%0 Thesis %9 S3 %A Pradipta, Galih Dwi %A Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., %A Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes., %B Ilmu Keolahragaan %D 2023 %F UNY:78270 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K model pembelajaran gerak, Senam Si Buyung, keterampilan gerak, siswa taman kanak-kanak %T Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Berbasis Senam Si Buyung Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Taman Kanak-Kanak %U http://eprints.uny.ac.id/78270/ %X Senam Si Buyung merupakan salah satu bentuk aktivitas jasmani yang cocok bagi anak-anak dan dapat dipergunakan sebagai wahana dalam pembelajaran di Taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak berbasis Senam Si Buyung yang valid, layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa Taman kanak-kanak (TK). Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model Borg dan Gall. Sepuluh langkah tahapan R n D Model Borg and Gall adalah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi dan data penelitian awal untuk analisis kebutuhan, (2) perencanaan penelitian dan pengembangan produk, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal: uji coba lapangan skala terbatas dilakukan kepada sebanyak 30 siswa (TK Masyitoh 1 Kota Magelang), (5) penyempurnaan produk awal, (6) uji coba lapangan luas: uji coba skala luas sebanyak 245 siswa (TK Kemala Bayangkari 82 Kota Magelang: 78 siswa), (TK Masyitoh 9 Kota Magelang: 47 siswa), (TK Pertiwi Kota Magelang: 50 siswa), dan (TKIT Asy Syaffa 2 Kota Magelang: 50 siswa); (7) penyempurnaan hasil ujicoba lapangan, (8) Uji operasional lapangan atau uji efektivitas, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Instrumen pengumpulan data 3 jenis yaitu instrumen kelayakan, instrumen kepraktisan, dan intrumen kefektifan model. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis validitas isi (aiken’s V), analisis kelayakan dan kepraktisan (desktiptif kualitatif dan kuantitatif), serta analisisis uji efektivitas (eksperimen). Penelitian dan pengembangan berhasil menyusun model pembelajaran gerak berbasis senam Si Buyung untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar locomotor, non locomotor, dan manipulative pada siswa TK. Model pembelajaran yang dikembangkan layak, praktis, dan efektiv dalam pelaksanaanya. Model yang dikembangkan telah tervalidasi kelayakan, kepraktisan dan teruji keefektivannya dalam peningkatan keterampilan gerak dasar siswa TK. %Z Promotor 1: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Promotor 2: Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes.