%T Pengembangan Model Pembelajaran Tari Golek Asmarandana Kenya Tinembe dengan Media Digital untuk Meningkatkan Spiritualitas Siswa SMK Seni Budaya. %I Program Pascasarjana %D 2023 %L UNY78212 %K spiritualitas, model pembelajaran, tari GolekAsmarandana Kenya Tinembe %A Gusyanti Gusyanti %A Asri Budiningsih %X Pembelajaran abad ke-21 memiliki ciri pesatnya kemajuan teknologi, sehingga terbuka lebar cara belajar siswa selain fasilitasi guru. Hal ini menuntut siswa harus belajar dengan kreatif namun tidak meninggalkan nilai spiritualitas bagian dari karakter. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran tari Golek Asmarandana Kenya Tinembe dengan media digital untuk meningkatkan spiritualitas siswa SMK Seni Budaya yang layak dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yangmengadopsi model Borg, Gall, dan Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 1 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Pengembangan model memanfaatkan media digital dengan aplikasi Smart Apps Creator (SAC). Data awal didapatkan melalui wawancara dan pengamatan. Data kelayakan penelitian pengembangan model pembelajaran berupa data kualitatif dan kuantitatif, yang didapatkan dengan cara uji kelayakan model pembelajaran dari ahli model, ahli media, dan ahli materi pembelajaran dengan angket. Data kepraktisan dikumpulkan dengan angket bagi guru dan angket respon bagi siswa. Kesimpulan penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Tari Golek Asmarandana Kenya Tinembe dengan Media Digital untuk Meningkatkan Spiritualitas Siswa SMK Seni Budaya, sebagai berikut: (1) Hasil uji validasi ahli model menunjukkaan rerata 43,5; ahli media pembelajaran menunjukkan rerata nilai sebesar 54; dan ahli materi pembelajaran menunjukkan rerata nilai sebesar 56,3, sehingga pengembangan model ini dapat dinyatakan layak digunakan. (2) Hasil uji kepraktisan berdasarkan hasil angket kepada guru memiliki rerata 20,87, hasil angket siswa dengan nilai 66,67% pada kategori baik, sehingga dapat dinyatakan model yang dikembangkan tersebut praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.