%X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif berbentuk Engklek Modern yang mendukung kegiatan belajar untuk mengenalkan dan menirukan macam – macam hewan pada pembelajaran tematik 7 untuk peserta didik kelas I di SD Negeri Samirono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall. Dalam penelitian hanya menggunakan 7 tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan revisi uji coba lapangan utama. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah validator materi, validator media, dan 11 peserta didik SD. Teknik pengumpulan data terdiri dari kegiatan observasi, wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir berupa Alat Permainan Edukatif Engklek Modern untuk mengenalkan dan menirukan macam – macam hewan pada pembelajaran tematik 7 yang sudah teruji layak untuk digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan diperoleh skor sebesar 3,36 (Sangat Baik), ahli media secara keseluruhan diperoleh skor sebesar 3,73 (Sangat Baik), uji coba lapangan utama oleh peserta didik memperoleh skor sebesar 100% (Layak). Kata kunci: pengembangan media, Engklek Modern, macam – macam hewan di sekitarku %A Mutiara Ambarini Sumantri %K pengembangan media, Engklek Modern, macam – macam hewan di sekitarku %L UNY78000 %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “ENGKLEK MODERN” PADA PEMBELAJARAN TEMATIK 7 UNTUK SISWA KELAS I DI SD NEGERI SAMIRONO