%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan sertifikasi dengan kinerja guru sekolah dasar se-Kecamatan Moyudan Sleman Yogyakarta. Dalam pelaksanaan penelitian ini metode pengumpulan data kinerja guru menggunakan angket tertutup. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 132guru. Sampel penelitian ini berjumlah 40 guru yang dipilih menggunakan teknik disproportional random sampling. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliablitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.Uji hipotesis dan analisis data penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial nonparametrik korelasiSpearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan sertifikasi dengan kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil data analisis statistik deskriptif rerata kinerja guru yang sudah sertifikasi (213,69) lebih besar dibandingkan dengan kinerja guru yang belum sertifikasi (195,09). Sedangkan dari uji statistic inferensial nonparametrik korelasi Spearman Rank diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,02 dan hasil tersebut lebih kecil dari 0,05. %A Purnamawati Putri Adha %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T HUBUNGAN SERTIFIKASI DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA %D 2012 %K sertifikasi, kinerja guru %L UNY7798