%0 Thesis %9 S3 %A Sulistyowati, Endang %A Sayuti, Suminto A %B Ilmu Pendidikan %D 2023 %F UNY:78213 %I Program Pascasarjana %K etnomatematika, permainan tradisional Jawa, potensi matematis %T Potensi Matematis dalam Permainan Tradisional Jawa. %U http://eprints.uny.ac.id/78213/ %X Matematika sering dipandang sebagai suatu ilmu yang jauh dari realitas kehidupan siswa dan pembelajaran Matematika di sekolah sering tidak terkait dengan lingkungan dan budaya di sekitar siswa. Salah satu yang dapat menjembatani antara matematika dan budaya adalah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan potensi matematis dari permainan tradisional Jawa yang dapat dijadikan sebagai konteks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Sumber data meliputi dokumen tertulis, informan, dan hasil observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian dokumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis dokumen dan analisis konten permainan tradisional Jawa. Berdasarkan analisis data, diperoleh 16 permainan tradisional Jawa yang diteliti potensi matematisnya. Hasil penelitian menunjukkan 16 permainan tradisional Jawa yang digunakan oleh peneliti masih dilestarikan oleh masyarakat. Enam belas permainan tradisional Jawa tersebut memiliki potensi matematis yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di SD, SMP, dan SMA. Potensi matematis pada permainan tradisional Jawa dianalisis dari aturan permainan dan bidang permainan yang digunakan. Aspek materi yang muncul adalah bilangan bulat dan pecahan serta operasi bilangannya, geometri dan pengukuran, aljabar, teori probabilitas, dan kombinatorik. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan, khususnya ilmu matematika mengenai kajian etnomatematika dan pelestarian permainan tradisional Jawa, sehingga dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran atau dalam penelitian sejenis.