TY - THES ID - UNY77991 M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 PANGKALPINANG KW - media pembelajaran KW - quizizz KW - hasil belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/77991/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasy Experiment dengan desain The Non-Equivalent Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes pilihan ganda (multiple choice). Teknik analisis data penelitian menggunakan Independent Sample T Test berbantu perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi perubahan wujud benda di SD Negeri 6 Pangkalpinang. Hasil ini dibuktikan dengan hasil postest kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz lebih besar yaitu 82,004 daripada kelas kontrol yang menggunakan media cetak modul sebesar 74,634. Hasil ini memperoleh nilai r hitung sebesar 0,031 yang mana r hitung < ? (0,05) yang diuji dengan rumus uji hipotesis Independent Sample T Test. Sehingga hipotesis H 0 ditolak dan H 1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang. Y1 - 2022/09/14/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Hariwijaya, Firmansyah Saeful ER -