%0 Thesis %9 S1 %A Pangestu, Wachid Aji %B Teknologi Pendidikan %D 2022 %F UNY:78060 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K Kata kunci : Pengembangan media, flashcard, calistung. %T PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD CALISTUNG BAGI SISWA KELAS 1 SDN WIROSABAN %U http://eprints.uny.ac.id/78060/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard calistung bagi siswa kelas 1 SDN Wirosaban. Dan mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard calistung bagi siswa kelas 1 SDN Wirosaban. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Wirosaban dengan mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan (1974). Langkah-langkah meliputi: (1) Define (pendefinisian) terdiri atas analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran. (2) Design (Perancangan) terdiri atas penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. (3) Develop (Pengembangan) dilalui dengan validasi ahli materi, ahli media, guru dan uji coba lapangan. (4) Disseminate (Penyebarluasan) dengan pengemasan dan pemberian identitas pengembang serta penyebarluasan dengan memberikan media kepada pihak SDN Wirosaban. Subyek uji coba yaitu 11 siswa kelas I SDN Wirosaban. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil skor penilaian dengan menggunakan skala likert dari validasi ahli materi sebanyak dua kali mendapat nilai 4 (Layak), validai oleh ahli media sebanyak dua kali mendapat nilai 4,36 (Layak), dan hasil validasi oleh guru mendapat nilai 4,8 (Layak). Kemudian, hasil skor uji coba lapangan dengan skala Guttman (Ya atau Tidak) yang dilakukan sebanyak 1 kali mendapat nilai 1 (Layak).