%A PUTRI ERY SETYANI %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (4) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY berjumlah 208 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 137 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Pengumpulan data Lingkungan Keluarga, Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen, dan Minat Menjadi Guru dengan teknik angket, sedangkan data Prestasi Belajar diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai rx1y (0,658), r2 x1y (0,433) dan thitung (10,158) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai rx2y (0,881) , nilai r2 x2y (0,775) dan thitung (21,588) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai rx3y (0,629), nilai r2 x3y (0,395) dan thitung (9,391) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undangundang Guru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai R(1,2,3) (0,919), R2 (1,2,3) (0,844) dan Fhitung (240,178) > Ftabel (2,68). %T PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %L UNY7815