: pub subjects: D4 subjects: F2 divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: encoding, concept networking, miskonsepsi, dan sikap kreatif abstract: Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan desain model pembelajaran pemrosesan informasi berbasis kemampuan encoding dan concept networking (PIBKE- dCN) hipotetik yang layak untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa calon guru fisika, 2) menghasilkan model pembelajaran PIBKE-dCN yang layak praktis, dan efektif untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa calon guru fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D model. Pada tahapan Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahapan Design dilakukan penyiapan kerangka konseptual model pembelajaran PIBKE-dCN dan mensimulasikan model dalam skala kecil. Pada tahapan Develop dilakukan expert appraisal dan developmental testing untuk mendapatkan model yang layak dan efektif. Pada tahapan Disseminate dilakukan penyebarluasan produk model PIBKE-dCN pada pengguna. Produk penelitian yang dikembangkan adalah: model pembelajaran PIBKE-dCN, modul, dan LKM. Kelayakan produk dinilai oleh 2 orang validator ahli. Instrumen penelitian berupa tes miskonsepsi, tes kemampuan encoding, tes kemampuan concept networking, angket sikap kreatif, dan angket respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran PIBKE-dCN. Tes kemampuan encoding digunakan untuk menjaring data kemampuan mahasiswa dalam menyandikan materi fisika dengan simbol, gambar, dan pemaknaan. Tes concept networking digunakan untuk mengkur kemampuan mahasiswa dalam membangun jejaring konsep. Instrumen tes dan angket divalidasi oleh 2 orang ahli. Validitas tes dan angket dianalisis dengan Aikens’V. Validitas empiris tes dan angket dianalisis dengan model Rash. Butir tes/angket dinyatakan valid jika memiliki INFITMSQ 0,77-1,33. Reliabilitas tes/angket detentukan dengan koefisien KR-20. Tes/angket dinyatakan reliabel jika koefisien KR-20 > 0,7. Produk diujicobakan secara terbatas pada 75 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan diujicobakan secara luas pada 124 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Efektivitas model pembelajaran PIBKE-dCN dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah: 1) desain model pembelajaran PIBKE-dCN adalah: mengacu pada teori belajar Gagne dan model memori Lorayne dan Lucas. Sintaks: penyampaian informasi, tahap encoding, tahap concept networking, dan evaluasi. Sistem sosial: mahasiswa dan dosen bekerjasama dalam tim untuk mengonstruksi materi. Prinsip reaksi: dosen membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi simbol, merepresentasikan fenomena dalam bentuk gambar, dan membuat jejaring konsep. Sistem pendukung: modul, LKM, media visual. Dampak pembelajaran: penguatan jejaring konsep, penguatan memori, dan penguasaan materi, serta reduksi miskonsepsi. Dampak pengiring: penguatan berfikir divergen dan peningkatan sikap kreatif, 2) model pembelajaran PIBKE-dCN layak, praktis, dan efektif untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa dengan effect size masing-masing sebesar 0,81 dan 0,86 dengan kategori tinggi. date: 2023-07-18 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Adni, A. dan Hidayati, D.S., (2014). Perbedaan Recognition Memory Kata dan Gambar pada Media Narasi Bergambar. Jurnal Psikologi Volume 10 Nomor 1 Anderson, J., and Barnett, N. (2011). Using Video Games to Support Pre-Servive Elementary Teachers Learning of Basic Physics Principles. Journal of Science Education Technology, 20, 347-362. Alwan, A.A., (2010). Misconception of heat and temperature Among physics students. International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2010), 1877-0428 © 2011 Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Aufschnaiter, C.V. dan Rogge, C. (2019). Misconceptions or Missing Conceptions? Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education 6 (1) Germany. Barke, H.D., Al Hazari, & Yitbarek, S. (2009). Misconceptions in Chemistry. Addressing Perceptions in chemical Education. Berlin: Springer Bayraktar, S. (2009). Miskonseptions about Turkish’s Preservice Teacher about Force and Motion. International Journal of Science and Mathematics Education, 7, 273-291. Berg, E.V.D. (1991). Pengantar Salah Konsep Fisika dengan Contoh Hasil Penelitian di UKSW. Salatiga: JPMIPA Fisika UKSW. Brown, S.C.m dan Craik, F.I.M., (2012). Encoding and retrieval of information. Research Gate Article, March 2012. Busyairi, A., Joni Rokmat, dan Ni Nyoman Sri Putu Verawati, (2021). Penggunaan Paradigma Gaya Gesek Sebagai Gaya Reaksi Untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 6 Nomor 1. Chi, M.T.H., Chiu, M., and DeLeeuw, N. (1992). Learning in a Nonphysical Science Domain: The Human Circulatory System, Research Report ti ERIC. Craig, C. J. & Deretchin, L.J. (2011). Cultivating Curious and Creative Minds: The Roles of Teachers and Teacher Educator: Part II Teacher Educator Yearbook XIX. Maryland, Playmouth UK, Toronto: Rowman and Littlefield Education. 206 Dahar, R.W., (1988). Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga. Halaman 136. Darmadi, (2016). Model Memori Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 2. Nomor 2. Halaman 93-186. Daud, N.S.N, Karim, M.M.A, Hasan, S.W.N.W., dan Rahman, N.H.A. (2015). Misconception and Difficulties in Introductory Physics Among High School and University Students: An Overview in Mechanics. Journal of Science, Mathematics and Technology Vol. 2 No. 1 Dykstra, D.I., Boyle, C.F., and Monarch, I.A. (1992). Studying Conceptual Change in Learning Physics. Science Education, 76, 615-621. Fachruddin, F. (2019). Dunia Pendidikan dan Pengembangan Daya Kreatif. SUKMA: Jurnal Pendidikan, Volume 3 Issue 1. Fang, N. (2014). Difficult Cocepts in Engineering Dynamics: Student Perceptions and Educational Implications. International Journal of Engineering Education, 30 (5), 1110-1119. Fisher, R. (2004). “What is creativity?” in Unlocking Creativity: Teaching Across the Curriculum, edited by Robert Fisher and Mary William. London: David Fulton Publisher. Fisher, R. & Williams, M. (2004). Unlocking Creativity: Teaching Across the Curriculum. London: David Fulton Publisher Pebriyanti, D. Sahidu, H. dan Sutrio, (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X Sman 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. (ISSN. 2407-6902) Volume I No 1. Gafoor, A.K. and Akhilesh, P.T. (2008). Misconception in Physics Among Secondary School Students. Journal of Indian Education, 34 (1), 77-90). Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston. Gagne, R.M. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning, Boston Toronto: Little, Brown and Company. Gall, M.D., Gall, J.P., and Borg, W.R. (2003). Educational Research, An Introduction Sevent Edition. Pearson Education Inc. Giancoli, D.C. (1998). Physics: Principle with Aplication, Fifth Edition (Trans: Yuhilza Hanum, Fisika Edisi Kelima Jilid 1). Jakarta: Erlangga. 207 Goenen, S. (2008). A study on Student Teacher’s Misconceptions and Scientifically Acceptable Conceptions About Mass and Gravity. Journal of Science Education and Technology, 17, 70-81. Guilford, J. . (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education 3rd Ed.New York: McGraw-Hill Book Company, Inc. Halim, L., Young, T., and Meerah, T. (2014). Overcoming Student’s Misconception on Forces in Equilibrium: An Actions Research Study. Creative Education, 5, 1032-1042. Hamid, A. A. (2005). Pendidikan Fisika Sebagai Salah Satu Bidang Ilmu. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA, Hotel Sahid Raya Yogyakart Hammer, D. 1996. More than Misconceptions: Multiple Perspectives on Student Knowledge and Reasoning, and An Appropriate Role for Education Research. American Journal of Physics, 64: 1316–1325. Haris, V. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Mekanika Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Ta’dib, 16(1): 77-86. Haryanto, (2006). Pengembangan Cara Berpikir Divergen-Konvergen Sebagai Isu Kritis Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Nomor 1. Vol. 1 Mei 2006 Herro, J.D., Canty, L.L., Ward, R., & Srinwan, V. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education, 61, 185-199. Hestenes, D. and Halloun, I. (1995). Interpreting The Force Concept Inventory. Physics Teacher, 33, 502-505. Hippel, W., Seqapquaptewa, D., dan Vargas, P., (2019). On The Role of Encoding Processes In Stereotype Maintenance. Advanced in Social Psychology, Volume 27. Hunaidah, M., Armin, A., &Fayanto, S. (2018, May). Penerapan model pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika materi pokok kalor Kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, danPendidikanFisika (pp. 293-298). Ida Kaniawati, Nuzulira Janease Fratiwi, Agus Danawan, Iyon Suyana, Ahmad Samsudin, dan Endi Suhendi. (2019). Analyzing Student’s Misconception about Newton’s Laws through Four-Tier Newtonian Test (FTNT). Journal of Turkish Science Education 16 (1) Isnainah, (2017). Peningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670) Vol. 3, No. 2, 2017, Hal. 83– 91 208 Ivowi, U.M.O. and Oludotun, J.S.O. (1987). An Investigation of Sources of Misconception in Physics. Proceeding of the Second International Seminar Misconceptions ad Educational Strategies in Science and Mathematics, Cornell University, 3, 252-257. Jamal, A., & Suyidno. (2015). Pemahaman Kreativitas, Keterampilan, Proses, dan Sikap Kreatif Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kreatif pada Matakuliah Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidkan Sains. Program Studi Pendidikan Sains Program Pasca Sarjana UNESA. Surabaya. 24 Januari 2015. Joyce, B., and Weil, M., (2000). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon. Kandarkis, A.G., dan Poulos, M.S.. (2008). Teaching Implication of Information Processing Theory and Evaluation Approach of Learning Strategy Using LVQ Neural Network. Wseas Transaction On Advances In Engineering Education. Issue 3 Volume 5. Kuo, M.C.C., Liu K.P.V., Bisset, M., Wesson, J., Tulliani, N., Rosaline, B.Y.E., dan Chu, L.W. (2015). Memory encoding processes in young and old addults. Journal Arch Neurosci, January 2 (1): e19813 Kruger, C., Palacio, D. & Summers, M. 1992. Surveys of English primary school teachers’ conceptions of force, energy and materials. Science Education, 76(4): 339–351. Lassig, C. (2020). A typology of student creativity : creative personal expression , boundary pushing and task achievement. Thinking Skills and Creativity, 36(April), 100654. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.1006 54 Lawrenz, F. 1986. Misconceptions of physical science concepts among elementary school teachers. School Science and Mathematics, 86: 654– 660. Lee, G., Kwon, J., Park, S. S., Kim, J. W., Kwon, H. G., & Park, H. K. (2003). Development Of An Instrument For Measuring Cognitive Conflict In Secondary-Level Science Classes. Journal Of Research In Science Teaching, 40 (6), 585–603. Doi: https://Doi.Org/10.1002/Tea.10099 Lee, G., & Yi, J. (2013). Where Cognitive Conflict Arises From?: The Structure of Creating Cognitive Conflict. International Journal Of Science And Mathematics Education, 11 (3), 601– 623. Doi: https://Doi.Org/10.1007/S10763-012- 9356-X Lee, G., Shin, J., Park, J., Song, S., Kim, Y., dan Bao, L.. (2005). Alternative Conceptions, Memory, & Mental Models in Physics Education. AIP Conference Proceeding 790, 165. Liu, G., and Fang, N. (2016). Student Miskonceptions about Force and Acceleration in Physiscs and Engineering Mechanics Education. International Journal of Engineering Education. Vol.32, No. 1(A), 19-29. Lopez, M. (2003). Angular and Linear Acceleration in a Rigid Rolling Body: Student’s Misconceptions. European Journal of Physics, 24, 553-562. 209 Lutz, S.T. dan Huitt, W.G., (2003). Information Processing and Memory: Theory and Applycation Educational Phsycology. Journal Interactive. Valdosta State University Marbun, S., (2020). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Usia Dini. E-ISSN: : 2502-7239 Volume 6 No.1 Juni 2020 P-ISSN: 2301-914X. p.32-43. Makhrus, M., & Busyairi, A., (2022). Reducing Misconception of Force Concepts Through Learning Conceptual Change Model with Cognitive Conflict Approach. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) Volume 8 No. 2 December 2022 Munandar, U., (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta. Miarso, Y. (2008). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Prenada Media. Mothlabane, A. (2016). Learner’s Alternative and Misconception in Physics: A Phenomenographic Study. Journal of Baltic Science Education Volume 15 Nomor 4. Neidorf, T., Arora, A., Erberker, E., and Tsokodayi, Y. (2020). Student Miskonceptions and Errors in Physics and Mathematics. IEA. Springer Open. Nurulwati, Velo, A., dan Ali, R.M. (2014). Suatu Tinjauan Tentang Jenis-jenis Dan Penyebab Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 02, No.01, 87-95. Ozkan, G., dan Selcuk, G. (2012). How Effective is: “Conceptual Change Aproach” in Teaching Physics. Journal of Educational and Instructional Studies in The World Volume 2 Issues 2 Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidkan Fisika dan Teknologi. Volume: 1 Nomor 2 (2015) April. Halaman 92-96. Pidarta, M. (1991). Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta Prayitno, E. (2016). Pengembangan Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Soal Terbuka. UPBJJ T Semarang. Vol 3. Roam D. 2011. The Magic of Picture. Diterjemahkan dari The Back of Napkin. Jakarta selatan: Ufuk Press, PT. Ufuk Publishing House Saehana, S., & Kasim, S. 2011. Studi Awal Miskonsepsi Mekanika pada Guru Fisika SMA Di Kota Palu. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Odom, A. L., & Barrow, L. H. (1995). Development and application of a two-tire diagnostic test measuring college biology students’ understanding of diffusion and osmosis after a course of instruction. Journal of research in Science Teaching. 32, 45- 61.http://dx.doi.org/10.1002/tea.3660320106. 210 Schunk. 2012. Learning Theories an Edycational Perspective. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Edisi keenam. Penerjemah: Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Singh. S., & Yaduvanshi. S., (2015). International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 3, March 2015 ISSN 22503153. Solomon, S.H., Medaglia, J.D., dan Schill, S.L.T., (2018). Implementing a Concept Network Model. Behavior Research Method Solso R L, Maclin O H, Maclin M K. 2007. Psikologi Kognitif. 8ed. Alih Bahasa Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Editor: Wibi Hardani. Jakarta: Penerbit Erlangga. Starko, A.J. (2010). Creativity in the Classroom Schools of Curious Delight. Fourth Edition. New York: Routledge. Steif, P., and Dantzler, J. (2013). A Statics Concept Inventory: Develompment and Psychometrics Analysis. Jounal of Engineering Eduacation, 94, 4, 363-371. Sternberg, R.J. (2008). Psikologi Kognitif . Edisi ke-4. Alih Bahasa: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suana, W. (2014). Mengungkap Miskonsepsi Mekanika Mahasiswa Calon Guru Fisika Semester Akhir Pada Salah Satu Universitas Di Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, Volume 15, Nomor 1. Suastika, Jhoni, T.H., & Utami. T. 2015. Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa tentang Matriks Menggunakan Certainty of Response Index. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 4: 216-220. Sugrah, N., (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Volume. 19. Nomor 2. September 2019 Hal:121-13. Suharto, Csapo, B., Sarimanah, E., Dewi, F.I., dan Sabri, T. (2019). A Review of Student’s Common Misconception in Science and Their Diagnostic Assessment Tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8 (2) UNNES. Sukariasih, L., Ato, A. S., Fayanto, S., Nursalam, L. O., & Sahara, L. (2019, October). Application of SSCS model (Search, Solve, Create and Share) for improving learning outcomes: the subject of optic geometric. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 3, p. 032075). IOP Publishing. Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2019; 79-88. Suparno. (2012). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo. Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K., (2022). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol. 8, No. 3, Agustus 2022. 211 Suyana, I. (2011), Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antar Konsep Fisika Siswa SMP dalam Pembelajaran Berbasis Free Inquiry dalam Meningkatkan Kemampuan Generik Sains. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16, Nomor 1, April 2011, hlm. 164-171 Temiz, B.K. and Yuvus, A. (2014). Student’s Misconception About Newton’s Second Law in Outer Space. European Journal of Physics, 35, 1-16. Terry, C., Jones, G, and Hurford, W., (1985). Children’s Conceptual Understanding of Force and Equilibrium. Physics Education, 20, 162-165. Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University Tunc, T., Cam, H., & Dӧkme, İ. (2012). Study on Misconceptions of Senior Class Students in Some Physics Topics and the Effect of the Technique Used in Misconception Studies. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 9(3): 154-159. Wahyudi, I. dan Maharta, K. (2013). Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Fisika pada Guru Fisika SMA RSBI di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, Volume 14, Nomor 1. Waluyo, W.S.B., Suyitno, H., dan Isnarto. (2019). Schemata’s Influence On Mathematics Problem Solving Skills. International Journal Scientific & Technology Research. Volume 8, Issue 08. Waluyo, W.S.B., Suyitno, H., dan Isnarto. (2020). Student’s Creative Thinking Ability anf Thinking Schemata in Cool Critical Creative Meaningful (3CM) Learning. International Journal of Inovation, Creativity and Change, Volume 11, Isssue 10. Ward, T.B. (2007). “The Multiple Roles of Educators in Children’s Creativity.” In Creativiy: A Handbook for Teachers, edited by Ai-Girl Tan. London, New York: World Scientific Warsito, B. (2008). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik. Vol. XII No. 1 White, R.T. (1992). Implications of Recent Reseach on Learning for Curriculum and Assessment. Journal of Curriculum Studies, 24, 153-164. Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Yuliati, L. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Malang: Universitas Negeri Malang. Zhou, M.Y. dan Bwown, D. (2017). Educational Learning Theories. Spring: Education Open Text Book. citation: Wiyatmo, Yusman and Rosana, Dadan (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Berbasis Kemampuan Encoding dan Concept Networking (PIBKE-dCN) Untuk Mereduksi Miskonsepsi dan Menumbuhkan Sikap Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78346/1/disertasi-yusman%20wiyatmo-19703261057.pdf