@unpublished{UNY7807, month = {June}, author = {BINTANI KHAIRI}, title = {PERANAN WARGA SEKOLAH DALAM MENYUKSESKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN (SEKOLAH ADIWIYATA) DI SMP NEGERI 2 CIAMIS}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, keywords = {warga sekolah, program Adiwiyata, Sekolah Peduli Lingkungan, budaya lingkungan.}, abstract = {Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan warga SMP Negeri 2 Ciamis dalam menyukseskan program Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu warga SMP Negeri 2 Ciamis berjumlah 16 orang, diambil menggunakan metode snowball dengan kepala sekolah sebagai key informant. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumen. Analisis data mengacu pada konsep Milles dan Huberman yaitu interactive model meliputi reduksi data, display data dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah yaitu sebagai pencetus ide utama, pembuat kebijakan yang pro lingkungan, menumbuhkan rasa percaya dan menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah. Peranan komite sekolah yaitu memberikan kontribusi berupa pemikiran, dana maupun sumbangan. Tim Adiwiyata berperan sebagai pionir dan inovator serta mengkonsolidasi dan mengkoordinasi pelaksanaan program Adiwiyata. Peranan guru mata pelajaran dan guru PLH yaitu sebagai penanggung jawab utama dalam penyampaian nilai-nilai, keterampilan dan pengetahuan lingkungan hidup. Peranan guru bimbingan dan konseling yaitu mengubah dan memelihara perilaku siswa ke arah perilaku yang peduli dan berbudaya lingkungan melalui penegakkan aturan. Peranan wali kelas yaitu mendorong siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan peduli dan berbudaya lingkungan baik secara individu maupun kelompok. Peranan pembantu pelaksana yaitu sebagai pionir dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Peranan tenaga pendukung lainnya yaitu sebagai pendukung keberhasilan administrasi dan pelaksana program Adiwiyata. Peranan siswa yaitu sebagai subjek didik, berkewajiban untuk melaksanakan peraturan atau kebijakan yang telah ditentukan. Kata kunci: warga sekolah, program Adiwiyata, Sekolah Peduli Lingkungan, budaya lingkungan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7807/} }