TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/78214/ ID - UNY78214 M1 - disertasi AV - restricted KW - dukungan akademik KW - efikasi diri KW - iklim kelas KW - kecemasan KW - matematika KW - orang tua KW - sikap KW - teman sebaya TI - Faktor Determinan Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Dasar. A1 - Budiharti, Budiharti A1 - Pardjono, Pardjono PB - Program Pascasarjana Y1 - 2023/05/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) model hubungan variabel-variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika pada siswa sekolah dasar secara empiris yang didukung oleh fakta, (2) faktor-faktor yang berpengaruh langsung terhadap kecemasan matematika, (3) faktor yang berpengaruh tidak langsung terhadap kecemasan matematika, (4) identifikasi dan pemetaan tingkat kecemasan matematika dan faktor-faktornya, serta (5) besarnya pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan matematika siswa sekolah dasar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di DIY. Sampel yang digunakan adalah 437 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan model analisis faktor konfirmatori dan Structural Equation Modelling (SEM). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Structural Equation Modelling (SEM), dibantu oleh software Lisrel 8.80. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan temuan model empiris faktor determinan kecemasan matematika siswa sekolah dasar, diperoleh pengukuran Goodness of Fit yaitu nilai p Chi Square sebesar 0,00001; RMSEA sebesar 0,031; GFI sebesar 0,93; AGFI sebesar 09,90; PGFI sebesar 0,72; NFI sebesar 0,99; CFI sebesar 1,00; IFI sebesar 1,00; RFI sebesar 0,98; dan CN sebesar 372,98. Hal ini menunjukkan bahwa model faktor determinan kecemasan matematika siswa sekolah dasar yang ditemukan telah memenuhi semua kriteria dan merupakan model yang baik. (2) Kecemasan matematika dipengaruhi secara langsung oleh efikasi diri matematika dan sikap matematika. (3) Iklim kelas, dukungan akademik orang tua, dan dukungan akademik teman sebaya berpengaruh tidak langsung terhadap kecemasan matematika melaui efikasi diri matematika dan sikap matematika. (4) Tingkat kecemasan matematika siswa kelas V berada pada ketegori sangat tinggi (3,43%), tinggi (11,21%), cukup (23,80%), dan sisanya berada pada ketegori rendah dan sangat rendah. Efikasi diri matematika, dukungan akademik teman sebaya, dukungan akademik orang tua, iklim kelas, dan sikap matematika berada pada kisaran kategori cukup, tinggi, dan sangat tinggi. (5) Pengaruh total sikap matematika, efikasi diri matematika, iklim kelas, dukungan akademik orang tua, dan dukungan akademik teman sebaya pada siswa kelas V SD negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta secara berturut turut adalah ?0,41; ?0,18; ?0,09; ?0,12 dan 0,01. Dengan demikian, menurunkan tingkat kecemasan matematika siswa sekolah dasar dapat dilakukan dengan meningkatkan sikap matematika siswa dan efikasi diri matematika siswa. ER -