@phdthesis{UNY7834, month = {June}, author = {PRIANDARU FAUZI RIZA}, title = {PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BELI (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Matic Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo)}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Variabel celebrity endorser yang terdiri atas: familiarity, relevance, esteem, differentiation, decorum secara simultan dan parsial terhadap sikap konsumen Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo. (2) Pengaruh sikap beli terhadap minat beli konsumen Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo.(3) Pengaruh variabel celebrity endorser terhadap minat beli konsumen yang dimediasi oleh sikap beli konsumen Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo. Desain penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah konsumen Yamaha Mio di Dealer Yamaha Mataram Sakti Purworejo, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis yang di dalamnya terdapat analisis regresi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 13.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dimensi celebrity endorser yang terdiri atas: familiarity, relevance, esteem, differentiation dan decorum secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap variabel sikap beli konsumen Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo yang dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 36,382 {\ensuremath{>}} dari nilai t tabel dan signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,050. ) dimensi celebrity endorser yang terdiri atas: familiarity, relevance, esteem, differentiation dan decorum secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel sikap beli konsumen Yamaha Mio di Yamaha Mataram Sakti Purworejo yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh masing-masing dimensi celebrity endorser {\ensuremath{<}} 0,050 dan t hitung lebih besar dari t tabel. (2) variabel sikap beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dibuktikan dengan hasil analisis jalur/Path Analysis melalui regresi sederhana diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan signifikansi {\ensuremath{<}} 0,050. Model regresi Y= 3,946+0,437X. (3) Dimensi celebrity endorser secara parsial tidak berhubungan langsung / berpengaruh langsung dengan variabel minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi masing-masing dimensi lebih besar daripada 0,050 kecuali dimensi esteem yang berhubungan langsung dengan minat beli konsumen yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,013({\ensuremath{<}}0,050). Kata Kunci : celebrity endorser, sikap beli konsumen, minat beli konsumen}, keywords = {celebrity endorser, sikap beli konsumen, minat beli konsumen}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7834/} }