eprintid: 78331 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/83/31 datestamp: 2023-07-25 07:30:05 lastmod: 2023-07-25 07:30:05 status_changed: 2023-07-25 07:30:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Idkhallussururi, Avid creators_name: Sofyan, Herminarto title: Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap Kemampuan Creative Thinking, Critical Thinking, Communication, dan CollaborationSiswa di SMK Ma’arif Kota Mungkid. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: gambar teknik manufaktur, Kurikulum Merdeka, project-based learning abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan bekerjasama, dan keterampilan berkomunikasi (Keterampilan 4C) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMK Pusat Keunggulan Ma’arif Kota Mungkid pada capaian pembelajaran perancangan gambar rakitan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada kelas XII TM 1 sebagai kelas kontrol dan XII TM 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif Kota Mungkid dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelasXII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan. Penelitian ini melibatkan satu orang guru pengajar praktek untuk membantu peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL pada kelas eksperimen dan menggunakan model pembelajaran demonstrasi ceramah pada kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PjBL dalam Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan Keterampilan 4C sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 60,00, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 49,63. (2). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 40,73, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,21. (3) Peningkatan keterampilan komunikasi ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 35,77, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30,50. (4) Peningkatan keterampilan bekerja sama ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 38,77, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 34,29. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan keterampilan 4C siswa. Pada uji ANOVA didapat bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (P < 0,05) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan perlakuan dengan menggunakan metode PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan 4C siswa SMK Ma’arif Kota Mungkid. date: 2023-05-05 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta Badriyah, N.L, Anekawati Anik, Azizah, L.F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. JIPI. UNY. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/29884 Barfield, Andy. (2016). Collaboration. Jurnal ELT 70(2). Oxford University press. Retrieved from https://academic.oup.com/eltj/article/70/2/222/2397884 Billet, S. (2011). Vocational Education. New York: Springer Science and Business Media. Bukit, M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan. Bandung: Alfabeta. Clarke, L & Winch. C. (2007). Vocational Education International Approach, Development and System. New York: Routledge. David Boud & Nicky Solomon. (2003). Work based learning. Buckingham: SRHE and Open University press. Dewantara I.P.M. (2021). ICT & Pendekatan Heutagogy dalam Pembelajaran Abad ke-21. Yogyakarta: Deepublish. Dewi, M.R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum. UPI. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/44226 Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press. Hal. 1285-1300. Djojonegoro Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan; Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset. Dewey, J. (1933). How We Think: A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Educative Process. Lexington, MA: D.C. Heath 117 Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Goodman, Brandon & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505. Grant, M.M. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recomandation. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Michael-Grant-17/publication/ 228908690_Getting_a_grip_on_projectbased_learning_Theory_cases _ and_recommendations Helen Keller. (2022). Chapter 8 Thinking. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/ https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ https://puslapdik.kemdikbud.go.id/project-based-learning-profil-pelajar- pancasila-dan-gen-z/ https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka- berdasarkan-tingkat-pendidikan.html https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/model-pembelajaran- teaching-factory-di-smk-meningkat-sebesar-tujuh-persen https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan- bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media I Lenin. (2019). Conference Critical Thinking and it’s Importance in Education. Alagappa University. Karaikudi Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group. Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching And Learning. (Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: MLC. Krajcik, Joseph S. & Phyllis C. Blumenfeld. (2006). The Cambridge Handbook of the Learning Sciences. Cambridge: Cambridge University Press. 118 Kuswana, Wowo S. (2013). Taksonomi berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kepmendikbudristek No 56/M/2022. tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Lesmana, Chandra & Jaedun, Amat. (2015). Efektivitas Model Untuk Meningkatkan Project Based Learning Hasil Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi. vol 5 No 2. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6382 McPeck, J.E. & S.M. (1981). Critical Thinking and Education. New York. St. Martins Press. Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nizwardi Jalinus. & Nabawi, R.A. (2017). Implementation of The Pjbl Model to Enhance Problem Solving Skill And Skill Competency Of Community College Student. JPV Vol 7 No 3. UNY. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/14286 Noviansyah, Wahyu. & Sudira, Putu. 2020. The Praxis Of Project-Based Learning At Pika Vocational Secondary School. Semarang. JPV. UNY. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/29032 Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. OECD. (2019). PISA 2021 Creative Thinking Framework. Piirto. Jane. (2012). Creativity for 21th Century Skills: How to Embed Creativity into the Curriculum. Rotterdam: Sense Publisher. Prosser, C.A. & Quigley, T.H. (1950). Vocational Education in a Democracy. Revised Edition. Chicago: American Technical Society. Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana. Sofia. Republik Indonesia. (2003) Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. 119 Riemer.M.J. (2007). Communication Skills for the 21st Century Engineer. Monash University. Global J. of Engng. Educ., Vol.11, No.1. Roberts, Timothy S. (2004). Collaborative Learning: Theory and Practice. London: Idea Group Inc. Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada. Sani. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Siti Rahmi. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya Dalam Konseling. Aceh: Syiah Kuala University Press Shtaltovna, Yuliya. (2021). Can a Skill be Measured or Assessed? 6-Level Skills Development Approach to Skill Assessment. GiLE Journal of Skills Development. International School of Management Germany. Retrieved from https://gjsd.gile-edu.org/index.php/home/article/view/1-shtaltovna-12- 24 Stephen, Isaac. & Michael. (1982). Handbook in Research and Evaluation 2nd, edition. San Diago, Calipornia: Edits Publisher. Sudira, P. (2017). TVET ABAD XX1 Filosofi, Teori, Konsep dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI Inovasi, Teori, dan Praksis. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2020). Paradigma baru pembelajaran vokasional era revolusi industri 4.0 membangun SDM digital among kreativitas dagang inovasi. Yogyakarta: UNY Press. Sudji Munadi. Penilaian Hasil Belajar. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono & Susanto, Agus. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta: Bandung 120 Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Suryandari, K.C. at all. (2018). Project-Based Science Learning And Pre- Service Teachers’ Science Literacy Skill And Creative Thinking. Cakrawala Pendidikan. UNY. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/17229 www.spssindonesia.com/2014/02/uji-homogenitas-dengan-spss.html Wayong A. Relevansi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada sekolah kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja. UNIMA. APTEKINDO. Zorana Ivcevic, Emily C. Nusbaum. (2017). From Having an Idea to Doing Something With it: Self-Regulation for Creativity. United States. Yale Univercity citation: Idkhallussururi, Avid and Sofyan, Herminarto (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap Kemampuan Creative Thinking, Critical Thinking, Communication, dan CollaborationSiswa di SMK Ma’arif Kota Mungkid. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/78331/1/tesis-avib%20idkhallussururi-21702251039.pdf